<< Back

Takut Dengan Omongan Orang Lain? Tanda Kamu Alami FOPO!

FOPO, Fear of Other People Opinion

Pernahkah Smart People mengurungkan niat untuk melakukan sesuatu karena merasa takut akan opini atau anggapan orang lain atas tindakan yang Smart People lakukan tersebut? Jika ini kerap kali Smart People rasakan, bisa jadi Smart People mengalami yang namanya FOPO atau Fear of Other People Opinion

Rasa khawatir akan opini orang lain atas diri kita tentu saja normal adanya, namun jika kekhawatiran dan rasa takut itu kemudian malah membatasi diri untuk bisa berkembang menjadi lebih baik lagi, tentu ketakutan itu akan menjadi sebuah masalah. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai FOPO, yuk simak ulasannya di bawah ini.  

Apa Itu FOPO

FOPO atau Fear of Other People Opinion merujuk pada rasa takut akan opini atau anggapan dari orang lain atas diri kita, baik itu atas tindakan, penampilan, cara dalam melakukan sesuatu, dan masih banyak lagi. Rasa takut akan opini orang lain ini didorong oleh keinginan untuk terlihat ideal di depan orang-orang, sekaligus keinginan untuk diterima di tengah orang-orang tersebut. 

Orang-orang yang punya rasa takut akan opini orang lain tentangnya ini tidak jarang memutuskan untuk tidak melakukan sesuatu, yang awalnya sudah dia niatkan untuk dilakukan. Padahal, bisa jadi tindakan tersebut bisa menjadi jalan bagi dirinya untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik lagi. Akibatnya, perkembangan diri bisa jadi stagnan alias tidak berkembang. 

Tidak hanya di dunia nyata, namun di dunia maya pun sekarang sudah banyak orang yang mengalami FOPO alias Fear of Other People Opinion. Hanya karena takut dihujat atau buruknya tanggapan orang lain akan opini atau unggahannya di media sosial, seseorang memutuskan untuk tidak mengunggah apa pun. Padahal, unggahannya sama sekali tidak melanggar aturan apa pun atau menyinggung siapa pun.

Cara Mengetahui Sifat FOPO

Orang yang punya sifat FOPO bisa dikenali dari bagaimana dirinya bertindak dalam kesehariannya. Biasanya, orang yang FOPO lebih memilih untuk menyembunyikan bagaimana sifat asli dirinya, karena merasa takut kalau sifatnya tersebut tidak sesuai dengan pandangan orang lain tentang suatu sifat yang ideal. 

Selain itu, orang yang FOPO biasanya menghindari untuk berkata apa adanya dan lebih memilih untuk mengatakan hal yang sifatnya aman-aman saja. Bahkan, tidak jarang orang yang FOPO menghindar untuk mengucapkan suatu hal yang benar akan orang lain, karena merasa takut akan opini dari orang lainnya atas ucapannya tersebut. 

Akibat dari FOPO 

Hidup dengan rasa takut akan opini orang lain, akan membuat seseorang sulit untuk mengembangkan dirinya. Bagaimana akan berkembang jika untuk melakukan suatu hal atau tindakan saja dirinya harus berpikir seribu kali untuk melakukannya, bahkan walaupun akhirnya tindakan itu tidak jadi dilakukan. 

FOPO juga cenderung membuat orang-orang tidak menjadi dirinya sendiri. Dirinya yang ditampilkan di depan orang lain merupakan versi lain dari dirinya yang memang diperuntukkan untuk sesuai dengan ekspektasi orang lain. Padahal, karakter atau pun pembawaan aslinya berbeda dengan versi dirinya yang dikenal oleh orang kebanyakan tersebut. 

Sifat satu ini juga akan semakin mengikis kepercayaan diri yang dimiliki oleh seseorang. Orang tidak akan merasa percaya diri untuk melakukan suatu hal yang dia senangi, karena merasa takut akan dikritisi oleh orang lain atas tindakan yang dilakukannya tersebut. Lama kelamaan, tentu saja kepercayaan diri yang dimilikinya akan semakin menipis. 

Tips Mengatasi FOPO

  1. Mulailah Berpikir Bahwa Tidak Semua Orang Peduli 

Agar tidak lagi merasa takut akan opini orang lain atas diri kita, Smart People bisa mulai meyakinkan diri bahwa tidak semua orang peduli dan punya waktu untuk menilai bagaimana tindakan orang lain. Ada banyak hal yang penting untuk dilakukan orang lain tersebut, dibanding harus memberikan opini negatif atas tindakan orang lain di sekitarnya. 

  1. Berhenti Menilai Orang Lain 

Tidak jarang, rasa takut akan opini orang lain disebabkan karena diri sendiri pun kerap kali menilai bagaimana cara orang lain bertindak, berpenampilan, berpikir, dan sebagainya. Oleh sebab itu, jika tidak ingin dihantui dengan rasa takut akan opini orang lain tersebut, mulai dari sekarang fokuslah pada diri sendiri dengan tidak menilai bagaimana orang lain. 

  1. Yakinkan Diri Bahwa Kesalahan Merupakan Hal yang Wajar 

Takut berbuat salah atau pun melakukan suatu hal yang membuat malu, merupakan pemicu FOPO. Nah, untuk bisa mengatasinya, terimalah kenyataan bahwa kesalahan atau pun sedikit rasa malu merupakan normal adanya dan merupakan bagian yang tidak terhindarkan dari kehidupan. Pun jika ada kesalahan dan suatu hal yang membuat malu, orang bisa memaafkan dan melupakan. 

Tingkatkan Percaya Diri Saat Investasi Saham dengan RHB Tradesmart ID 

Fear of Other People Opinion membayangi banyak hal dalam kehidupan, tidak terkecuali aktivitas seseorang dalam berinvestasi saham. Ada orang yang merasa takut untuk memulai investasi saham, disebabkan karena takut orang-orang di sekitarnya akan menilai bahwa dirinya belum mampu untuk investasi saham dan lain sebagainya. 

Sejatinya, tidak ada larangan bagi pemula untuk memulai investasi saham. Apalagi saat ini sudah ada aplikasi investasi saham seperti RHB Tradesmart ID, yang bisa membantu memandu para pemula dalam berinvestasi saham dengan fitur unggulannya. RHB Tradesmart ID punya Smart Analyzer yang membantu investor dalam menganalisis pergerakan saham incarannya di bursa saham. 

Tidak perlu merasa FOPO, Smart People bisa mulai investasi saham sekarang juga dengan RHB Tradesmart ID. Langsung saja unduh aplikasinya lalu rasakan pengalaman investasi yang mudah dan ekonomis. 

Sumber:

House of Wellness Team. (2022, November 25). How to overcome a fear of other people’s opinions. The House of Wellness. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://www.houseofwellness.com.au/wellbeing/mental-wellness/fear-peoples-opinions-FOPO#:~:text=You’ve%20probably%20heard%20of,fear%20of%20other%20people’s%20opinions.

Utomo, Happy Ferdian Syah. (2018, November 22). Banyak yang Tak Sadar, Ini 5 Tanda Anda Takut pada Penilaian Orang Lain. Liputan6.com. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://www.liputan6.com/global/read/3711293/banyak-yang-tak-sadar-ini-5-tanda-anda-takut-pada-penilaian-orang-lain

Bettino, Kate. (2021, Juni 21). Tips to Soothe Your Worries of What Others Think of You. PsychCentral. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://psychcentral.com/blog/mental-shifts-to-stop-caring-what-people-think-of-you#_noHeaderPrefixedContent

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal