<< Back

Saham Perusahaan Dampak Boikot: 3 Saham Perusahaan Ini Kena Boikot di Tahun 2023-2024, Kenapa?

Saham Perusahaan Dampak Boikot

Saat ini, gerakan boikot terhadap sejumlah saham perusahaan dan produk yang berafiliasi dengan Israel masih terus terjadi. Berbagai saham perusahaan dampak boikot bahkan dikabarkan anjlok dan tidak menunjukkan perkembangan yang baik.. 

Pengertian Boikot

Istilah boikot diketahui mempunyai sejarah panjang sebagai salah satu cara protes yang efektif. Kata boikot sendiri disinyalir berasal dari nama pengusaha Inggris, Charles C. Boycott yang pada tahun 1880 mendapatkan protes dari para petani di Irlandia selama periode perjuangan politik dan agraria.

Berdasarkan sejarahnya tersebut, dapat diketahui jika boikot adalah suatu tindakan atau strategi yang dijalankan oleh sejumlah orang atau kelompok masyarakat guna mengekspresikan protes dan ketidaksetujuan terhadap suatu hal, entitas, atau produk.

Aksi protes ini banyak dilakukan dengan menghindari atau menolak untuk terlibat dengan hal-hal yang berhubungan dengan suatu produk. Hal ini biasanya dijalankan sebagai respon atas segala tindakan yang bertentangan dengan nilai, etika, atau pandangan tertentu.

Masyarakat yang melakukan pemboikotan suatu hal sudah pasti mempunyai tujuan sebagai sarana untuk mengubah kebijakan atau praktik bisnis. Tekanan publik melalui boikot juga dapat mempengaruhi opini dan reaksi publik guna memicu perusahaan yang diboikot melakukan sesuatu.

Dampak Boikot Terhadap Perusahaan dan Saham

Aksi boikot diketahui telah berdampak pada berbagai performa bisnis dan brand. Tidak jarang, aksi tersebut juga membuat tekanan pada kinerja perusahaan. Secara umum, berikut beberapa dampak yang bisa terjadi dengan adanya saham perusahaan dampak boikot tersebut:

1. Tekanan penjualan dan bisnis perusahaan

Kinerja perusahaan yang tertekan menjadi salah satu dampak yang paling terasa, terlebih jika perusahaan tersebut dianggap sebagai bagian dari organisasi yang diboikot. Sebagai contoh, terdapat beberapa perusahaan yang terkena imbas boikot akibat perang Israel-Hamas.

Sejumlah perusahaan yang dianggap berafiliasi dengan Israel dilaporkan mengalami penurunan kinerja, terutama dalam hal penjualan produk, menurunnya laba, hingga pemutusan kerja. Hal ini dikarenakan masyarakat menghindari produknya sebagai respon atas situasi geopolitik yang terjadi.

Beberapa perusahaan bahkan disebut-sebut menarik produk dan tenant di beberapa negara pemboikot. Hal ini tentu berdampak kurang baik terhadap performa hingga laba yang diharapkan, bahkan terdapat perusahaan yang mengalami kerugian miliaran dollar AS.

2. Penurunan performa saham perusahaan

Selain berpengaruh terhadap penjualan produk dan keuntungan perusahaan, adanya boikot juga secara tidak langsung mempengaruhi kinerja saham emiten yang bersangkutan. Meski demikian, tidak sedikit perusahaan yang sahamnya tetap dalam ambang aman meskipun sempat terjadi penurunan.

Meski demikian, beberapa ahli ekonomi melihat bahwa sentimen penurunan harga saham lebih bersifat jangka pendek. Hal ini karena reaksi sesaat dari pelaku pasar dalam melihat kondisi yang muncul. Dengan demikian, harga saham yang turun tidak mempengaruhi kinerja fundamental.

Daftar Perusahaan yang Terkena Boikot 2023-2024

Selama tahun 2023 hingga awal 2024, aksi boikot marak terjadi akibat adanya invasi militer Israel ke wilayah Gaza, Palestina. Beberapa perusahaan yang dianggap mendukung dan terafiliasi dengan Israel tidak luput dari aksi pemboikotan ini. Berikut sejumlah perusahaan yang terkena imbas boikot:

1. PT MAP Boga Adiperkasa, Tbk (MAPB)

MAPB dikenal sebagai perusahaan Indonesia pengelola merek-merek besar seperti Starbucks yang masuk dalam daftar boikot. Pada 2023 lalu, saham ini sempat mengalami penurunan semenjak adanya seruan boikot pada produk yang dianggap terafiliasi dengan Israel. Dalam 6 bulan terakhir di 2023, saham MAPB tercatat anjlok hingga lebih dari 8%.

2. Unilever (UNVR)

Produk dan saham perusahaan dampak boikot selanjutnya yakni dari Unilever yang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang menjual berbagai produk kebutuhan rumah tangga. Pada kuartal ketiga 2023 lalu, kinerjanya dilaporkan menurun hingga 15% akibat pengaruh sentimen investor dan keputusan yang diambil perusahaan terhadap isu geopolitik Israel.

3. Mitra Adiperkasa (MAPI)

MAPI merupakan distributor sejumlah merek sepatu seperti Adidas dan Nike yang sama-sama masuk ke dalam daftar boikot di berbagai negara. Dalam beberapa bulan terakhir, saham MAPI tercatat mengalami fluktuasi, bahkan sempat melemah sebesar 0,60%.

Tips Mengatasi Boikot Terhadap Suatu Perusahaan

Reaksi emosional mengenai boikot memang cukup wajar, namun sebagai konsumen ada baiknya jika Smart People bersikap secara bijaksana. Banyak anggapan bahwa membeli dan menggunakan produk dari perusahaan yang dianggap berafiliasi dengan Israel sama dengan mendukung genosida.

Kita perlu membaca, merinci, dan memahaminya secara jelas agar apa yang akan dilakukan tidak berdampak dan merugikan orang banyak. Dampak yang dimaksud dapat berupa membuat ekonomi negara terganggu, tenaga kerja banyak yang di-PHK, dan sebagainya.

Sejumlah ahli mengatakan bahwa sebenarnya terdapat cara lain yang dapat dilakukan selain melakukan boikot tanpa merugikan masyarakat kita sendiri yang bekerja di sektor tersebut. Salah satunya dengan mendesak militer Israel untuk menghentikan aksinya melalui jalur diplomasi.

Itulah beberapa hal mengenai pemboikotan saham dan apa saja saham perusahaan dampak boikot yang terpengaruh. Sebagai investor, akan lebih baik jika Smart People bijak memilih saham-saham dengan tetap mempertimbangkan potensi imbal hasil yang maksimal dan fundamental yang baik.

Guna memastikan saham-saham mana saja yang bisa dipilih, Smart People bisa menggunakan RHB Tradesmart ID yang dibekali dengan berbagai fitur terbaik namun tidak mudah lag. Jadi tunggu apa lagi, segera download RHB Tradesmart ID di PlayStore atau AppStore sekarang juga!

 

Referensi:

Fahusni, Febrian. (2023). Pengaruh Boikot Produk Israel, 6 Harga Saham Perusahaan Anjlok. Selular.ID

Marzuqi, Abdillah M. (2023). Masyarakat Diminta Bijak Sikapi Ajakan Boikot Produk. MediaIndonesia.com

Tim Editor. (2023). Arti Boikot, Tujuan, Contoh, dan Dampaknya. Kumparan.com

Tim Redaksi. (2023). Dampak Boikot Produk Israel terhadap Sejumlah Perusahaan. Bloombergtechnoz.com

Wulandhari, Retno. (2023). Dampak Seruan Boikot Israel, Begini Nasib Saham Distributor Adidas Hingga Pizza Hut. Republika.co.id

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal