<< Back

Starter Kit Belajar Trading Saham Pemula, Apa Saja?

Belajar trading saham tidaklah sama dengan saat kita berinvestasi saham. Perlu pemahaman yang lebih mendalam lagi seputar pasar saham, serta bagaimana mengambil kesempatan.

Proses jual beli saham yang jauh lebih singkat daripada investasi membuat trading cukup menantang untuk digeluti. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan bila berminat memulai trading saham. Apa saja? Ini dia 5 starter kit belajar trading saham pemula:

  1. Ilmu Dasar Trading Saham

Dalam proses belajar saham pemula, mengetahui dasar dari saham itu sendiri merupakan hal penting. Sebagai acuan, setidaknya beberapa hal berikut perlu kamu pahami sehingga kamu punya gambaran untuk bisa memulai trading saham. 

Strategi Trading

Jika investor saham memetik manfaat dalam hitungan tahunan atau dekade, trader saham bisa melakukannya dalam jangka waktu yang relatif pendek. Entah itu dari bulanan, mingguan, hingga menit. 

Strategi yang diterapkan seorang trader saham cukup beragam. Ada yang menggunakan cara scalping (detik atau menit); day trading (harian); swing trading (berhari-hari hingga berminggu-minggu); dan position trading (mingguan, bulanan, sampai tahunan). 

Dalam memilih strategi, kuncinya adalah bukan mana yang memberi manfaat paling besar. Tapi, strategi mana yang sesuai denganmu. 

Masing-masing strategi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, ada baiknya seorang yang baru belajar trading saham memilih di antara swing trading dan position trading. 

Keduanya tidak mengharuskanmu terus melihat pergerakan pasar. Terlebih, masing-masing bisa dilakukan untuk memperoleh pendapatan sampingan daripada scalping dan day trading yang mau tak mau harus dijadikan pekerjaan utama. 

Cara Membaca Dunia Saham

Mengetahui apa yang terjadi di dunia saham sama pentingnya dengan belajar trading saham itu sendiri. Ini didasari pula oleh bagaimana keadaan dunia saham bisa mempengaruhi cara trading dengan saham kita nantinya, yang mana bisa berubah sewaktu-waktu. 

Kamu bisa mulai dari website yang berfokus pada finansial, seperti CNBC, Wall Street Journal, dan Bloomberg, juga blog RHB Sekuritas. Ada pula beberapa acara televisi lokal maupun mancanegara yang menyediakan sarana untuk belajar saham.

Baca juga: 8 Tips Belajar Saham Pemula, Apa Saja? 

Analisa Dunia Saham

Dalam dunia saham, ada dua cara utama dalam menganalisa calon saham yang ingin dibeli atau dijual. Cara tersebut adalah analisis teknikal dan fundamental. 

Fundamental mengarah ke analisis perusahaan atau emiten secara menyeluruh, termasuk pendapatan dan liabilitasnya. Sebaliknya, teknikal menaruh perhatian yang sedikit pada detail emiten. Analisis teknikal lebih terpaku pada grafik di mana terdapat harga dan volume saham. 

Analisis teknikal merupakan cara yang umum dipakai dalam transaksi saham jangka pendek. Meski begitu, ada baiknya pula bila kamu memahami konsep dari kedua tipe analisis tersebut. 

Order Saham

Dalam menentukan kapan membeli dan menjual saham, atau yang dinamakan order, ada beberapa metode yang dapat diaplikasikan oleh seorang trader. Dua metode utama order ialah market order dan limit order

Market order merupakan cara yang paling dasar, di mana seseorang membeli atau menjual langsung saham pada harga saat itu juga. Walau begitu, angka yang didapat bisa tepat atau sedikit melenceng dari yang diharapkan. 

Sedangkan, limit order bertumpu pada harga yang dipasang sebelumnya oleh pihak pembeli atau penjual saham. Pembeli bisa membeli saham ketika harga limit telah sampai atau di bawah angka yang telah ditentukan sebelumnya. Begitu juga dengan penjual. Saham yang dijualnya akan terlaksana begitu harganya telah sampai atau lebih tinggi dari angka yang telah dipasang.

  1. Mentor atau Teman Belajar

Untuk memperkaya pengetahuan dalam proses belajar saham pemula, ada kalanya kita juga memerlukan teman atau mentor yang punya pemahaman soal hal ini. Kamu juga dapat mengikuti kelas atau seminar yang diadakan oleh profesional, yang mana dapat memberikan ilmu dari pengalamannya langsung sebagai trader. 

Selain itu, kamu dapat membaca buku atau mencari-cari artikel maupun jurnal dari seorang praktisi. Mengikuti forum diskusi bisa menjadi opsi yang bagus, namun dengan catatan kamu harus lebih kritis terhadap orang-orang dan berbagai pendapat di dalamnya. 

  1. Membuka Akun Saham

Setelah melengkapi diri dengan belajar trading saham dasar, kamu bisa lanjut ke tahap praktik dengan membuka rekening saham. Untuk melakukannya, kamu perlu mencari perusahaan sekuritas yang terpercaya. 

Pilihlah perusahaan yang menyediakan fee ringan. Selain itu, perusahaan yang kredibel memiliki aplikasi yang bisa memudahkan kegiatan jual beli sahammu, di samping punya tim dengan pelayanan baik serta riset mendalam seputar tren pasar. Jangan lupa juga untuk mengecek apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK. 

  1. Budget yang Sesuai

Penting sekali untuk menentukan budget yang sesuai dengan keadaan finansialmu. Bagi trader pemula, ingatlah untuk selalu menaruh uang di saham bila kamu siap juga untuk kehilangan uang tersebut. 

Mulailah dengan mengalokasikan jumlah yang tidak terlalu banyak. Trading saham secara hati-hati itu diperlukan untuk kamu yang belum memiliki pengalaman. 

Putuskan untuk menekan biaya bilamana kamu masih kurang di dana darurat, serta hindari menggunakan uang untuk membayar tagihan dan sebagainya. Ketahui juga hitungan pajak yang dibebankan di transaksi jual beli saham. 

  1. Latihan dengan Virtual Trading atau Paper Trading

Selain memulai trading dengan harga yang rendah, kamu juga bisa belajar trading saham lewat simulator virtual trading. Ini merupakan cara alternatif agar kamu bisa berlatih dalam melakukan aktivitas membeli serta menjual saham. 

Itulah starter kit untuk pemula yang mau belajar trading. Mempelajari teori di balik saham itu memanglah dibutuhkan. Tapi, lengkapi juga proses belajarmu dengan terjun langsung ke pasar saham. 

Baca juga: Pengen Sukses? Ketahui 7 Tips Trading Saham Paling Ampuh

Maksimalkan pembelajaranmu dengan memanfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi berbagai fitur untuk mempermudah kegiatan investasi dan trading di mana saja dan kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store sekarang.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal