<< Back

Sudah Tahu Perbedaan Waran Perusahaan dan Waran Terstruktur?

Waran Terstruktur

Pada September 2022 ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah merilis suatu produk investasi baru bernama waran terstruktur atau structured warrant. Tentu saja produk ini berbeda dengan investasi saham online umumnya. Apa yang dimaksud dengan waran dan seperti apa perbedaan waran perusahaan dan waran terstruktur?

Apa Itu Waran?

Sejatinya, waran perusahaan maupun waran terstruktur merupakan instrumen yang ada di bursa efek. Bahkan, keduanya bisa dibedakan dengan cukup mudah. Akan tetapi, ada baiknya kita memahami dulu apa yang dimaksud dengan waran itu sendiri.

Waran sejatinya merupakan suatu hak yang diberikan kepada para pemegang saham untuk membeli lembar saham pada harga yang sudah ditentukan oleh suatu emiten yang menerbitkan saham tersebut dalam jangka waktu tertentu. Penyebutan Waran sendiri juga sering dikenal dengan Options, sebab memberikan opsi atau pilihan ke pemegang saham untuk menggunakan haknya.

Ya, waran memang bukan suatu kewajiban melainkan hak karena diberikan secara gratis dengan jangka waktu yang cukup panjang yakni 2 sampai 5 tahun. Bisa dibilang, waran merupakan produk turunan dari saham dan sampai saat ini banyak emiten menerbitkan waran sebagai bonus pada pemegang saham.

Memahami Perbedaan Waran Perusahaan dan Waran Terstruktur

Di beberapa bursa efek, sejatinya waran seperti yang sudah disampaikan di atas merupakan waran perusahaan alias company warrants atau common warrants. Waran ini diberikan kepada para pemegang investasi saham online untuk membeli suatu saham emiten pada harga dan jangka waktu tertentu.

Umumnya, harga pelaksanaan waran ini paling tinggi sebesar 125% dari harga saham terakhir pada saat diputuskan terbit oleh Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan. Jumlah yang diterbitkan pun tidak melebihi 35% dari jumlah saham yang sudah ditempatkan dan disetor secara penuh.

Berbeda halnya dengan waran terstruktur yang diterbitkan oleh suatu lembaga keuangan, dalam hal ini pihak ketiga sebagai anggota bursa yang memiliki kriteria tertentu. Waran terstruktur juga merupakan efek yang diperjualbelikan dengan mekanisme.

Lebih lanjut, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara waran perusahaan dan waran terstruktur. Apa sajakah perbedaan yang dimaksud, berikut detailnya.

1. Nama waran

Tahukah Smart People, salah satu cara membedakan antara waran perusahaan dan waran terstruktur salah satunya dari nama waran tersebut? Misalnya saham tersebut memiliki kode ANTM. Penulisan waran perusahaan biasanya hanya ditambah “W” di akhir menjadi ANTM-W, kemudian waran terstruktur memiliki kode yang lebih panjang, misalnya ANTMDRF3A.

2. Penerbit

Bisa dibilang, waran terstruktur merupakan instrumen keuangan sehingga diterbitkan oleh perusahaan keuangan pihak ketiga maupun sekuritas sehingga memiliki jangka waktu penyelesaian pendek. Berbeda dengan waran perusahaan yang dikeluarkan langsung oleh emiten terkait dengan jangka waktu yang relatif lebih lama dan bisa membuat Smart People yang sedang belajar investasi saham lebih fleksibel.

3. Tujuan

Waran terstruktur diberikan dengan tujuan sebagai produk leverage yang melindungi nilai investor. Berbeda dengan waran perusahaan yang memang diterbitkan oleh perusahaan terkait sehingga tujuannya lebih banyak untuk mengumpulkan dana dan keuntungan tersendiri bagi perusahaan tersebut.

4. Jatuh tempo

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, waran terstruktur merupakan waran yang diterbitkan oleh sekuritas sehingga estimasi jatuh temponya lebih singkat yakni sekitar kurang dari 2 tahun. Berbeda dengan waran perusahaan yang jatuh temponya bisa panjang mencapai lebih dari 5 tahun.

5. Pelaksanaan

Ketika jatuh tempo Waran Terstruktur akan secara otomatis dilaksanakan (exercise) secara tunai. Berbeda dengan waran perusahaan di mana seorang investor harus melakukan klaim terlebih dahulu kemudian perusahaan akan menerbitkan saham yang baru.

Apa yang terjadi jika waran habis masa berlakunya? Waran tersebut akan diselesaikan secara tunai. Ilustrasinya sebagai berikut:

Misalnya, investor memegang Waran Terstruktur Call yang dikeluarkan oleh RHB yang akan kadaluarsa pada tanggal 23 Okt, lalu apa yang terjadi?

Catatan: Penjelasan berikut ini hanya ditujukan sebagai contoh ilustrasi dan berdasar pada asumsi bahwa investor memegang Waran Terstruktur Call.

Langkah Pertama: Tentukan harga penyelesaian

Ambil rata-rata harga penutupan 5 hari perdagangan saham underlying. Dalam hal ini, periode dari 16th Okt – 22nd Okt. Inilah yang kami sebut harga penyelesaian.

Langkah Kedua: Tentukan apakah akan ada pembayaran

Langkah Terakhir: Waktu pembayaran!

Pembayaran akan dilakukan melalui KSEI dalam waktu tiga (3) hari pasar setelah tanggal kadaluarsa. Perhatikan bahwa perhitungan diatas tidak termasuk biaya penyelesaian yang mungkin dibebankan oleh penerbit. Investor dapat mengunjungi https://www.idx.co.id/produk/waran-terstruktur/ untuk mengetahui jumlah pembayaran akhir yang akan diumumkan pada tanggal kedaluwarsa.

6. Metode penyelesaian

Bagi Smart People yang sedang mempelajari investasi saham pemula, tentu perlu memahami jika penyelesaian waran terstruktur dilakukan secara tunai. Artinya, investor tidak dapat mengubah waran menjadi saham induk ketika kadaluarsa dan hanya dapat dibayar secara tunai. Berbeda dengan waran perusahaan yang metode penyelesaiannya dapat dilakukan dengan menggunakan saham fisik.

Investasi Pintar dengan Smart Rate RHB

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan waran dan perbedaan mendasar antara waran perusahaan dan waran terstruktur, tentunya sebagai seorang investor, Smart People juga harus mengetahui berbagai istilah dan penghitungan lain dalam berinvestasi saham secara online.

Untuk mempermudah hal tersebut, diperlukan suatu aplikasi yang tepat dan tidak mudah error ketika digunakan. Adapun aplikasi yang dimaksud yakni RHB Tradesmart ID yang memiliki fitur-fitur canggih, salah satunya Smart Rate. Fitur ini menjadi salah satu primadona karena dapat mengoptimalkan imbal hasil yang akan didapatkan oleh Smart People sebagai investor.Bagaimana tidak, fitur ini memungkinkan Smart People mendapat pinjaman untuk bertransaksi dengan bunga margin yang sangat rendah, yakni mencapai 9% per tahun atau setara dengan 0.025% per hari. Jika dibandingkan, bunga margin di pasar saham sekarang ini bernilai 15-18% per tahun.

Tunggu apa lagi? Untuk mendapatkan fitur tersebut, segera download aplikasi investasi saham online RHB Tradesmart ID secara gratis melalui Play Store atau App Store. Nah, Smart People sudah siap berinvestasi dengan fitur ini?

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal