<< Back

Seberapa Penting Peran Pemimpin Perusahaan Terhadap Peningkatan Saham? Ini Penjelasannya!

Pimpinan perusahaan merupakan pihak yang begitu berpengaruh pada setiap aspek terkait perusahaan, termasuk pada saham perusahaan. Makanya, tidak heran jika ada perusahaan yang mengalami kenaikan atau penurunan saham karena terjadinya perubahan pimpinan. Simak bagaimana peran pemimpin perusahaan terhadap peningkatan saham pada ulasan di bawah ini. 

Peran dan Tanggung Jawab Peran Pemimpin Perusahaan 

Representasi dari Perusahaan 

Pimpinan perusahaan merupakan representasi alias wajah dari perusahaan. Jadi, bisa dibilang kalau baik atau buruknya perusahaan bisa tergambar melalui cara kerja pimpinan perusahaan tersebut. Pimpinan perusahaan merupakan figur yang akan berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan para investor, konsumen, dan pemegang saham perusahaan lainnya. 

Mengingat perannya sebagai representatif dari perusahaan, seorang pimpinan harus bisa menyampaikan visi dan strategi perusahaan secara efektif pada para pemegang saham utama, sekaligus membangun hubungan yang baik dengan pihak-pihak yang berkepentingan dan potensial bagi kelangsungan perkembangan perusahaan. 

 

Mengambil Keputusan Penting Terkait Jalannya Perusahaan 

Tanggung jawab selanjutnya yang diemban oleh seorang pimpinan perusahaan adalah mengambil keputusan penting yang tepat, terkait dengan jalannya perusahaan. Seorang pimpinan perusahaan harus bisa menimbang dan menakar baik atau buruknya sebuah keputusan, yang mana nantinya keputusan tersebut bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan. 

Pengambilan keputusan-keputusan penting di perusahaan tentu saja melibatkan pimpinan perusahaan. Keputusan yang tepat terkait dengan pengembangan produk baru, akuisisi perusahaan lain, hingga keputusan terkait dengan aset perusahaan, hanya akan bisa diambil dengan terlibatnya suara pimpinan perusahaan di dalamnya. 

 

Menentukan Visi dan Misi Perusahaan 

Seorang pimpinan perusahaan mesti fokus pada pengembangan perusahaan. Pimpinan perusahaan menjadi kunci dalam menentukan visi dan misi apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Jika visi dan misi perusahaan sudah ditentukan, maka segenap bawahan akan bisa bekerja sesuai dengan kapasitasnya, untuk bisa mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan oleh pimpinan perusahaan. 

Dalam hal ini, pimpinan perusahaan harus bisa menentukan apa saja target jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dan harus dicapai oleh perusahaan. Dengan begini, maka perusahaan akan bisa terus berkembang dan tidak hanya jalan di tempat setelah salah satu targetnya berhasil dicapai. Perusahaan jadinya akan terus bergerak untuk mencapai lebih banyak keberhasilan di masa mendatang. 

 

Mengelola Perusahaan secara Keseluruhan 

Meskipun masing-masing departemen di perusahaan sudah memiliki manajernya masing-masing, namun manajemen atau pengelolaan menyeluruh perusahaan dipegang oleh pimpinan perusahaan. Pimpinan perusahaan berperan untuk memantau dan mengevaluasi bagaimana kerja para eksekutif lainnya, sekaligus bagaimana manajemen atas karyawan perusahaan. 

Jika misalnya ada ketidaksesuaian dengan manajemen di perusahaan, maka pimpinan perusahaan bisa memberikan instruksi untuk melakukan perubahan, baik dalam porsi yang sedikit maupun secara keseluruhan. Hal ini dilakukan agar bisa menciptakan manajemen perusahaan yang sehat dan sesuai dengan para pekerja di perusahaan, sehingga mereka bisa sepenuh hati bekerja untuk perusahaan. 

 

Memantau Performa Perusahaan 

Seorang pimpinan perusahaan tentu saja bertanggung jawab untuk memantau bagaimana performa perusahaan. Baik atau buruknya hasil yang diberikan oleh perusahaan, tentu saja merupakan hasil kerja dari pimpinan perusahaan, sehingga dengan melakukan pemantauan performa perusahaan, potensi terjadinya penurunan performa akan bisa dihindari secepat mungkin. 

Pemantauan performa perusahaan juga bisa menjadi cara bagi pimpinan perusahaan untuk melihat hal-hal potensial yang ada di perusahaan. Jika hal potensial itu bisa dimanfaatkan dengan baik, maka akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Dari pemantauan performa perusahaan inilah, pimpinan perusahaan bisa merumuskan strategi pengembangan perusahaan nantinya. 

 

Hubungan Peran Pemimpin Perusahaan dengan Peningkatan Saham di Masa Mendatang

Cara kerja pemimpin perusahaan dalam mengembangkan perusahaan, sekaligus keputusan-keputusan yang diambilnya akan bisa memengaruhi performa saham perusahaan tersebut. Naik atau turunnya performa saham suatu perusahaan bisa bergantung pada bagaimana performa dari pimpinan perusahaan tersebut dalam mengelola perusahaannya, serta hasil yang ditimbulkannya. 

Jika misalnya sebuah perusahaan memiliki pimpinan yang bagus dan bisa mendorong perusahaan tersebut untuk meluncurkan produk-produk yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tentu saja demand akan produk tersebut bisa begitu tinggi. Hal ini kemudian berdampak pada menguatnya harga saham dari perusahaan tersebut. 

Sebaliknya, jika dibawah kepemimpinan pimpinan perusahaan tersebut malah terjadi kemunduran di perusahaan tersebut, dari salah satu atau mungkin hampir keseluruhan aspek, tentu saja hal tersebut akan berdampak buruk pada saham perusahaan. Alhasil, penurunan performa saham pun akan bisa terjadi di masa mendatang. 

Contoh dari hubungan performa pimpinan perusahaan dengan naik atau turunnya saham perusahaan bisa dilihat saat sebuah perusahaan melantik pimpinannya yang baru. Tak jarang saham sebuah perusahaan mengalami penguatan, saat pimpinan perusahaan yang baru dikenal memiliki track record yang bagus dalam kepemimpinannya sebelumnya. 

 

Pantau Saham Perusahaan Incaran dengan RHB Tradesmart ID 

Performa perusahaan yang baik dan stabil bisa menjadi tolak ukur bagi Smart People untuk menjadikan saham perusahaan tersebut sebagai koleksi. Agar lebih bisa dengan mudah menganalisis saham perusahaan untuk dikoleksi, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID, dalam menjalankan aktivitas investasi nantinya. 

RHB Tradesmart ID dilengkapi dengan fitur Smart Analyzer, yang bisa diandalkan untuk menganalisis saham. Padukan dengan fitur Watchlist nantinya, yang bakal membuat Smart People lebih mudah memantau bagaimana performa saham-saham incaran secara real time. Informasi yang diberikan oleh fitur ini bisa jadi dasar dalam mengambil keputusan investasi saham. 

RHB Tradesmart ID merupakan solusi bagi Smart People yang ingin investasi dengan mudah dan ekonomis. Unduh aplikasinya sekarang juga dan mulai investasi hanya dengan modal Rp100.000 saja. 

Sumber: 

Hayes, Adam. 2024, Februari 17. Chief Executive Officer (CEO): What They Do vs. Other Chief Roles. Investopedia. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/c/ceo.asp#:~:text=The%20chief%20executive%20officer%20(CEO,overall%20operations%20of%20a%20company.

Peterdy, Kyle. CEO (Chief Executive Officer). CFI. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://corporatefinanceinstitute.com/resources/career/what-is-a-ceo-chief-executive-officer/

Northwest Executive Education. 2023, September 01. Chief Executive Officer – CEO – Roles and Responsibilities. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://northwest.education/insights/careers/chief-executive-officer-ceo-roles-responsibilities/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal