<< Back

Sudah Tahu Cara Hitung Laba per Saham? Ini Dia Rumusnya!

Laba Per Saham

Ada beragam cara yang bisa dilakukan oleh investor untuk mengetahui nilai atau value dari sebuah saham. Salah satunya adalah melalui laba per saham atau earning per share (EPS). Untuk mengetahui laba per saham ini juga ada rumus yang bisa diaplikasikan. Cari tahu bagaimana cara menghitung laba per saham dan hal-hal yang memengaruhinya lewat ulasan di bawah ini.  

Pengertian Laba per Saham 

Laba per saham merujuk pada bagian dari pendapatan perusahaan yang tersedia bagi pemegang saham dan dialokasikan pada masing-masing outstanding share atau saham biasa yang beredar atau diterbitkan oleh perusahaan. Bagi para investor, laba per saham merupakan gambaran dari performa finansial emiten saham tersebut. 

Nilai EPS sendiri setara dengan selisih antara laba bersih dengan dividen preferen, yang dibagi dengan jumlah saham biasa yang beredar atau diterbitkan oleh perusahaan. Mengingat nilai EPS ini bisa menjadi gambaran akan kondisi finansial perusahaan, maka tidak heran jika perusahaan ada yang melakukan buyback sahamnya sendiri, guna meningkatkan EPS perusahaannya. 

Faktor yang Memengaruhi Nilai Earning Per Sharing

  1. Laba Bersih 

Besaran laba per saham atau EPS (Earning Per Sharing) sebuah perusahaan akan dipengaruhi oleh laba bersih atau net income yang didapatkan. Laba bersih ini merujuk pada total uang yang tersisa setelah dikurangi dengan semua biaya dan pengeluaran dari usaha atau jasa yang dijalankan, seperti biaya produksi, biaya operasional, pajak, gaji pekerja, dan pengeluaran lainnya. 

  1. Dividen Preferen 

Dividen preferen atau preferred dividend merujuk pada pembayaran dividen pada para pemegang saham preferen. Seperti yang mungkin sudah Smart People ketahui, saham ada yang dikenal sebagai saham preferen dan ada saham biasa atau common stock. Pembayaran dividen preferen pada pemegang sahamnya dilakukan sebelum dividen saham biasa dibayarkan. 

  1. Jumlah Saham Biasa yang Beredar 

Faktor selanjutnya yang memengaruhi nilai EPS adalah jumlah saham biasa yang beredar atau disebut juga common outstanding stock. Berbeda dengan pemegang saham preferen, pemegang saham biasa berada di urutan paling akhir dalam penerimaan pembagian aset perusahaan. Pembagian dividen pada pemegang saham biasa juga dilakukan setelah pembagian dividen saham preferen.   

Rumus Menghitung Laba per Saham

Untuk menghitung laba per saham atau earning per sharing, Smart People bisa gunakan rumus EPS=(NI – PD)AOCS. EPS (earnings per share) adalah laba per saham , NI (net income) adalah laba bersih, PD (preferred dividend) adalah dividen preferen, dan AOCS (average outstanding common share) adalah jumlah saham biasa yang beredar. 

Misalnya saja, perusahaan A pada kuartal ketiga tahun 2022 memperoleh laba bersih sebesar Rp10 miliar. Perusahaan A tersebut mengumumkan dividen preferen sebesar Rp2,5 miliar, dengan jumlah saham biasa yang beredar adalah sebanyak 110 miliar. Dengan menggunakan rumus EPS=(10.000.000.000 – 2.500.000.000)110.000.000.000, diperoleh laba per saham sebesar Rp0,068. 

Selain dengan rumus di atas, ada juga rumus yang lebih simpel yang juga banyak digunakan oleh orang-orang dalam menghitung laba per saham, yakni EPS=NI AOCS. Jadi, jika misalnya perusahaan A pada tahun 2022 memperoleh laba bersih sebesar Rp50 triliun dan jumlah saham yang beredar sebanyak 150 miliar. Dengan rumus  EPS=50.000.000.000150.000.000.000, didapatkan EPS sebesar Rp333.33.  

Kelebihan Informasi Laba per Saham

Informasi mengenai EPS akan bisa dimanfaatkan oleh para investor dan analis untuk mengetahui kondisi dan kekuatan finansial sebuah perusahaan. Tidak hanya menjadi gambaran bagaimana kondisi finansial perusahaan saat ini, namun dengan mengetahui EPS dari perusahaan tersebut, investor dan analis bisa memperkirakan bagaimana prospek finansial perusahaan tersebut di masa depan. 

Bagi para investor yang masih memilih antara beberapa perusahaan di industri yang sama untuk dijadikan tempat berinvestasi, proses pemilihannya akan semakin mudah. Perusahaan dengan nilai EPS yang lebih tinggi menandakan bahwa akan semakin besar dividen atau imbal hasil yang diberikan pada pemegang sahamnya. Jadi, pengambilan keputusan investasi pun akan bisa terbantu.   

Kekurangan Informasi Laba per Saham 

Dibalik kelebihan yang ditawarkan oleh informasi terkait EPS, tentu saja ada kelemahannya yang mesti diketahui oleh para investor. Seperti yang diketahui, penghitungan EPS salah satunya melibatkan laba bersih. Laba bersih perusahaan tersebut bisa jadi tidak memberikan gambaran akurat, mengingat masing-masing perusahaan memiliki pengeluaran non-operasional yang berbeda-beda. 

Tidak hanya itu saja, potensi ketidakakuratan EPS tersebut juga bisa terjadi karena perusahaan-perusahaan tertentu melakukan manipulasi atas nilai EPS. Manipulasi nilai EPS tersebut dilakukan dengan cara mengganti jumlah saham biasa yang beredar atau diterbitkan perusahaan, melalui strategi seperti buy back

Beli Saham dengan EPS yang Bagus via RHB Tradesmart ID 

Laba per saham atau EPS bisa jadi salah satu pertimbangan sebelum Smart People membeli saham. Nah, untuk menganalisa saham tersebut terlebih dahulu, Smart People bisa gunakan fitur Smart Analyzer yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID. Fitur ini bakal menganalisis pergerakan saham dan hal-hal lain terkait dengan saham, untuk memudahkan pengambilan keputusan. 

Selain Smart Analyzer, RHB Tradesmart ID juga punya Smart Rate dan Smart Fee yang memungkinkan Smart People untuk berinvestasi saham dengan biaya transaksi yang terjangkau. Nah, untuk setiap transaksi yang dilakukan nantinya, bakal dapat poin khusus melalui fitur Smart Points. Poin khusus yang telah berhasil didapatkan, nantinya bisa ditukar menjadi saldo e-wallet. 

Yakin mau menunggu lama untuk meraup imbal hasil dari investasi saham? Segera unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan gunakan fitur-fitur unggulannya untuk memaksimalkan imbal hasil investasi saham. 

Sumber: 

Fernando, Jason. (2022, Agustus 23). Earnings Per Share (EPS): What It Means and How to Calculate It. Investopedia. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/e/eps.asp

Levine, Scott. (2023, Oktober 6). What Is Earnings Per Share (EPS)? The Motley Fool. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.fool.com/terms/e/earnings-per-share/

Folger, Jean. (2023, Mei 26). What Is the Formula for Calculating Earnings per Share (EPS)? Investopedia. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.investopedia.com/ask/answers/070114/what-formula-calculating-earnings-share-eps.asp

Mukhopadhyay, Sayantan. Earnings per Share (EPS). Wallstreetmojo. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.wallstreetmojo.com/earnings-per-share-eps/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal