<< Back

Resolusi Keuangan 2022, Apa Saja yang Sudah dan Belum Kamu Penuhi?

keuangan 2022

Waktu berjalan begitu cepat sampai tidak terasa tahun baru 2023 sudah semakin dekat. Apakah Smart People masih ingat dengan resolusi keuangan yang dibuat tahun lalu seperti belajar investasi saham, menabung untuk dana darurat, atau lainnya?

Di sisa waktu tahun 2022 yang tinggal dua minggu ini mari ingat kembali resolusi keuangan yang dulu dibuat dengan begitu semangat. Sambil, dihitung ya apa saja yang sudah dan belum tercapai!

Bagaimana Kabar Resolusi Keuangan 2022?

Memang banyak orang yang begitu bersemangat ketika membuat resolusi baru di tahun baru. Namun, seringkali tidak semua yang ada di daftar tersebut bisa tercapai. Sambil menunggu sisa 2022, yuk hitung-hitung resolusi keuangan yang mana yang sudah dicapai dan yang belum.

Menabung dana darurat

Setiap orang sebaiknya memiliki tabungan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Salah satu jenis tabungan yang cukup penting untuk dimiliki adalah tabungan dana darurat. Tabungan yang bisa dipakai hanya untuk kondisi buruk seperti kehilangan pekerjaan, sakit, krisis utang, dan lain sebagainya.

Seperti saat pandemi yang tidak terduga-duga, dana darurat akan sangat membantu. Oleh sebab itu, sebaiknya kumpulkan dana darurat. Smart People cukup mengalokasikan sekitar 10% dari pendapatan setiap bulan.

Pisah dana darurat di rekening berbeda dan jangan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bagaimana, di penghujung tahun ini sudah mengumpulkan dana darurat yang cukup?

Mengelola utang

Utang kerapkali dapat menyelamatkan seseorang yang kekurangan dana atau modal. Namun, utang juga bisa menjadi alat yang dapat menghancurkan kondisi keuangan.

Mengelola utang dengan bijak adalah hal penting agar kondisi finansial tetap sehat. Mengelola utang bisa dilakukan dengan cara menutup kredit sebelum mengambil kredit baru, melunasi tagihan yang terlalu tinggi, atau bahkan membayar semua utang.

Smart People perlu mendahulukan hutang agar lekas untuk mencapai tujuan keuangan. Jika utang sudah dikelola dengan baik atau mungkin dilunasi, uang yang lain bisa digunakan untuk kebutuhan atau untuk belajar investasi saham. Sudah terwujudkah resolusi Smart People di tahun 2022 untuk mengelola utang?

Berinvestasi

Selain menabung, investasi juga perlu agar dapat mewujudkan resolusi keuangan yang lebih baik. Ada beragam instrumen yang bisa dipilih untuk investasi. Misalnya saja reksadana, deposito, emas, hingga saham.

Investasi memang harus disesuaikan dengan profil risiko Smart People sebagai investor. Bagi investor yang termasuk agresif, investasi di bursa saham yang cukup menantang.

Seperti yang diketahui, saham menjadi instrumen investasi yang tinggi peluangnya dan tinggi juga risikonya. Jadi, apakah Smart People sudah memiliki investasi saham seperti resolusi yang dibuat pada awal 2022 silam?

Tips Menggunakan Sisa Beberapa Hari untuk Memenuhi Resolusi Keuangan 2022

Sisa beberapa hari masih cukup untuk Smart People kembali fokus dengan resolusi keuangan yang sudah dibuat. Jika tidak bisa menghabiskan semua resolusi keuangan, setidaknya bisa memperbanyak resolusi yang tercapai sebelum 2022 berakhir. Lakukan tips berikut ini untuk mencapai finansial yang lebih baik.

Mulai menyiapkan catatan keuangan

Jangan hanya dihitung di angan-angan saja, mulai buat catatan keuangan. Smart People bisa mencatat berapa pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Dengan membuat catatan seperti ini, Smart People akan lebih mudah untuk melacak arus uang masuk dan mengatur pengeluaran.

Membuat anggaran bulanan

Buat anggaran bulanan supaya lebih mudah untuk mengetahui berapa aliran uang keluar dan untuk apa saja pengeluaran tersebut dilakukan. Membuat anggaran bulanan idealnya adalah 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan pribadi, dan 20% untuk lain-lain.

Lain-lain dalam pos anggaran bulanan ini adalah uang yang diperuntukkan khusus untuk menabung, membayar cicilan, dan investasi. Membagi anggaran bulanan dapat menjadi langkah kecil untuk mengelola kondisi keuangan.

Hindari pola hidup konsumtif

Jika Smart People ingin memenuhi resolusi keuangan seperti memiliki tabungan, investasi, atau lainnya, maka sebaiknya hindari dulu gaya hidup yang konsumtif. Selektif setiap kali Smart People berbelanja agar tidak terlalu boros dan bisa mulai belajar investasi saham seperti yang sudah menjadi resolusi di awal tahun.

Bijak menggunakan dana darurat

Apabila Smart People sudah memiliki dana darurat, jaga dengan baik-baik. Gunakan dengan bijak dan hanya untuk kondisi yang benar-benar mendesak saja.

Konsisten

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan dalam bulan-bulan terakhir di 2022 ini adalah disiplin dan konsisten. Buat catatan dan atur pengeluaran setiap bulannya.

Cari tambahan pemasukan

Jika masih banyak resolusi keuangan yang belum tercapai, Smart People mungkin membutuhkan tambahan penghasilan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti bekerja paruh waktu atau investasi saham.

Siapkan finansial Smart People dengan investasi saham di RHB TradeSmart ID. Ada fitur menarik yaitu Smart Points untuk mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan di aplikasi. Poin ini bisa ditukar ke saldo gopay lho.

Transaksi saham lebih lancar karena aplikasi RHB Tradesmart ID yang stabil. Smart People tidak perlu khawatir transaksi terganggu karena aplikasi ini jarang lag.  

Jadi, bagaimana resolusi keuangan 2022 yang sudah dibuat dulu? Masih banyak yang belum terpenuhi atau sudah semuanya?  Tidak ada kata terlambat untuk belajar investasi saham agar bisa memenuhi resolusi 2022 yang masih tersisa. Meski tidak harus semuanya terpenuhi setidaknya dua bulan terakhir ini bisa mengurangi resolusi yang belum terwujud.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal