<< Back

Performa Saham e-Commerce Awal 2023, Siapa yang Terkuat?

Saham E-Commerce

Investasi saham masih menjadi pilihan tepat di tahun 2023 ini. Salah satu jenis saham yang bisa Smart People pilih untuk dimasukkan ke portofolio adalah saham e-commerce. Ada beberapa kandidat saham e-commerce yang posisinya semakin stabil di awal tahun 2023. Mari cari tahu apa saja pilihan saham e-commerce yang potensial saat ini dan siapa yang menduduki posisi terkuat!

Potensi Saham e-Commerce 2023

Ada banyak pilihan saham e-commerce yang sebenarnya sudah beredar di pasar saham. Namun Smart People pasti paham kalau tidak semua saham tersebut potensial dan bisa memberi imbal hasil yang optimal. Di awal tahun 2023 ini, Smart People bisa mulai membidik saham-saham e-commerce dengan catatan perlu melihat seperti apa performanya. 

Sebenarnya di awal tahun 2023 ini pergerakan saham masih belum menunjukkan angka yang signifikan. Termasuk untuk saham e-commerce apalagi e-commerce dalam negeri yang terlihat masih lesu. Namun tidak ada salahnya untuk menganalisis pergerakannya, siapa tahu bisa memiliki potensi yang besar. 

Sejauh ini, GoTo dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk memang juaranya untuk perusahaan dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia. Dengan service ondemand, e-commerce, dan teknologi finansial, GoTo menyumbangkan total 2% dari Produk Domestik Bruto/Gross Domestic Product (GDP) Indonesia.

Di September 2022, total transaksi penggunanya mencapai 67 juta, mendorong Nilai Transaksi Bruto atau Gross Transaction Value (GTV) ke Rp451 triliun. Pada Kuartal-III 2022, marjin kontribusi juga membaik, dari -2,2% menjadi -0,7%. Target Kuartal-IV 2022? Ada di angka -0,5%

Sementara itu, BUKA juga menunjukkan peluang profit di tahun 2023 ini. Sinyal profitabilitas tersebut didapatkan dari kemampuan BUKA dalam menjaga pertumbuhan positif TPV (Total Processing Value) dan pendapatan di kuartal-III 2022. Di bulan Desember tahun lalu, saham ini menaikkan asumsi laba untuk tahun 2023 mendatang. 

Penyebabnya? BUKA sedang gerak cepat. Mereka melakukan beberapa strategi seperti efisiensi biaya, menaikkan tarif aplikasi (contribution margin/CM), dan mengubah strategi untuk lebih fokus ke segmen spesifik yang minim kompetisi. 

Selain itu, posisi kas BUKA masih mencukupi untuk membiayai aktivitas operasionalnya. Meski begitu, di awal 2023, BUKA memperlihatkan penurunan harga saham. . 

Lanjut ke saham BELI dari PT Global Digital Niaga Tbk. Nilai saham mereka juga mengalami penurunan sebesar 2,17% di awal tahun 2023. Ini merupakan fakta yang mengecewakan karena BELI sempat menunjukkan performa yang bagus di akhir tahun 2022 lalu. Saham ini mulai melantai di awal November 2022 dan mengalami peningkatan nilai sebanyak 4,44% sampai akhir tahun.

Mari lihat peluang yang diberikan oleh BUKA.  Di awal Januari 2023 lalu saham ini membuka harga di angka 262. Sejauh ini harga tertinggi ada di tanggal 3 Februari dengan angka 304. Sementara itu untuk update terakhirnya, BUKA ada di angka 264 pada tanggal 20 Februari.  Lain halnya dengan GOTO yang tampaknya mulai menunjukkan peningkatan yang potensial. Apakah GOTO di jalan menuju profitabilitas?

Secara valuasi, GOTO saat ini diperdagangkan 80,5% lebih tinggi dari rata-rata industrinya. Nilai wajar Sahamin di Rp125 – 87% lebih tinggi dari rata-rata industrinya – mengingat bobotnya di IHSG dan potensi kenaikan pendapatan di 2023. 

Masih bisa lebih ngebut, kah? Dari perkiraan Sahamin, bisa. Seiring pendapatannya dari Tokopedia dan pertumbuhan stabil dari Gojek.

Tips Investasi Saham e-Commerce

Perlu dicatat bahwa performa saham-saham e-commerce tadi tidak berpengaruh pada potensi yang diberikan di masa depan. Jadi bisa saja saham-saham e-commerce yang sedang lesu saat ini menunjukkan peningkatan yang signifikan di masa depan. Jika Smart People memang tertarik untuk berinvestasi di aset ini, mari simak apa saja tips yang bisa diterapkan. 

  1. Simak Market Data secara Real Time

Pertama-tama, lakukan analisis market data secara real time. Cari informasi market data yang paling akurat dan update. Ini sangat penting mengingat pergerakan saham itu begitu cepat atau fluktuatif. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa performa saham saat ini atau di waktu yang lalu belum tentu sama dengan performa di masa yang akan datang. 

Singkatnya, performa saham di masa sekarang belum tentu sama dengan performa di masa depan. Jika fundamental saham tersebut bagus, maka saat nilainya turun justru adalah saat yang tepat untuk langsung membeli saham tersebut. Keputusan kembali pada Smart People sebagai investor dan pastikan untuk membuat analisis yang benar-benar matang. 

  1. Lakukan Pembelian di Waktu yang Tepat

Pastikan untuk membeli saham di waktu yang tepat. Itulah mengapa penting untuk melakukan analisis fundamental berdasarkan market data secara real time tadi. Jauh lebih mudah jika Smart People menggunakan aplikasi investasi yang punya fitur analisis. Jadi analisis bisa lebih mudah dan praktis karena tahu seperti apa performa dari saham tersebut. 

Hold dulu keinginan untuk membeli saham jika ternyata analisis fundamentalnya kurang bagus. Tadi disebutkan bahwa GOTO saat ini menunjukkan peningkatan meskipun masih tipis-tipis. Jangan terburu-buru membeli, lihat dulu apakah Smart People sudah merasa yakin atau belum. Pastikan untuk tidak mudah terbawa tren atau FOMO (fear of missing out) tapi ambil pilihan berdasarkan analisis yang matang. 

  1. Pilih Aplikasi Investasi yang Terdaftar OJK

Sangat penting untuk memilih aplikasi investasi yang terdaftar OJK. Perlu diketahui kalau pilihan aplikasi investasi itu ikut berpengaruh pada imbal hasil yang bisa Smart People dapatkan nanti. Jika aplikasinya memiliki fitur lengkap maka bisa mendukung investor atau trader dalam mendapatkan imbal hasil yang optimal. 

Saat ini ada banyak pilihan aplikasi investasi yang bisa diakses secara online. Namun tidak semuanya aman dipakai dan tidak semuanya punya fitur lengkap. Jadi pilihlah aplikasi investasi dengan cermat. Pertimbangkan baik-baik mana aplikasi investasi yang bisa memberikan dukungan terbaik kepada investornya. Lihat juga faktor keamanannya, pastikan sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Investasi saham memang memiliki peluang imbal hasil yang besar namun perlu diingat bahwa risikonya juga besar. Jadi penting sekali untuk melakukan analisis secara cermat. Jangan terbawa pengaruh tren dan ambil pilihan investasi sesuai profil risiko Smart People masing-masing. 

RHB Tradesmart ID bisa menjadi pilihan tepat bagi Smart People yang ingin mendapatkan imbal hasil optimal dari investasi saham. Aplikasi investasi ini sudah terdaftar secara legal dan memiliki berbagai fitur menarik. Biaya transaksinya juga terjangkau sehingga Smart People bisa merasakan imbal hasil optimal. Langsung saja unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan segera mulai strategi investasi Smart People. 

Sumber:

Ahdiat, Adi. (2023, Januari 06). Melongok Saham e-Commerce Awal 2023, Siapa Terkuat. Diakses pada tanggal 7 Februari 2023 melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/06/melongok-saham-e-commerce-awal-2023-siapa-terkuat.

Suharno. (2023, Januari 15). Nasib Saham e-Commerce Indonesia di Awal Tahun 2023, Bakal Cuan? Diakses pada tanggal 7 Februari 2023 melalui https://selular.id/2023/01/nasib-saham-e-commerce-indonesia-di-awal-tahun-2023-bakal-cuan/2/.

CNBC. (2023, Januari 29). Beda Nasib 13 Ecommerce Asli Indonesia, JD.ID Ikut yang Mana? Diakses pada tanggal 7 Februari 2023 melalui https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230129102300-37-409016/beda-nasib-13-ecommerce-asli-indonesia-jdid-ikut-yang-mana. RHB Sekuritas Indonesia, Indonesia Research Team. (2023, Februari 7). GoTo Gojek Tokopedia(GOTO IJ) Menuju Profitabilitas. Diakses pada tanggal 12 Februari 2023 melalui  https://tinyurl.com/53tzzwc9.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal