<< Back

Saham Apa Yang Tepat Untuk Gen Z?

Saham Gen Z

Saham merupakan aset investasi yang bisa dibilang begitu menjanjikan hasilnya. Makanya, tidak salah jika investasi saham begitu direkomendasikan, terkhusus untuk generasi yang saat ini sedang menikmati masa mudanya yaitu Gen Z. Mengapa investasi saham Gen Z penting sifatnya untuk dimulai dari sekarang? Yuk simak alasannya pada ulasan di bawah ini.  

Alasan Pentingnya Investasi Saham bagi Gen Z  

  1. Membiasakan Investasi Sedari Dini 

Gen Z merupakan generasi yang berisikan orang-orang yang lahir di periode tahun 1997 hingga 2012. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Gen Z didominasi oleh para remaja dan dewasa awal. Pada usia yang masih terbilang dini tersebut, tentu saja akan sangat bagus jika mereka sudah dibiasakan untuk menabung atau berinvestasi alih-alih menggunakan uangnya untuk hal yang tidak perlu.  

Apalagi bagi Gen Z yang sudah mulai bekerja dan menghasilkan uang untuknya sendiri. Investasi saham tidak hanya bisa jadi sarana untuk belajar investasi, namun juga sebagai simpanan yang nilainya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan bisa digunakan nanti sewaktu-waktu dia membutuhkan dana tambahan.  

  1. Jadi Tangga Menuju Kebebasan Finansial 

Saham kerap kali disebut sebagai aset dengan potensi imbal hasil yang besar jika dibandingkan dengan aset investasi lain seperti deposito, reksadana, emas, dan lainnya. Tidak hanya dari capital gain atau selisih harga penjualan dengan pembeliannya saja, namun investor saham juga bisa memperoleh pendapatan pasif dalam bentuk dividen. 

Dengan adanya investasi berupa saham, para Gen Z bisa lebih cepat menaiki tangga menuju kebebasan finansial. Alih-alih bekerja untuk waktu yang begitu lama, Gen Z bisa menikmati masa pensiun yang lebih cepat disebabkan karena dana pensiun dari investasi sahamnya yang sudah mulai dikumpulkan dari waktu yang lama. 

  1. Peluang Memperoleh Pendapatan Pasif 

Investasi dalam bentuk saham memungkinkan Gen Z untuk bisa memperoleh pendapatan pasif. Alih-alih bekerja untuk mendapatkan uang, malah uang yang diinvestasikannya bekerja untuk menghasilkan pundi-pundi tambahan bagi Gen Z. Pendapatan pasif dari investasi saham bisa Gen Z peroleh dari dividen yang dibagikan oleh emiten atau perusahaan secara berkala. 

  1. Mendukung Pengelolaan Keuangan 

Investasi saham akan bisa mendukung Gen Z dalam mengelola keuangannya sebaik mungkin. Jika sudah terbiasa investasi saham, maka Gen Z akan secara rutin menyisihkan sebagian pemasukannya untuk kebutuhan investasi tersebut. Pos-pos pengeluaran akan tertata dengan baik, sehingga kecenderungan untuk bersifat konsumtif pun akan bisa dihindari. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Gen Z Memulai Investasi Saham? 

Tidak ada patokan waktu tertentu bagi Gen Z untuk memulai investasi saham. Semakin cepat Gen Z memulai investasi saham, tentu saja potensi imbal hasil investasinya akan semakin besar. Jadi, jika Smart People sebagai Gen Z merasa sudah bisa mulai menyisihkan uang untuk diinvestasikan dalam bentuk saham, segeralah realisasikan investasi tersebut. 

Cara Mengajak Gen Z untuk Memulai Investasi Saham 

  1. Ceritakan Pengalaman Sukses Investasi Saham 

Jika Smart People ingin mengajak Gen Z untuk memulai investasi saham, Smart People bisa sharing atau berbagi pengalaman seputar investasi saham yang lebih dulu Smart People jalankan. Agar Gen Z makin bisa yakin untuk memulai investasi saham, Smart People bisa ceritakan bagaimana investasi saham bisa membantu Smart People dari segi finansial.  

  1. Beritahu Mudahnya Memulai Investasi Saham 

Gen Z itu sifatnya menyukai suatu hal yang mudah dan praktis. Makanya, jika ingin mengajak Gen Z untuk memulai investasi saham, paparkan kemudahan untuk memulai investasi saham. Beritahukan pada Gen Z bahwa sekarang ini investasi saham bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone, yang bisa dengan mudah mereka akses kapan dan di mana saja berada. 

  1. Bagikan Konten Media Sosial Tentang Pentingnya Investasi 

Gen Z dan media sosial merupakan dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Media sosial bisa dibilang merupakan sumber informasi utama bagi Gen Z. Maka dari itu, Smart People bisa coba untuk membagikan konten-konten akan pentingnya investasi saham yang ada di media sosial pada Gen Z. 

Mengingat Gen Z itu juga cenderung bersifat FOMO (Fear of Missing Out) alias takut ketinggalan hal yang sedang tren saat ini, Smart People bisa bagikan konten di media sosial yang memang menginformasikan bagaimana antusiasme dari Gen Z lainnya di luar sana untuk memulai investasi saham. Cara ini diharapkan bisa mengajak Gen Z untuk mulai investasi saham. 

Rekomendasi Saham untuk Pemula dan Gen Z 

Jika Smart People merupakan Gen Z yang baru akan memulai investasi saham, saham tipe blue chip dan saham dividen bisa dijadikan pilihan untuk awal perjalanan investasi. Kedua saham ini terbilang sebagai saham yang aman untuk dimiliki, karena risikonya yang terbilang lebih rendah dibandingkan dengan tipe saham lainnya. 

Mulai Investasi Saham Gen Z dengan RHB Tradesmart ID 

Kemudahan memulai investasi saham bisa dirasakan oleh Gen Z dengan menggunakan RHB Tradesmart ID, aplikasi investasi dan trading saham online. Aplikasi ini ramah akan investor pemula, sehingga meskipun Gen Z baru menyelami aktivitas investasi saham, Gen Z tidak akan merasa kagok dalam melakukannya. 

Dalam rangka membantu aktivitas investasi saham penggunanya, RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur SMART. Salah satu fitur SMART, Smart Analyzer, secara khusus dihadirkan untuk mendukung penggunanya dalam menganalisis saham. Selain itu, ada juga fitur lain seperti Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. 

Mulai investasi saham Gen Z dari sekarang menggunakan RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya dan rasakan pengalaman investasi saham yang mudah dan ekonomis. 

Sumber: 

Wijayanti, Ratih Ika. 2022, Maret 04. Dear Milenial, Ini 5 Manfaat Investasi sejak Dini untuk Masa Depan. IDX Channel. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.idxchannel.com/milenomic/dear-milenial-ini-5-manfaat-investasi-sejak-dini-untuk-masa-depan/4

Brown, Janet. 2019, Desember 10. 4 Ways To Inspire Young People To Invest. Forbes. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.forbes.com/sites/investor/2019/12/10/share-the-wealth-4-ways-to-inspire-young-people-to-invest/?sh=3752d12e4ceb

Tim Sikapi Uangmu OJK. 2023, November 09. SAHAM BLUE CHIP DAN SAHAM DIVIDEN, DUA JENIS SAHAM YANG COCOK UNTUK INVESTOR KONSERVATIF. Sikapi Uangmu OJK. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40825

 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal