<< Back

Sebelum Beli, Yuk Kenali Ciri-Ciri Saham Hebat Terlebih Dahulu! 

Ciri-Ciri Saham

Jika ingin berhasil dalam investasi saham, tentu saja Smart People harus menyusun strategi investasi terlebih dahulu. Pada strategi investasi saham tersebut, biasanya akan termasuk memilih saham yang tepat. Dengan memilih saham yang tepat, maka potensi mendapatkan imbal hasil pun akan terbuka lebar. Penasaran apa saja ciri-ciri saham hebat? Yuk cari tahu lewat ulasan ini.

  1. Memiliki Utang yang Rendah 

Saham yang hebat bisa dikenali dari rendahnya atau tidak adanya utang yang dimiliki oleh emiten atau perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Seperti yang Smart People ketahui, jika perusahaan memiliki terlalu banyak utang, maka akan sulit bagi perusahaan untuk mewujudkan cash surplus atau surplus kas, di mana dana masuk lebih besar dari dana keluar. 

Rendahnya utang juga bisa menjadi pertanda bahwa neraca keuangan emiten saham tersebut kondisinya bagus, yang disertai juga dengan kepemilikan aset yang sehat dan uang yang banyak. Kondisi ini nantinya akan membuat perusahaan lebih memiliki kuasa dan fleksibel untuk mengembangkan perusahaannya, tanpa harus tergantung pada modal yang dipinjamkan oleh pihak lain.

  1. Pendapatan Emiten yang Bertumbuh 

Ciri-ciri saham hebat selanjutnya adalah terus bertumbuhnya pendapatan yang diperoleh oleh emiten yang menerbitkan saham. Logikanya saja, jika pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan mengalami peningkatan, tentu saja akan berdampak positif pada saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dengan begini, maka pemegang saham pun akan merasakan imbas positifnya.

Jika pendapatan yang berhasil diperoleh oleh perusahaan terbilang stagnan atau malah mengalami penurunan, tentu saja akan sulit bagi perusahaan untuk bisa berkembang dan menjalankan rencana-rencana yang telah disusunnya. Bukan tidak mungkin juga, akan terjadi kegagalan dalam menjalankan perusahaan tersebut.  

  1. Dividen yang Bertumbuh

Dividen merupakan pembagian pendapatan perusahaan pada para pemegang sahamnya. Dividen ini akan dibagikan secara berkala pada para pemegang saham, dengan jumlah yang bervariasi sesuai dengan kebijakan perusahaan. Semakin besar dividen dan semakin banyak saham yang dimiliki, maka akan semakin besar pula pendapatan pasif dari investasi saham yang bisa didapatkan.

Patut dipahami bahwa tidak semua emiten saham membagikan dividen. Namun, emiten saham yang membagikan dividen pada pemegang sahamnya, dengan jumlah dividen yang menunjukkan pertumbuhan secara positif, menandakan kalau saham tersebut merupakan saham yang bagus. Pasalnya, bertambahnya dividen tentu menandakan bahwa pendapatan perusahaan pun meningkat.

  1. Target Pasar Emiten yang Luas 

Ciri-ciri saham hebat selanjutnya adalah emitennya memiliki target pasar yang luas. Target pasar merupakan orang-orang yang berkemungkinan besar membeli produk atau jasa dari emiten saham tersebut. Semakin luas target pasarnya, tentu potensi meningkatnya pendapatan emiten saham juga akan semakin besar, yang kemudian berefek positif pada performa saham. 

Maka dari itu, saat akan memilih saham untuk dikoleksi, pastikan lagi target pasar dari emiten saham tersebut. Luasnya target pasar mungkin tidak akan mendatangkan pendapatan besar dalam waktu singkat. Namun, bisa dipastikan potensi perusahaan untuk terus berkembang ke depannya jauh lebih besar, sehingga perusahaan tetap bisa bertahan dalam jangka waktu lama dan menghasilkan.

  1. Emiten Punya Pricing Power 

Saham yang hebat biasanya juga ditandai dengan emitennya yang punya pricing power. Pricing power merujuk pada kemampuan emiten atau perusahaan dalam menaikkan harga produk atau jasanya, tanpa menurunkan demand atau permintaan atas produk atau jasanya. Maknanya, konsumen tetap akan membeli produk atau jasa tersebut, walau harganya naik. 

Dengan adanya pricing power ini, perusahaan jadi tidak perlu menanggung sendiri biaya produksi yang besar, melainkan melimpahkannya pada konsumen dalam bentuk kenaikan harga. Alhasil, perusahaan tidak akan terseok-seok dalam hal keuangan. Pricing power ini nantinya akan bisa mendukung perkembangan perusahaan untuk jangka panjang. 

  1. Manajemen Perusahaan yang Bertalenta dan Solid

Perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik jika orang-orang yang bekerja untuk perusahaan tersebut tidak bertalenta dan tidak bersungguh-sungguh dalam membangun perusahaan. Makanya, tidak mengherankan jika saham yang bagus akan bisa dihadirkan oleh emiten atau perusahaan yang manajemennya bertalenta, mumpuni, dan solid. 

Lantas, bagaimana cara untuk menentukan bagus atau tidaknya manajemen dari perusahaan tersebut? Smart People bisa cari tahu sepak terjang atau pengalaman yang dimiliki oleh pimpinan perusahaan tersebut. Selain itu, cari tahu juga kriteria karyawan yang direkrut oleh perusahaan tersebut, sehingga nantinya bisa disimpulkan bagaimana kualitas yang dimiliki oleh para pekerjanya. 

Investasi Saham Hebat dengan RHB Tradesmart ID 

Setelah mengetahui ciri-ciri saham hebat dari ulasan di atas, saatnya bagi Smart People untuk memilih saham hebat yang sesuai dengan Smart People. Untuk memudahkan Smart People dalam memilih saham hebat untuk kebutuhan investasi nantinya, Smart People bisa gunakan RHB Tradesmart ID yang merupakan aplikasi investasi dan trading saham yang mudah digunakan.

Dengan pakai RHB Tradesmart ID, Smart People bakal bisa lebih mudah menganalisis performa saham di pasar saham, sehingga pengambilan keputusan untuk mengoleksi saham tersebut atau tidak akan terasa lebih mudah. Selain itu, RHB Tradesmart ID juga memungkinkan Smart People untuk investasi saham dengan biaya yang ekonomis, karena adanya fitur Smart Fee dan Smart Rate. 

RHB Tradesmart ID merupakan solusi bagi Smart People yang masih pemula di bidang investasi saham dan ingin mencari aplikasi investasi saham dengan biaya yang ekonomis. Unduh aplikasinya, lalu manfaatkan seluruh fitur unggulannya. 

Sumber: 

Fischer, Jeff. (2017, April 06). 5 Traits of Great Stocks. The Motley Fool. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2023 melalui https://www.fool.com/investing/general/2009/06/15/five-traits-of-great-stocks.aspx

Cabot Wealth Network Team. (2023, Oktober 05). Nine Characteristics of Good Growth Stocks. Cabot Wealth Network. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2023 melalui https://www.cabotwealth.com/daily/growth-stocks/nine-characteristics-great-growth-stocks

Fuscaldo, Donna. (2022, September 30). 5 Characteristics of Good Growth Stocks. Investopedia. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2023 melalui https://www.investopedia.com/articles/investing/010616/5-characteristics-good-growth-stocks.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal