<< Back

Screening Saham, Penting Dilakukan Tapi Sering Dilupakan!

Setiap investor tentu ingin agar saham yang dipilihnya sesuai dengan kebutuhan finansialnya. Agar bisa memperoleh saham yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan screening saham atau stock screening. Simak ulasan mengenai screening saham berikut dengan cara melakukannya di bawah ini. 

Apa Itu Screening Saham

Screening saham atau dikenal juga dengan istilah stock screening merujuk pada proses pencarian perusahaan atau emiten yang sesuai dengan kriteria finansial investor atau trader. Proses pencarian ini dilakukan dengan menggunakan stock screener, yang nantinya akan fokus mencari dan menemukan saham-saham perusahaan yang sesuai dengan standar dan strategi investasi. 

Agar stock screener nantinya bisa efektif dalam menyaring saham-saham perusahaan yang sesuai dengan kriteria, pastikan kriteria perusahaan yang ingin dicari sifatnya spesifik. Misalnya saja, bidang industri yang ditekuni oleh perusahaan, tipe saham perusahaan, rentang rasio P/E yang bisa diterima, dan masih banyak lagi kriteria spesifik lainnya. 

Stock screener nantinya akan menyaring saham-saham perusahaan berdasarkan faktor-faktor yang bisa dihitung, misalnya seperti nilai kapitalisasi pasar, pendapatan, volatilitas, persentase laba bersih, sekaligus performa rasio P/E. Hasil dari stock screener ini nantinya bisa menjadi dasar bagi investor untuk melakukan analisis kuantitatif atas saham-saham perusahaan. 

Manfaat Melakukan Screening Saham 

  1. Hemat Waktu Menganalisis Saham 

Pada bursa saham, ada begitu banyak saham perusahaan yang tersedia untuk dipilih. Tentu saja, bukan perkara gampang untuk memilih saham yang tepat untuk dikoleksi sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Investor akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk memilih saham yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan jika pemilihan dilakukan secara manual. 

Adanya tool khusus untuk screening saham  memungkinkan investor untuk menghemat waktunya dalam menyaring dan memilih saham-saham yang tepat dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Dengan menginput kriteria apa saja yang diinginkan dari sebuah saham, stock screener nantinya akan beroperasi secara otomatis untuk menemukan saham-saham sesuai kriteria tersebut. 

  1. Menghindari Bias Emosi dalam Memilih Saham 

Manfaat lainnya dari keberadaan stock screener yang digunakan untuk screening saham adalah menghindari pemilihan saham berdasarkan bias emosi. Bias emosi atau keterlibatan sisi emosional investor dalam berinvestasi memang bukanlah hal yang baru. Sayangnya, bias emosi ini kerap kali membuat investor mengambil keputusan bukan karena pertimbangan atas data di lapangan. 

Dengan menggunakan stock screener, maka daftar saham yang ditampilkan akan murni berdasarkan kriteria yang diinginkan. Maknanya, tidak ada campur tangan sisi emosional dalam pemilihan saham tersebut. Para investor akan terhindar dari keputusan investasi yang tidak logis dan sesuai dengan data di lapangan, yang mana biasanya hal itu berdampak buruk pada potensi imbal hasil. 

  1. Kesempatan Menemukan Saham yang Potensial 

Screening saham juga bermanfaat bagi para investor dalam hal menemukan saham-saham yang sifatnya potensial. Bisa jadi saham-saham ini sebelumnya tidak masuk radar investor sebelumnya alias investor tidak mengetahui eksistensi saham tersebut. Namun, pada saat penyaringan saham, ternyata saham potensial tersebut memenuhi kriteria saham yang diinginkan oleh para investor. 

Menemukan saham potensial dengan menggunakan stock screener ibarat menemukan harta karun. Para investor bisa menemukan saham yang sifatnya undervalued alias saham yang harga intrinsiknya lebih mahal dibandingkan dengan harga pasarannya. Saham-saham seperti inilah yang bisa ditemukan dengan melakukan screening saham

  1. Potensi Meningkatkan Imbal Hasil Investasi 

Tujuan utama dilakukannya screening saham adalah untuk menemukan saham-saham yang sesuai dengan kriteria investornya. Nah, tentu saja tujuan dari seorang investor saham adalah untuk meningkatkan imbal hasil investasinya. Hal inilah yang kemudian bisa dicapai oleh para investor dengan melakukan screening saham terlebih dahulu sebelum membeli dan mengoleksi saham. 

Saham-saham pilihan merupakan saham-saham terbaik versi para investor yang diyakininya akan bisa membantunya untuk mencapai tujuan investasinya, baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi, potensi didapatkannya imbal hasil yang diinginkan dengan mengoleksi saham hasil screening akan bisa lebih besar. 

  1. Memperoleh Informasi Terbaru Seputar Saham 

Manfaat lainnya yang juga bisa didapatkan dari screening saham dengan stock screener adalah informasi terbaru mengenai saham secara rutin. Biasanya, stock screener memang memberikan informasi terbaru terkait dengan suatu saham, misalnya seperti pergerakan harga saham, laporan finansial berkala dari emiten saham. 

Informasi yang disediakan oleh stock screener tersebut tentu bisa jadi bahan pertimbangan juga bagi para investor dalam memilih saham. Bagaimana pun juga, informasi-informasi terkait dengan saham itu akan bisa memengaruhi harga saham. Jadi, sembari memilih saham untuk dikoleksi, investor juga bakal terus memperoleh informasi terbaru dari saham-saham yang sudah diincarnya. 

Pantau Saham Hasil Screening dengan RHB Tradesmart ID 

Agar bisa menemukan saham-saham yang sesuai dengan kriteria yang Smart People inginkan, Smart People bisa gunakan layanan stock screener yang saat ini sudah banyak tersedia. Nantinya, saham-saham hasil screening ini bisa Smart People pantau secara real time pergerakannya, hanya dengan menggunakan aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. 

Pemantauan saham secara real time ini bisa terjadi karena adanya fitur Watchlist yang disediakan oleh RHB Tradesmart ID. Dengan mengakses fitur ini, maka saham-saham pilihan hasil screening sebelumnya akan bisa langsung ditampilkan, sehingga Smart People tidak perlu repot untuk mencari informasi terkait dengan saham secara satu persatu. 

Mulai investasi saham Smart People dari sekarang dengan menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya secara gratis dan manfaatkan fitur SMART guna memaksimalkan imbal hasil investasi saham. 

Sumber: 

McClellan, Jaclyn. 2018, September 11. Why Stock Screening Is an Important Tool for Investors. The Motley Fool. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://www.fool.com/investing/2018/09/11/why-stock-screening-is-an-important-tool-for-inves.aspx

Beers, Brian. 2023, Juli 02. Getting Started With Stock Screeners. Investopedia. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://www.investopedia.com/investing/getting-started-with-stock-screeners/

Bohen, Tim. 2024, Februari 27. What’s a Stock Screener and Why Do You Need One? Stockstotrade. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://stockstotrade.com/best-screeners/whats-a-stock-screener/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal