<< Back

Siapa Manajer Investasi yang Mengelola AUM Terbesar Saat Ini?

Manajer Invetasi

Seorang manajer investasi (MI) mendapatkan peran penting ketika Smart People berinvestasi di produk reksa dana. Terlebih, manajer inilah yang bertugas membantu setiap investor dalam mengelola dana tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengenal dan memilih manajer terbaik.

Pengertian Manajer Investasi

Seperti yang kita ketahui, reksa dana menjadi salah satu produk investasi yang banyak digemari terutama oleh para pemula. Selain dapat dimulai dengan modal minim, Smart People tidak harus selalu memantau keadaan pasar secara berkala.

Peran MI menjadi penting dalam aktivitas pemantauan tersebut. Pasalnya, lembaga atau perusahaan tersebut bertugas untuk mengelola dana milik investor reksa dana kemudian menyalurkannya ke sejumlah efek yang tersedia.

Para manajer ini dikenal sebagai orang yang ahli dalam mengelola modal. Bahkan meskipun dana yang dikelola berasal dari banyak investor sekalipun, kinerjanya akan tetap baik. Tentunya didukung dengan minimnya track record permasalahannya.

Sebuah lembaga yang ingin menjadi MI juga tidak boleh sembarangan karena harus mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelum beroperasi. Itulah mengapa, seorang investor wajib memilih MI yang keberadaannya legal sehingga aman dan terpercaya.

Fungsi Manajer Investasi

Secara umum, manajer investasi wajib melakukan pengelolaan dana secara transparan untuk kemudian dilaporkan secara rutin, baik melalui laporan yang dikirimkan setiap hari maupun sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Aset yang berbentuk modal dari investor akan dikelola oleh MI melalui penyaluran dana ke jenis-jenis reksa dana seperti pasar uang, saham, campuran, dan sebagainya. Sebelum memilih produk reksa dana yang cocok, Smart People dapat mendiskusikannya terlebih dahulu dengan MI.

Meski demikian, MI tidak dapat sembarang memilih jenis efek atau produk apa yang akan dibeli. Seorang MI juga harus memastikan bahwa efek yang dipilih merupakan yang paling baik sehingga mampu memberikan imbal hasil bagi investor tersebut.

Tidak hanya itu, seorang MI juga harus mampu mengelola portofolio secara seimbang guna membawa hasil positif bagi investor. Salah satu caranya dengan memilih waktu yang tepat untuk transaksi beli dan jual efek tersebut sesuai aturan dan ketentuan.

Siapa Saja Manajer Investasi Pengelola AUM Terbesar di Indonesia Saat Ini?

Memilih manajer investasi tentu menjadi pekerjaan penting yang harus dilakukan sebelum benar-benar melakukan investasi. Terlebih, tidak semua perusahaan pengelola AUM mempunyai performa yang bagus sebagai MI. Berikut beberapa perusahaan yang seringkali mendapat atensi lebih:

1. Bahana TCW Investment Management

Perusahaan ini sudah berdiri sejak 25 tahun lalu dan sudah dikenal sebagai salah satu manajer investasi terbaik di Indonesia. Besaran nilai AUM yang dimiliki per Juni 2023 saja mencapai Rp54,23 triliun dengan AUM reksa dana sebesar Rp44,93 triliun berdasarkan data OJK.

Perusahaan yang lahir dari kerjasama Indonesia Financial Group (IFG) dan Trust Company of the West (TCW) Amerika Serikat ini bahkan menjadi salah satu perusahaan manajer investasi terbaik sejak tahun 2015 hingga 2022 secara berturut-turut.

2. Manulife Aset Manajemen Indonesia

Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) juga menjadi salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia dengan total 29 produk reksa dana. Di akhir semester pertama pada tahun 2023 ini, nilai AUM perusahaan ini mencapai Rp37,13 triliun.

Dari jumlah tersebut, total dana kelolaan untuk reksadana saham saja mencapai Rp16 triliun rupiah. Bahkan, perusahaan yang sudah beroperasi sejak 1997 ini dikenal memiliki produk reksa dana yang terbilang kompetitif di pasaran.

3. Syailendra Capital

Ada juga Syailendra Capital yang dapat menjadi pilihan MI terbaik dengan segudang pengalamannya. Perusahaan ini juga menyediakan produk reksa dana saham maupun pasar uang. Tidak mengherankan kalau Syailendra Capital masuk dalam MI terbesar di Indonesia.

Pada bulan Juli 2022, AUM perusahaan ini sudah mencapai lebih dari Rp 25 triliun. Bahkan pada periode semester pertama 2023 saja, AUM perusahaan ini sudah meningkat menjadi Rp32,93 triliun. Tidak mengherankan jika Syailendra Capital menjadi salah satu perusahaan MI terbaik.

4. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Sebagai perusahaan yang sudah berdiri sejak 1996 tahun silam, PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen juga memiliki prestasi yang cemerlang. Salah satunya mencapai pembukuan dana kelolaan terbesar ke-3 di tahun 2022.

Selain itu, AUM perusahaan ini juga telah mencapai lebih dari Rp31 triliun untuk pengelolaan dana reksa dana, tepatnya pada semester pertama tahun 2023. Hal inilah tentu membuat Smart People dapat mempertimbangkan Batavia Prosperindo Aset Manajemen sebagai MI.

5. Sinarmas Asset Management

Perusahaan lain yang juga memiliki catatan AUM terbaik yakni Sinarmas Asset Management dengan AUM sebesar lebih dari Rp30 triliun di semester pertama 2023. Performa yang terus meningkat dalam 5 tahun terakhir tentu bisa menjadi pertimbangan mengapa Smart People wajib memilih Sinarmas Asset Management sebagai MI terpercaya.

Itulah beberapa hal yang wajib Smart People ketahui seputar manajer investasi. Dalam memilih seorang MI yang tepat sudah pasti harus memperhatikan berbagai hal, termasuk legalitas, kredibilitas, hingga biaya yang wajar.

Untuk memaksimalkan aktivitas investasi yang diinginkan, Smart People juga membutuhkan aplikasi saham dengan kualitas terbaik. Gunakan RHB Tradesmart ID yang sudah dikenal luas sebagai platform investasi dan trading saham dengan berbagai fitur dan jaminan anti-lag. Segera download aplikasi RHB Tradesmart ID dari Play Store atau App Store!

Referensi:

Eryanto, Pratomo. (2023). 15 Manajer Investasi Terbaik di Indonesia (2023). Investbro.ID

Senorita, Zsazya. (2023). 5 Manajer Investasi Terbesar, Bahana TCW Memimpin. Investor.ID

Wuisan, Pretty Angelia. (2021). Mengenal Manajer Investasi yang Membantu Mengelola Aset Anda. ModalRakyat.ID

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal