<< Back

Stock Screening Bagian dari Cara Membeli Saham

cara membeli saham

Terapkan cara membeli saham yang tepat dan lakukan stock screening untuk membantu Smart People tidak salah pilih saham sebagai aset investasi yang menjanjikan. 

Saham kini menjadi salah satu aset atau instrumen investasi yang banyak dijadikan pilihan. Prospeknya memang sangat memuaskan dan bisa memberikan imbal hasil yang besar. Namun, Smart People perlu berhati-hati dalam berinvestasi saham.

Pengertian Stock Screening dalam Cara Membeli Saham

Mari pahami dulu apa yang dimaksud dengan stock screening. Ini merupakan sebuah tahapan penting yang harus dilalui oleh investor sebelum membeli sebuah saham.

Tahap ini bisa memberikan banyak kemudahan bagi investor untuk memilih mana saham yang potensial dan layak dijadikan aset masa depan.

Stock screening merupakan sebuah teknik untuk menyeleksi saham-saham mana saja yang sesuai dengan kriteria dan keinginan para investor.

Seperti kita tahu bahwa saat ini ada banyak sekali pilihan saham yang beredar di bursa. Tidak semuanya layak dijadikan pilihan dan menjanjikan prospek besar sehingga harus benar-benar teliti dipilih mana yang paling tepat. 

Pada dasarnya hal ini merupakan bagian dari analisis saham yang sangat penting untuk dilakukan demi kebaikan investor itu sendiri. Seperti kita tahu bahwa dalam rangkaian cara membeli saham, ada tahap analisis yang harus dilalui. Di sinilah stock screening penting untuk dilakukan. 

Alasan Melakukan Stock Screening dalam Cara Membeli Saham

Kenapa stock screening ini penting untuk dilakukan? Tentu ada alasan mengapa tahap ini sangat direkomendasikan bagi para investor. Berikut adalah beberapa alasan yang mendukung stock screening harus dilakukan:

Bisa Memperoleh Saham Berkualitas

Alasan pertama, stock screening ini akan membantu trader atau investor untuk mendapatkan saham yang berkualitas.

Melalui cara ini, Smart People bisa mengetahui saham mana saja yang potensial dan punya kualitas tinggi. Bukankah kita semua pasti sama-sama berharap bisa membeli saham yang kualitasnya bagus dan potensinya besar? 

Tanpa proses stock screening ini maka akan sulit untuk mengetahui mana saham yang berkualitas dan mana yang tidak.

Smart People bisa saja terjebak pada saham yang kelihatannya bagus padahal kenyataannya tidak potensial. Apalagi jika membeli saham hanya berdasarkan tren pasar semata, besar kemungkinan Smart People akan salah pilih saham. 

Memperbesar Potensi Imbal Hasil yang Konsisten

Dengan melalui proses stock screening ini, Smart People tahu mana saham-saham bagus yang layak dijadikan pilihan. Saham-saham tersebut tentu saja bisa memperbesar potensi imbal hasil yang konsisten. Ini adalah tujuan yang ingin dicapai oleh para investor saham, imbal hasil yang konsisten dan memuaskan. 

Pada dasarnya screening saham ini memang untuk mendeteksi potensi imbal hasil yang akan diberikan. Setelah melakukan screening, Smart People bisa tahu mana saja saham yang menjanjikan imbal hasil tinggi. Jika memang ingin menjadikan saham sebagai aset investasi jangka panjang, maka hal ini jelas sangat penting untuk dilakukan. 

Mempermudah Kontrol Investasi yang Berjalan

Tak hanya bagus dilakukan saat akan membeli atau menambah aset saham baru, stock screening juga bagus untuk memelihara investasi yang sudah berjalan.

Melalui stock screening, Smart People bisa mengetahui mana saham-saham di portofolio yang punya potensi bagus. Bisa dilihat bagaimana pergerakannya dan saham-saham mana saja yang layak dipertahankan. 

Salah satu faktor kesuksesan investor adalah kecermatannya dalam memelihara aset yang sudah dimiliki. Pengelolaan aset tersebut sangat penting untuk dilakukan dengan cermat. Mana yang bisa dipertahankan dan mana yang harus dilepas.

Keputusan ini bisa jadi jauh lebih mudah untuk diambil jika Smart People melakukan stock screening.

Cara Stock Screening dalam Cara Membeli Saham

Dari penjelasan tadi bisa dipahami bahwa stock screening memang hal yang sangat penting untuk dilakukan. Oleh sebab itu, mari pahami bagaimana cara untuk melakukannya. Berikut adalah 2 metode yang bisa dipraktikkan dalam stock screening:

  1. Metode Manual

Pilihan pertama adalah metode manual yang sangat sederhana untuk dilakukan oleh para investor maupun trader. Di sini Smart People bisa melihat saham-saham apa saja yang sedang banyak dijadikan incaran. Pilih saham-saham tersebut lalu perhatikan pergerakan harganya masing-masing. Temukan mana yang paling layak untuk dibeli dan dijadikan aset. 

  1. Metode Analisis Teknikal

Smart People juga bisa memakai metode analisis teknikal. Metode ini lebih canggih karena menggunakan software atau aplikasi khusus. Smart People cukup memilih aplikasi screening mana yang akan dipakai dan mendapatkan hasilnya dengan mudah tanpa perlu ribet. Hanya saja teknik screening semacam ini punya potensi kesalahan karena hasil yang tidak akurat. 

Ada banyak pilihan aplikasi trading dan investasi saham yang menghadirkan fitur screening. Pastikan untuk memilih yang terbaik supaya hasilnya jauh lebih akurat. Salah satunya yang bisa diandalkan adalah RHB Tradesmart.

Kenapa RHB Tradesmart? 

Sebagai salah satu bagian dari rangkaian cara membeli saham, stock screening ini jelas sangat penting untuk dilakukan. RHB Tradesmart menjadi pilihan platform yang tepat bagi Smart People untuk melakukan screening dengan hasil yang optimal.

Terdapat fitur Smart Analyzer dan ARO yang akan membantu proses screening berjalan jauh lebih mudah dan hasilnya juga akurat sesuai ekspektasi. 

RHB Tradesmart sudah terjamin karena diawasi langsung oleh OJK. Selain itu, sekuritas ini juga menawarkan banyak kemudahan khususnya bagi investor pemula. Mulai dari fitur analisis yang canggih, biaya transaksi yang terjangkau, juga akses jual beli saham yang mudah untuk dipahami. 

Gunakan RHB Tradesmart dan terapkan cara membeli saham yang benar untuk mendapatkan imbal hasil optimal. Lakukan stock screening dengan cermat dan pastikan bahwa langkah investasi yang diambil sudah sesuai. Ini akan membantu Smart People mendapatkan portfolio yang bagus dan imbal hasil yang memuaskan. 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal