<< Back

Tahun 2023 Tahunnya Emiten Sektor Perbankan? Pelajari Disini Dulu Bedanya!

Emiten Sektor Perbankan

Jika bicara mengenai sektor yang esensial sifatnya di suatu negara, bisa dipastikan salah satunya adalah emiten sektor perbankan. Pentingnya keberadaan sektor perbankan ini juga terlihat dari deretan saham emitennya yang menjadi incaran para investor, disebabkan karena sifatnya yang potensial. Agar paham betapa pentingnya sektor perbankan, yuk kenali lebih jauh sektor ini lewat ulasan berikut. 

Apa Itu Emiten Perbankan? 

Sektor perbankan merupakan sektor yang membawahi segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Makna dari perbankan ini sendiri tertuang di dalam UU No. 7 Tahun 1992 pasal 1, yang menggantikan UU No.14 Tahun 1967. 

Berdasarkan UU tersebut, struktur perbankan di Indonesia terdiri atas 2 jenis bank, yakni bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR). Bank sendiri merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, yang kemudian disalurkan kembali pada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup. 

Peran Fundamental Perbankan 

Peran fundamental sektor perbankan adalah menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat. Selain itu, ada juga peranan strategisnya untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional, dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional, ke arah peningkatan taraf hidup rakyat banyak. 

Dalam menjalankan perannya untuk menghimpun dana, sektor perbankan melalui bank umum menyediakan beberapa opsi dana simpanan. Dana simpanan yang ada di Indonesia bisa berupa giro, deposito berjangka, tabungan, ataupun sertifikat deposito. Dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya, bank umum mampu menghimpun dana yang jauh lebih besar. 

Untuk kepentingan penyaluran dana ke masyarakat nantinya, sektor perbankan akan menyalurkan dana dalam bentuk produk pinjaman. Pinjaman ini ditetapkan oleh suku bunga kredit yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Jadi pada intinya, dana yang dihimpun dari rakyat, juga akan disalurkan kembali pada rakyat demi kesejahteraan. 

Fungsi Emiten Perbankan 

Disamping peran utamanya untuk menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat, sektor perbankan juga punya fungsi lain yang tak kalah pentingnya. Sektor perbankan memiliki peran dalam menciptakan uang, menyimpan barang-barang berharga, hingga mendukung kelancaran mekanisme pembayaran. Simak ulasan lengkap mengenai fungsi lain sektor perbankan di bawah ini. 

  1. Penyimpanan Barang-Barang Berharga 

Sektor perbankan melalui bank umum memiliki fungsi untuk menyimpan barang-barang berharga, misalnya seperti perhiasan, ijazah, sekuritas atau surat-surat berharga. Barang berharga yang disimpan oleh bank akan ditaruh dalam kotak-kotak yang secara sengaja disediakan oleh pihak bank untuk disewa. 

  1. Penciptaan Uang 

Sektor perbankan melalui bank umum juga berfungsi untuk menciptakan uang yang dinamakan sebagai uang giral. Uang giral merupakan alat pembayaran lewat mekanisme pemindahbukuan. Fungsi dari bank umum ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kebijakan moneter. Nantinya, bank sentral yang akan memengaruhi kemampuan bank umum yang menciptakan uang giral. 

  1. Mendukung Kelancaran Mekanisme Pembayaran 

Sektor perbankan juga memiliki fungsi untuk mendukung kelancaran mekanisme pembayaran. Hal ini dimungkinkan karena salah satu jasa yang ditawarkan oleh bank umum adalah jasa yang berkaitan dengan mekanisme pembayaran. Beberapa bentuk jasa pembayaran tersebut seperti kliring, penerimaan setoran, transfer uang, serta pemberian fasilitas pembayaran dengan tunai atau kredit. 

Perbedaan Emiten Perbankan dengan Sektor Lainnya 

Jika bicara mengenai perbedaan antara sektor perbankan dengan sektor-sektor lainnya, sudah tentu bisa dilihat dari bidang atau aktivitas yang dilakukannya. Sektor perbankan fokus pada bank dan segala aktivitas yang dilakukannya, sedangkan sektor lainnya memiliki fokusnya masing-masing pula. 

Perbedaan yang mungkin tak banyak dipahami oleh orang-orang adalah perbedaan antara sektor perbankan dan sektor keuangan. Jika sektor perbankan hanya terkait bank saja, sektor keuangan mencakup hal yang lebih luas lagi, mulai dari perbankan, asuransi, pembiayaan, perusahaan efek dan lainnya. Hal ini tak mengherankan karena perbankan merupakan subsektor dari sektor keuangan.  

Metrik dan Valuasi Sektor Perbankan 

Pada pasar modal, sektor perbankan merupakan salah satu sektor yang difavoritkan. Hal ini sama sekali tidak mengherankan, karena memang emiten-emiten di sektor perbankan, seperti BBCA, BBRI, BMRI, dan BBNI memiliki valuasi yang oke punya. Makanya, banyak investor yang ingin mengoleksi emiten sektor perbankan ini. 

Menurut analis RHB Tradesmart ID, biaya kredit pada sektor perbankan mengalami penurunan dan likuiditasnya menurun pada tahun 2022. Pertumbuhan laba dan Pendapatan Operasional Sebelum Pencadangan (Pre-Provisioning Operating Profit/PPOP) sektor perbankan pun tetap kuat, dengan penurunan biaya kredit (Cost of Credit/CoC) ke 1.6 persen di akhir 2022. 

Pada tahun 2023 ini, pertumbuhan laba emiten sektor perbankan akan kembali ke tingkat yang normal, yakni 17 persen dari tahun sebelumnya. Adapun penyebab dari kondisi tersebut adalah terjadinya penurunan biaya kredit, pertumbuhan kredit yang sehat, serta ekspansi margin bunga bersih. 

Investasi Saham Emiten Perbankan di RHB Tradesmart ID 

Saham emiten sektor perbankan yang jadi favorit banyak investor, tidak salah kiranya untuk Smart People koleksi. Pantau dulu pergerakan saham emiten perbankan tersebut, lalu lakukan pembelian di saat yang tepat. Hal itu bisa dengan mudah Smart People lakukan melalui aplikasi trading dan investasi saham online, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi yang memungkinkan Smart People untuk memulai investasi dengan dana minimal Rp100.000 saja. Bahkan jika Smart People masih investor pemula sekali pun, aktivitas investasi akan terasa lebih mudah dengan dukungan fitur unggulan dari RHB Tradesmart ID. Alhasil, imbal hasil yang memuaskan pun bisa Smart People raih. 

Itulah tadi ulasan mengenai sektor perbankan, perannya, berikut dengan valuasinya. Valuasinya yang memuaskan membuat saham emiten sektor perbankan kerap menjadi favorit bagi para investor. Bagi Smart People yang ingin mengoleksinya, yuk pantau performa saham emiten yang jadi sudah Smart People incar. 

Makin mudah memantau pergerakan saham emiten sektor perbankan dengan RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID melalui ponsel pintar kalian dan rasakan kemudahan dan dukungan fitur unggulan RHB Tradesmart ID saat berinvestasi ataupun trading saham. 

Sumber: 

Fathina, Hana. (2022, November 04). Perbankan: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Sistem dan UU Perbankan. Bisnis. Diakses pada tanggal 8 Februari 2023 melalui https://finansial.bisnis.com/read/20221104/90/1595051/perbankan-pengertian-sejarah-fungsi-sistem-dan-uu-perbankan 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 

Tim OJK. Perbankan. Otoritas Jasa Keuangan. Diakses pada tanggal 8 Februari 2023 melalui https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/ikhtisar-perbankan/Pages/Lembaga-Perbankan.aspx#:~:text=Fungsi%20utama%20perbankan%20Indonesia%20adalah,peningkatan%20taraf%20hidup%20rakyat%20banyak.

RHB Tradesmart ID. (2023, Januari 20). Perbankan [Instagram Post]. https://www.instagram.com/p/CnoVbgrpr2X/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal