<< Back

Simak Roadmap Menuju Emiten GOTO ESG

Saat ini, emiten dengan konsep ESG (Environment, Social, dan Governance) atau lingkungan, sosial, dan tata kelola memang mendapatkan atensi positif dari para investor. Nah, salah satu emiten yang diketahui juga baru tergabung ke dalam salah satu indeks emiten ESG adalah GOTO. Simak bagaimana roadmap menuju emiten GOTO ESG pada ulasan di bawah ini. 

Lini Usaha GOTO 

GOTO merupakan saham dari emiten gabungan Gojek dan Tokopedia. Bergabungnya 2 startup dengan status decacorn tersebut tentu makin memperkuat ekosistem digital dari keduanya. Penggabungan 2 startup itu juga makin memperbanyak lini usaha yang berada di bawah naungan PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. 

Setidaknya terdapat 3 lini utama bisnis yang dijalankan oleh GOTO, yakni Gojek yang bergerak di sektor transportasi, Tokopedia yang bergerak di sektor e-commerce, dan GTF (GOTO Financial) yang bergerak di sektor keuangan. Ketiga lini bisnisnya ini menghadirkan layanan yang memang dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. 

Melalui Gojek yang melayani di sektor transportasi, pengguna bisa mendapatkan layanan mobilitas, layanan pesan antar makanan, serta pengiriman atau logistik. Sedangkan melalui Tokopedia, akses ke marketplace yang menjadi tempat bagi toko-toko, termasuk di dalamnya toko resmi nasional maupun internasional, bisa didapatkan oleh pengguna. 

Sedangkan melalui GTF yang melayani di sektor keuangan, pengguna bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pembayaran dengan menggunakan dompet digital Gopay dan juga untuk layanan keuangan lainnya. Pelayanan yang dihadirkan oleh tiap lini bisnisnya inilah yang membuat GOTO bisa bertahan hingga sekarang.   

Perjalanan GOTO Mewujudkan Sustainability 

Terwujudnya model bisnis yang sifatnya berkelanjutan atau sustainable merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO). GOTO berkomitmen untuk mengintegrasikan sustainability tersebut ke dalam seluruh aktivitas yang dilakukan oleh perusahaannya, mulai dari perencanaan, pengoperasian, pertumbuhan, dan hubungan para pemangku kepentingan. 

Agar bisa tercipta sustainability tersebut, GOTO berusaha mulai dari sekarang mewujudkan Three Zeros Roadmaps atau dikenal juga dengan istilah Komitmen Keberlanjutan Tiga Nol di tahun 2030. Adapun Komitmen Tiga Nol yang berupaya diwujudkan oleh GOTO adalah Nol Emisi Karbon, Nol Sampah, dan Nol Hambatan. 

  1. Nol Emisi Karbon 

GOTO bertekad untuk menjadi platform netral karbon yang fokus pada upaya dekarbonisasi, baik untuk emisi langsung maupun tidak langsung. Agar bisa mewujudkan Nol Emisi Karbon tersebut, salah satu hal yang dilakukan oleh GOTO adalah transisi dalam bentuk beralih menggunakan kendaraan listrik, dari kendaraan bermotor biasa yang sebelumnya menyebabkan polusi. 

Agar bisa mewujudkan transisi ke motor listrik sepenuhnya di tahun 2030 nanti, GOTO membentuk perusahaan kolektif dengan PT. TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) dengan nama Electrum. Uji coba dengan menggunakan 500 kendaraan listrik roda dua juga telah dilakukan tahun 2021 silam di Jakarta Selatan. 

  1. Nol Sampah 

Agar bisa mencapai GOTO ESG, GOTO juga bertekad mewujudkan Nol Sampah dengan cara mengurangi dan mengeliminasi seluruh sampah yang terdapat di lingkungan dan tempat pembuangan akhir (TPA). GOTO akan berupaya untuk bekerja sama dengan seluruh pihak penyedia solusi, agar daur ulang, pemrosesan, dan pemanfaatan limbah kembali bisa cepat dilakukan. 

  1. Nol Hambatan 

Komitmen Tiga Nol yang terakhir adalah Nol Hambatan. GOTO bertekad menghadirkan platform yang inklusif, serta bisa menjadi sumber beragam peluang kerja dan penghasilan bagi masyarakat. GOTO juga akan berupaya untuk mengurangi hambatan terhadap pertumbuhan sosial dan ekonomi mitra pengemudi dan mitra penjual di ekosistem GOTO tersebut. 

Komitmen Keberlanjutan Tiga Nol ini sudah mulai dilakukan sejak tahun 2021 silam. Prosesnya masih berlangsung hingga sekarang, dengan harapan akan bisa terwujud semuanya di tahun 2023 nanti. Terwujudnya Komitmen Tiga Nol akan merupakan bentuk dedikasi GOTO untuk bisa menjalankan usaha yang berkelanjutan dan berdampak bagi orang banyak. 

Emiten GOTO Masuk Indeks FTSE ESG Low Carbon 

Keseriusan GOTO dalam mewujudkan sustainability salah satunya terlihat dari masuknya emiten GOTO ke dalam Indeks FTSE ESG LOW Carbon per September 2023. Indeks ini sendiri dirancang untuk membantu investor dalam menyelaraskan investasi mereka dengan kampanye pengurangan emisi karbon, berhubung terjadi peningkatan peringkat ESG. 

Masuknya GOTO ke dalam Indeks FTSE ESG Low Carbon ini memunculkan potensi masuknya arus dana asing ke GOTO dengan deras, yang diperkirakan mampu jadi booster saham GOTO. Tidak mengherankan karena memang konsep ESG dan emiten ESG memang menjadi salah satu incaran investor pada saat ini, baik itu investor lokal maupun investor global.  

Koleksi Saham ESG via RHB Tradesmart ID 

Komitmen GOTO untuk menjalankan bisnis dengan konsep ESG menandakan kalau emiten ESG saat ini memang menjadi incaran banyak investor. Smart People juga bisa pertimbangkan saham ESG untuk dijadikan koleksi di portofolio. Agar bisa lebih mudah memilih saham ESG yang tepat sesuai dengan profil risiko masing-masing, Smart People bisa gunakan RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID dilengkapi dengan fitur Smart Analyzer, yang bisa bantu dalam menganalisis saham-saham incaran sebelum dibeli. Dengan begini, pengambilan keputusan terkait dengan investasi saham akan terasa lebih tepat. RHB Tradesmart ID juga masih punya fitur lainnya, yakni Smart Rate, Smart Fee, serta Smart Points yang dukung kenyamanan saat berinvestasi saham. 

Bagaimana, sudah siap menjadi pemilik dari saham ESG di tahun 2024 ini? Gunakan RHB Tradesmart ID untuk kebutuhan investasi saham ESG tersebut dan manfaatkan semua fitur unggulannya. Unduh aplikasinya sekarang juga ya! 

Sumber: 

Burhan, Fahmi Ahmad. 2021, Mei 17. Gurita Bisnis GoTo Menaungi Empat Lini Usaha Gojek dan Tokopedia. Katadata. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui  https://katadata.co.id/yuliawati/digital/60a26e040f57f/gurita-bisnis-goto-menaungi-empat-lini-usaha-gojek-dan-tokopedia

Tim Tempo. 2022, Juli 12. Targetkan Tiga Nol pada 2030, Berikut Fakta-Fakta Menarik dari Komitmen Sustainability GoTo. Tempo. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui  https://nasional.tempo.co/read/1611227/targetkan-tiga-nol-pada-2030-berikut-fakta-fakta-menarik-dari-komitmen-sustainability-goto

Tim Riset IDX Channel. 2023, September 07. GOTO dan MDKA Masuk Indeks FTSE ESG Low Carbon. IDX Channel. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui   https://www.idxchannel.com/market-news/goto-dan-mdka-masuk-indeks-ftse-esg-low-carbon

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal