<< Back

Sibuk? Ini Cara Mengatur Waktu Pegawai Full Time dalam Investasi Saham! 

Cara mengatur waktu

Saham menarik minat masyarakat dari berbagai kalangan dan jenis macam pekerjaan, tidak terkecuali juga bagi para pegawai full time. Meskipun sudah punya pemasukan yang tetap setiap bulannya, tetap saja para pegawai penuh waktu ingin memperoleh pemasukan tambahan berupa imbal hasil dari investasi saham. 

Salah satu kendala yang mungkin dialami pegawai penuh waktu ini sebelum atau pun saat sudah mulai investasi saham adalah membagi waktu untuk berinvestasi. Tidak jarang, investasi saham jadi keteteran karena keterbatasan waktu. Agar bisa fokus investasi saham walaupun bekerja penuh waktu, Smart People yang merupakan pegawai bisa sontek cara mengatur waktu berikut ini. 

  1. Analisa Saham di Waktu Luang 

Saat sebagian besar waktu Smart People tersita untuk bekerja seharian penuh, bukan berarti Smart People tidak bisa menjalankan aktivitas investasi saham layaknya investor lain. Smart People bisa memanfaatkan waktu luang untuk menganalisis saham incaran, sekaligus Menyusun taktik bagaimana nantinya bisa mendapatkan imbal hasil yang diinginkan dari investasi saham tersebut.  

Waktu luang yang dimaksud bisa saat Smart People sudah pulang kerja, saat akhir pekan, atau pun saat libur kerja. Meskipun waktu yang dimiliki untuk menganalisis saham tidak sebanyak investor saham yang mendedikasikan waktunya penuh untuk investasi, namun memanfaatkan waktu luang untuk menganalisis saham ini akan tetap bisa mengasah kemampuan dalam investasi saham. 

  1. Pantau Pergerakan Saham di Luar Jam Kerja 

Waktu di luar jam kerja bisa Smart People manfaatkan untuk memantau bagaimana pergerakan harga saham di bursa saham. Waktu sebelum berangkat kerja atau pun saat sedang beristirahat bisa Smart People pakai untuk mengakses aplikasi pendukung investasi saham, guna mengetahui di titik mana sekarang harga dari saham yang dimiliki atau pun saham yang jadi incaran. 

Meskipun tidak bisa melakukan pembelian atau penjualan saham secara manual karena jam operasional bursa saham yang bersamaan dengan jam kerja, namun Smart People tidak akan ketinggalan informasi yang signifikan terkait dengan posisi harga dari saham yang ingin dijual atau pun ingin dibeli. Tentu saja tindakan ini tidak akan mengganggu jam kerja Smart People. 

  1. Aktifkan Fitur Auto Order Sebelum Mulai Bekerja 

Mengingat Smart People tidak bisa melakukan pembelian dan penjualan saham secara manual karena waktunya bersamaan dengan jam kerja, Smart People bisa manfaatkan fitur auto order yang dimiliki oleh aplikasi investasi saham yang digunakan, untuk melakukan penjualan dan pembelian saham secara otomatis. Smart People cukup aktifkan fitur ini sebelum memulai pekerjaan. 

Dengan menggunakan fitur auto order ini, maka nantinya saat harga saham yang diincar sudah mencapai titik harga tertentu, maka secara otomatis akan dilakukan pembelian atau penjualan saham tersebut. Alhasil, Smart People tidak akan merasa khawatir karena takut melewatkan penawaran menarik di bursa saham pada saat sedang fokus melakukan pekerjaan utama. 

  1. Aplikasikan Gaya Swing Trading 

Cara mengatur waktu untuk bisa tetap fokus dengan pekerjaan utama, tanpa mengabaikan investasi saham yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi investasi saham yang tepat. Mengingat Smart People yang harus bekerja seharian, tentu saja gaya day trading tidak bisa diterapkan, sehingga swing trading bisa jadi pilihan. 

Swing trading memungkinkan Smart People untuk investasi saham dengan cara menahan saham tersebut selama beberapa hari atau beberapa minggu terlebih dahulu, sebelum kemudian dijual saat sudah mencapai harga tertinggi. Smart People tidak akan dibuat terus-terusan berpikir akan harganya seharian penuh saat bekerja, apalagi jika terjadi fluktuasi harga harian. 

  1. Pilihlah Saham yang Tidak Terlalu Fluktuatif 

Salah satu hal yang membuat pegawai penuh waktu kerap kali kurang fokus saat bekerja sekaligus berinvestasi adalah karena memikirkan fluktuasi harga saham yang dimilikinya. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, tentu investasi saham yang dilakukan malah akan berakibat buruk pada pekerjaan yang mendatangkan pemasukan utama bagi rumah tangga. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Smart People bisa memilih saham-saham yang sifatnya tidak terlalu fluktuatif. Saham yang tidak terlalu fluktuatif ini harganya cenderung stabil, jika dibandingkan dengan saham-saham lainnya di bursa saham, misalnya seperti saham blue chip. Dengan memilih saham tersebut, Smart People bisa fokus di waktu menjalankan pekerjaan utama. 

Tetap Fokus Kerja Walau Investasi Saham dengan RHB Tradesmart ID 

Jangan jadikan keterbatasan waktu menghalangi diri untuk memulai investasi saham. Meskipun seharian penuh harus bekerja, Smart People masih punya waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk menganalisis saham, memperkaya informasi mengenai saham, sekaligus memantau pergerakan saham di bursa saham. 

Agar lebih mudah dalam menganalisis dan memantau pergerakan saham tersebut, Smart People bisa gunakan aplikasi RHB Tradesmart ID. Aplikasi ini menawarkan fitur Smart Analyzer, yang bakal bisa bantu Smart People dalam hal analisis saham incaran, sekaligus memberikan info terbaru mengenai posisi harga saham yang ingin dijual dan dibeli di bursa saham. 

Tidak hanya Smart Analyzer saja, RHB Tradesmart ID juga punya fitur lain yakni Smart Fee, Smart Rate, dan Smart Points. Smart Fee dan Smart Rate memungkinkan Smart People untuk menekan biaya transaksi atau biaya jual beli saham, sehingga imbal hasil bisa dimaksimalkan. Sedangkan Smart Points akan memberikan poin khusus untuk setiap transaksi investasi yang dilakukan. 

Tunggu apa lagi, yuk unduh aplikasi RHB Tradesmart ID mulai dari sekarang. Smart People bisa rasakan sendiri betapa mudah dan ekonomisnya investasi dan trading saham di RHB Tradesmart ID. 

Sumber: 

Wira, Desmond. Tips Trading Saham Bagi Karyawan – Tanpa Mengganggu Kerja di Kantor. Jurus Cuan. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://www.juruscuan.com/belajar/trading/614-tips-trading-saham-bagi-karyawan-tanpa-mengganggu-kerja-di-kantor

Yuliastuti, Desy. (2023, Februari 27). Investor Pemula Wajib Tahu Waktu yang Tepat Membeli Saham. Fortune Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://www.fortuneidn.com/finance/desy/investor-pemula-wajib-tahu-waktu-yang-tepat-membeli-saham?page=all

Tim RHB Tradesmart ID. (2022, Oktober 11). Tidak Punya Banyak Waktu? Lakukan 5 Tips Berinvestasi Saham Ini. RHB Tradesmart ID. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023 melalui https://rhbtradesmart.co.id/article/tidak-punya-banyak-waktu-lakukan-5-tips-berinvestasi-saham-ini/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal