<< Back

Sering Lakukan Hal Ini? Ternyata Kamu Sudah Punya Gaya Hidup Bohemian!

gaya hidup bohemian, bohemianisme

Masing-masing orang punya gaya hidup masing-masing. Salah satu dari banyaknya gaya hidup yang ada di dunia, ada yang namanya gaya hidup Bohemian atau bohemianisme. Gaya hidup satu ini dikenal juga sebagai gaya hidup yang cukup nyentrik, salah satunya terlihat dari penampilannya. Smart People ingin tahu lebih banyak tentang gaya hidup ini? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Bohemianisme

Bohemianisme (bohemianism) atau dikenal juga sebagai gaya hidup Bohemian, merupakan gaya hidup di mana penganutnya menjalankan gaya hidup yang artistik, dengan mengedepankan kebebasan mengekspresikan diri dibanding apapun juga, termasuk kekayaan, kesepadanan, ataupun status sosial. Istilah Bohemian sendiri saat ini juga dikenal dengan sebutan Boho. 

Orang-orang yang menjalankan gaya hidup ini dalam kesehariannya, bisa dikenali dari gaya hidupnya yang tidak biasa atau inkonvensional. Mereka cenderung menjauhi aktivitas yang hanya memicu stres atau tekanan dalam dirinya, yang kemudian bisa membuat mereka menipu diri atau perasaannya sendiri, hanya bisa diterima dan dipandang di tengah masyarakat pada umumnya. 

Bagi para Bohemian, hidup yang ideal bukanlah hidup layaknya orang-orang kebanyakan. Namun, hidup yang ideal adalah hidup di mana seseorang bisa melakukan hal-hal apa pun yang sesuai dengan keinginan dirinya, tanpa harus memikirkan hal itu ideal atau tidaknya di tengah masyarakat. Dengan cara inilah, baru seseorang bisa menikmati kenikmatan dalam hidup yang seutuhnya.  

Para penganut bohemianism dikenal sebagai orang-orang yang berjiwa bebas. Bagi dirinya, materi bukanlah hal yang harus disembah dan diagung-agungkan. Makanya, tidak mengherankan jika pada umumnya penganut gaya hidup ini lebih memilih untuk hidup sederhana, namun kebebasan jiwa dan ketenteraman batin bisa mereka rasakan. 

Contoh Gaya Hidup Bohemian

Pada umumnya, banyak orang yang mengaitkan orang-orang yang menjalankan gaya hidup Bohemian dengan bentuk penampilan khusus, seperti penggunaan pakaian yang longgar, penggunaan banyak aksesori, serta pakaian-pakaian yang kaya akan bordiran. Namun, gaya hidup satu ini lebih dari sekadar penampilan saja. 

Orang-orang yang menjalankan hidupnya tanpa memikirkan apakah dia diterima dengan baik di komunitas atau lingkungannya merupakan contoh dari gaya hidup unik satu ini. Tidak apa baginya terlihat berbeda, asalkan dia bisa merasa jiwanya bebas, dirinya bisa mengekspresikan apa yang dirasakannya tanpa rasa malu atau takut, serta tentunya menjadi dirinya sendiri seutuhnya. 

Cara Menjalankan Gaya Hidup Bohemian 

Jika Smart People ingin menjalankan gaya hidup bohemianism, bukan berarti Smart People harus menunjukkannya dalam bentuk perubahan penampilan yang identik dengan gaya hidup tersebut. Smart People bisa tiru lifestyle dari orang-orang yang menjalankan gaya hidup ini, untuk kemudian mengaplikasikannya ke diri sendiri. Berikut adalah beberapa cara menjalankan gaya hidup tersebut. 

  1. Ikuti Kata dan Keinginan Hati Sendiri 

Jika Smart People ingin menjalankan gaya hidup bohemianism, maka Smart People harus mengikuti kata dan keinginan hati sendiri dalam menjalankan aktivitas atau kehidupan sehari-hari. Meskipun mungkin ada risiko-risiko tersendiri yang harus dihadapi karena kemungkinan akan terlihat berbeda dari orang kebanyakan, namun kebebasan jiwa akan bisa Smart People rasakan. 

  1. Gali dan Tuangkan Sisi Artistik dalam Diri 

Apakah untuk menjalankan gaya hidup bohemianism ini seseorang harus pintar dalam hal seni atau artistik? Tentu saja tidak. Namun, Smart People bisa menggali sisi artistik dalam diri, sebagai saran untuk menuangkan perasaan nantinya. Sisi artistik bisa dituangkan dalam bentuk menuliskan perasaan dalam diary, melukis, memotret, bernyanyi, dan masih banyak lagi. 

  1. Sampaikan Apa Hal yang Dirasakan 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bohemianism begitu menganggap penting kebebasan dalam mengekspresikan diri. Jadi, Smart People jangan takut ataupun merasa ragu dalam menyampaikan perasaan dan pemikiran yang dimiliki. Meskipun pemikiran yang disampaikan mungkin jauh berbeda dari orang lain, setidaknya Smart People sudah jujur dengan diri sendiri. 

  1. Berani Menjalankan Hidup dengan Cara yang Tidak Biasa 

Bohemianism itu sifatnya tidak konvensional atau tidak biasa. Jadi, tidak masalah jika Smart People menjalankan hidup berbeda dengan gaya hidup orang kebanyakan, sejauh hal itu tidak merugikan orang lain ataupun sifatnya negatif. Jangan hanya karena ingin diterima di tengah masyarakat, maka Smart People pun memutuskan untuk memendam segala keinginan diri. 

  1. Merasa Bangga dengan Perbedaan yang Ada 

Banyak orang yang merasa malu atau menutup-nutupi hal yang berbeda dari dirinya dengan orang kebanyakan. Namun, hal itu sama sekali tidak berlaku dalam bohemianism. Bagi penganut gaya hidup ini, perbedaan dirinya dengan orang lain bukanlah sesuatu hal yang memalukan, melainkan suatu hal yang membanggakan. Bangga atas diri sendiri yang bisa mengekspresikan diri.

Mengaplikasikan Bohemianism dalam Investasi Saham 

Nilai-nilai bohemianism tidak hanya bisa dijalankan oleh penganut gaya hidup ini, melainkan juga orang-orang lain pada umumnya. Bagi Smart People yang menjalankan investasi saham misalnya, ciri khas bohemianism yang bebas mengekspresikan diri bisa diaplikasikan saat berinvestasi saham dalam bentuk percaya pada diri sendiri dalam menyusun strategi investasi. 

Strategi investasi saham yang telah disusun sedemikian rupa nantinya, bisa diaplikasikan saat berinvestasi dengan menggunakan aplikasi investasi dan trading saham, RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID menghadirkan ragam fitur unggulan, yakni Smart Analyzer, Smart Fee, Smart Rate, dan Smart Points, untuk mendukung aktivitas investasi saham yang Smart People lakukan. 

Jalankan strategi investasi saham Smart People dengan menggunakan RHB Tradesmart ID dalam berinvestasi. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID, lalu nikmati pengalaman investasi yang lebih mudah dan ekonomis. 

Sumber: 

Sander, Christin. (2016, Maret 23). Why We Should All Consider A More Bohemian Lifestyle. Lifehack. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2023 melalui https://www.lifehack.org/379107/why-should-all-consider-more-bohemian-lifestyle

Muhid, Hendrik Khairul. (2023, Januari 22). Apa Itu Gaya Hidup Bohemian? Jejaknya Berawal dari Bahasa Prancis di Abad 15. Tempo.co. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2023 melalui https://gaya.tempo.co/read/1682577/apa-itu-gaya-hidup-bohemian-jejaknya-berawal-dari-bahasa-prancis-di-abad-15

Moiij, Lucie. (2022, September 14). How To Live A Bohemian Lifestyle? 9 Tips You Must Follow. Elise Stories Blog. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2023 melalui https://elisestories.com/blogs/fashion/how-to-live-a-bohemian-lifestyle

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal