<< Back

Sudah Tahu Mengenal Perbedaan Side Hustle dan Side Job?

Side Hustle, Side Job

Istilah side hustle dan side job mungkin sudah tidak asing asing lagi di telinga Smart People. Kedua istilah ini pada dasarnya merujuk pada aktivitas atau pekerjaan lain yang dilakukan guna mendapatkan pemasukan tambahan, namun ada sedikit perbedaan antara keduanya. Penasaran dengan apa perbedaan antara side hustle dan side job? Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Apa Itu Side Hustle

Side hustle merujuk pada pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan di samping pekerjaan utama, yang mendatangkan pemasukan tambahan. Hal istimewa dari melakukan side hustle bagi para pelakunya adalah kesempatan untuk melakukan hal yang disenangi atau passion-nya, dengan bonus mendapatkan pemasukan tambahan. 

Ada beragam contoh side hustle yang mungkin sudah banyak Smart People lihat atau temukan di luar sana. Misalnya saja, seseorang yang merupakan seorang karyawan di perusahaan, menawarkan jasanya untuk menggambar ilustrasi, karena dirinya memang hobi menggambar. Jadi, selain dapat komisi, hobinya pun jadi tersalurkan dan makin bisa diasah.   

Apa Itu Side Job

Berbeda dengan side hustle, side job sifatnya hampir sama dengan pekerjaan utama, di mana ada regulasi khusus yang mengaturnya. Layaknya pekerjaan utama, side job biasanya juga punya jadwal khusus, yang tentu saja tidak boleh dilanggar. Misalnya saja, seseorang yang mengerjakan pekerjaan utamanya hingga sore hari, melakukan side job sebagai penjaga toko di malam hari.   

Tidak seperti side hustle yang salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan hobi, orientasi side job cenderung memang fokus untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Jadi, tidak masalah jika sekiranya pekerjaan sampingan yang dilakukan tidak sesuai dengan passion, asalkan bisa mendapatkan pemasukan tambahan di samping pemasukan utama. 

Perbedaan antara Side Hustle dan Side Job 

  1. Berdasarkan Fleksibilitas Pekerjaannya 

Perbedaan pertama antara side hustle dengan side job adalah fleksibilitasnya. Untuk side hustle, waktu untuk mengerjakannya terbilang lebih fleksibel. Apalagi jika pekerjaannya bisa dikerjakan dari mana saja, sehingga membuat orang-orang yang melakukan side hustle bisa bebas melakukan pekerjaan tersebut kapanpun dirinya mau, asalkan pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. 

Berbeda dengan side hustle, side job terbilang tidak begitu fleksibel bahkan malah cenderung sama ketatnya terkait waktu atau jadwal kerja dengan pekerjaan utama. Tidak fleksibelnya side job juga disebabkan karena orang yang mengerjakannya merupakan karyawan untuk orang lain, sedangkan orang yang mengerjakan side hustle bekerja untuk dirinya sendiri.  

  1. Berdasarkan Beban Kerja 

Mengingat side hustle lebih didasarkan pada keinginan seseorang untuk mengembangkan hobi atau passion-nya, beban kerjanya biasanya disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing. Misalnya saja, seseorang yang menawarkan jasa ilustrasi bisa sewaktu-waktu menutup sementara penawaran jasanya tersebut, jika dirasa pesanannya sudah terlalu banyak. 

Sedangkan untuk side job, beban kerjanya akan bergantung pada pihak yang memberi kerja. Bisa jadi beban kerjanya berat atau mungkin juga beban kerjanya ringan. Berat atau tidaknya beban kerja itu nantinya, biasanya akan memengaruhi besaran pendapatan yang diperoleh setelah melakukan side job tersebut.  

  1. Berdasarkan Cara Memulainya 

Side hustle bisa Smart People mulai sendiri, dengan memanfaatkan skill atau hobi yang dimiliki. Jadi, sekiranya Smart People ingin mengumpulkan pemasukan lebih banyak dalam waktu dekat, akan lebih baik jika side hustle lebih cepat dilakukan. Tentu saja, banyak atau tidaknya pemasukan yang didapat akan bergantung pada kemampuan dalam menawarkan skill yang dimiliki. 

Kalau untuk side job, Smart People harus menjadi orang yang giat mencari lowongan atau penawaran kerja sampingan tersebut. Jika lowongan kerja didapatkan dan berhasil lolos, maka bisa dipastikan pemasukan tambahan akan bisa didapatkan. Tentu saja dalam mencari lowongan kerja side job, harus disesuaikan dulu waktunya agar tidak bentrok dengan waktu pekerjaan utama. 

Investasi Saham, Tergolong Sebagai Side Hustle atau Side Job

Investasi saham selama ini dikenal sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Bahkan, tanpa harus sering diutak-atik, kepemilikan atas saham bisa mendatangkan passive income berupa dividen yang dibagikan secara berkala pada para pemegang saham. Lantas, jika seseorang melakukan investasi saham, apakah tergolong sebagai side hustle atau side job

Jika dilihat dari karakter orang-orang yang melakukan investasi saham, aktivitas tersebut tampaknya cocok digolongkan sebagai side hustle. Investasi saham sifatnya fleksibel, tidak ada ketentuan baku kapan dirinya harus membeli ataupun menjual saham, karena semua tindakan yang dilakukan bergantung pada keputusan yang diambil oleh sang investor saham. 

Peroleh Pemasukan Tambahan dari Investasi Saham via RHB Tradesmart ID 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, investasi saham merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Dengan memilih saham yang tepat, Smart People bisa dapatkan dividen secara berkala, serta berpotensi memperoleh capital gain saat menjual saham. Transaksi jual beli saham ini bisa Smart People lakukan via RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi saham, yang dirancang khusus untuk mendukung aktivitas investasi saham para penggunanya. Salah satu fitur unggulannya untuk mempermudah investasi saham adalah Smart Analyzer, yang membantu para penggunanya untuk menganalisis saham, sehingga bisa memilih saham yang tepat untuk dikoleksi. 

Tidak hanya Smart Analyzer saja, RHB Tradesmart ID juga punya Smart Rate dan Smart Fee, fitur yang memungkinkan biaya transaksi saham menjadi lebih terjangkau. Para penggunanya pun akan mendapatkan poin khusus melalui fitur Smart Points, untuk setiap transaksi yang dilakukan. Poin yang berhasil terkumpul, bisa ditukar nantinya dengan saldo e-wallet

Yakin masih mau menunggu lama untuk mulai investasi saham dengan RHB Tradesmart ID Unduh sekarang juga aplikasi RHB Tradesmart ID, lalu mulai kumpulkan imbal hasil sebanyak-banyaknya. 

Sumber: 

Wiegand, Emily. (2022, Oktober 10). Side hustle vs. Second Job: Which Is Better for You? Vault. Diakses pada tanggal 14 oktober 2023 melalui https://vault.com/blogs/general-articles/side-hustles-vs-second-jobs-which-is-better-for-me

Haahr, Taylor. (2020, Februari 14). Side hustle vs Second Job: What’s the Difference? Everybody Loves Your Money. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2023 melalui https://www.everybodylovesyourmoney.com/2020/02/14/side-hustle-vs-second-job-whats-the-difference.html

Wahab, Abd. (2022, November 12). Side hustle Adalah: Bedanya dengan Side Job, Manfaat, dan Tipsnya. NiagaHoster. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2023 melalui https://www.niagahoster.co.id/blog/side-hustle-adalah/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal