<< Back

Sudah Tahu Cara Tepat Melakukan Manajemen Keuangan?

Manajemen Keuangan

Uang menjadi salah satu hal penting dalam hidup ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup memang butuh uang dan manajemen keuangan sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang. Berapa pun pemasukan yang dimiliki, manajemen keuangan sangat penting untuk membantu Smart People merasa cukup dan semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik. 

Apa Itu Manajemen Keuangan?

Mari pahami dulu apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan. Ini merupakan langkah untuk mengelola pemasukan atau uang yang dimiliki secara efektif dan efisien. Seperti diketahui bahwa setiap orang pasti punya kebutuhan masing-masing dan perlu menggunakan uangnya dengan baik. 

Pemasukan yang didapat setiap bulan, harus dikelola dengan baik agar bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut. Tanpa adanya manajemen keuangan yang tepat maka bisa jadi pemasukan tersebut tidak cukup atau tidak bisa memenuhi semua kebutuhan. Pada akhirnya, orang akan mengeluh pemasukan mereka kurang padahal manajemennya yang kurang tepat. 

Langkah Manajemen Keuangan

Apa saja yang perlu dilakukan dalam manajemen keuangan ini? Berikut adalah beberapa langkah manajemen keuangan yang bisa Smart People ikuti:

  1. Catat Jumlah Pemasukan

Pertama-tama, catat jumlah pemasukan yang dimiliki. Ini sangat penting bagi Smart People yang punya lebih dari satu sumber pemasukan. Misalnya, selain bekerja di kantor Smart People juga punya bisnis sampingan. Catat semua pemasukan dan tentukan berapa totalnya. 

Jika sudah tahu berapa jumlah pemasukan per bulan maka akan lebih mudah untuk mengelolanya. Salah satu kunci penting manajemen keuangan adalah memahami sumber pemasukan sehingga tahu bagaimana pemakaiannya secara efektif. 

  1. Buat Rencana Pengeluaran

Selanjutnya buatlah rencana pengeluaran berdasarkan nominal pemasukan yang sudah diketahui tadi. Rencana pengeluaran ini harus dibuat sesuai prioritas. Jadi Smart People sendiri harus paham prioritas dalam hidup ini. Apa saja yang paling dibutuhkan dan mana pengeluaran yang sebenarnya bisa ditunda. 

Manajemen keuangan yang baik bisa diraih jika Smart People tahu apa saja prioritas yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Jangan lupa tuliskan juga nominal uangnya saat menyusun rencana pengeluaran. 

  1. Mulailah Berinvestasi

Jangan lupa untuk mulai berinvestasi. Uang yang masuk ke rekening sebaiknya dikelola dengan baik. Tidak hanya dipakai untuk kebutuhan konsumtif tapi juga harus bisa produktif. Investasikan dana yang dimiliki ke instrumen yang tepat supaya bisa berputar dan menghasilkan lebih banyak uang. 

Hal yang Harus Diperhatikan

Dalam manajemen keuangan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Poin pertama, jelas Smart People harus memperhatikan jumlah pemasukan. Cari tahu berapa nominal pendapatan yang dimiliki dan bisa dikelola. Selanjutnya Smart People juga harus memperhatikan kebutuhan setiap bulannya dan kelompokkan kebutuhan tersebut sesuai prioritas. 

Jangan lupa, perhatikan juga tujuan finansial yang ingin dicapai. Pada dasarnya, manajemen keuangan itu dilakukan untuk mencapai tujuan finansial. Jadi perhatikan apa yang menjadi tujuanmu dan berapa banyak uang yang dibutuhkan.

Setiap kali melakukan manajemen keuangan, Smart People juga harus tahu mana saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Dua hal ini seringkali terlihat sama padahal sebenarnya sangat berbeda. Smart People harus bisa membedakan mana hal-hal yang menjadi kebutuhan dan harus dipenuhi serta keinginan yang mungkin bisa ditunda terlebih dahulu. 

Perhatikan juga platform yang dimanfaatkan dalam manajemen keuangan ini. Misalnya, jika Smart People menabung dan berinvestasi maka harus tahu platform yang digunakan. Platform tersebut harus jelas-jelas aman dan bisa memfasilitasi Smart People dalam mencapai tujuan finansial. 

Alokasi Keuangan yang Harus Dipenuhi

Setiap orang tentu punya kebutuhan yang berbeda-beda dan alokasi keuangannya juga bisa tidak sama. Namun sebagai acuan dalam manajemen keuangan, Smart People bisa mengikuti alokasi keuangan berikut ini:

  1. Tagihan dan Cicilan

Pertama ada tagihan dan cicilan yang harus menjadi prioritas utama. Kebutuhan ini harus berada di urutan pertama karena merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Jika tagihan dan cicilan tidak diletakkan di urutan pertama maka akan sulit untuk memenuhinya.

  1. Kebutuhan Utama

Selanjutnya alokasikan dana untuk kebutuhan utama. Ini menjadi salah satu alokasi pengeluaran yang biasanya memakan dana cukup besar. Kebutuhan utama ini sangat bervariasi mulai dari bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari. Setiap orang pasti kebutuhannya berbeda-beda jadi silakan disusun sendiri. 

  1. Dana Darurat

Jangan lupa alokasikan dana darurat supaya Smart People tetap punya simpanan jika ada hal-hal darurat terjadi. Jangan sampai keuangan jadi bocor karena Smart People tidak punya simpanan dana darurat yang memadai. 

  1. Investasi

Demi masa depan yang cerah dan finansial yang mapan, Smart People juga sebaiknya menyediakan alokasi dana untuk investasi. Tentukan berapa besar dana yang bisa diinvestasikan secara rutin. Pilihlah platform atau aplikasi investasi yang tepat, seperti RHB Tradesmart. 

Mengapa RHB Tradesmart ID? 

Salah satu langkah manajemen keuangan adalah investasi. Instrumen saham bisa jadi pilihan yang tepat dan RHB Tradesmart ID akan membantu memfasilitasinya. Aplikasi ini membuat investasi jadi lebih mudah untuk dilakukan. Aksesnya mudah dan fleksibel dilakukan dari mana saja. 

RHB Tradesmart ID memungkinkan Smart People untuk mulai berinvestasi dengan modal yang ringan. Selain itu aplikasi ini memiliki teknologi ARO (Assisted Robo Optimization) yang bisa dipakai untuk menganalisis saham secara real time. Laporan pasar saham bisa didapatkan secara akurat dan membantu investor untuk mengoptimalkan imbal hasilnya. 

Manajemen finansial memang sangat penting untuk dilakukan. Mulailah dari sekarang demi finansial yang semakin baik di masa depan. Lakukan investasi di instrumen yang tepat dan pilih aplikasi RHB Tradesmart ID. Smart People bisa mengunduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga untuk merasakan langsung betapa mudahnya berinvestasi.

Sumber:

My Money Souq. (2022, Agustus 10). Why is Financial Management Important in Life?. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://www.mymoneysouq.com/financial-blog/why-is-financial-management-important-in-life/.

121FCU. (2022, Mei 25). Why is Money Management Important & 7 Tips to Master Your Finances. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://blog.121fcu.org/why-is-money-management-important.

Caldwell, Miriam. (2022, April 18). Reasons Why You Should Budget Your Money. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://www.thebalancemoney.com/reasons-to-budget-money-2385699.

https://youtube.com/playlist?list=PLA5GrsHbOewaNU_n4RSB2rxQYfPSmVQSy

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal