<< Back

Penting Tapi Sering Terlewat! Ini Cara Dapat Dividen Saham!

Selain potensi capital gain, salah satu bentuk imbal hasil yang diperoleh oleh investor saham adalah dividen. Secara garis besar, dividen merupakan distribusi atau pemberian sebagian imbal hasil perusahaan pada pemegang sahamnya, di mana pemberiannya dilakukan dalam periode waktu tertentu. Simak lebih dalam ulasan mengenai dividen di artikel ini. 

Apa Itu Dividen?

Dividen merujuk pada pembagian laba perusahaan pada para pemegang saham, berdasarkan pada keputusan dari jajaran direksi perusahaan tersebut. Perusahaan biasanya membagikan dividen per kuartal, meskipun ada juga yang dalam periode waktu berbeda, di mana dividen yang dibagikan tersebut bisa dalam bentuk uang tunai ataupun dalam bentuk saham tambahan dari perusahaan. 

Besaran dividen yang diterima oleh pemilik saham nantinya akan bergantung pada dividend yield atas saham perusahaan tersebut. Dividend yield merupakan istilah yang merujuk pada dividend per lembar saham, di mana besaran dividend yield itu sendiri berupa persentase. Semakin tinggi dividend yield, tentu akan semakin tinggi pula potensi dividend yang bisa diperoleh dari saham. 

Adanya dividen biasanya dijadikan sebagai passive income bagi para pemiliknya. Bagaimana tidak, tanpa harus melakukan apa-apa atau bekerja, dana yang diinvestasikan dalam bentuk saham tersebut secara rutin akan mendatangkan dana tambahan atau saham tambahan bagi pemiliknya. Jadi, bagi Smart People yang ingin passive income, bisa pilih saham sebagai instrumen investasi. 

Cara Mendapatkan Dividen 

Hal penting yang patut diketahui oleh Smart People yang ingin memperoleh dividen dari investasi saham, bahwa tidak semua perusahaan memberikan dividen pada pemilik sahamnya. Jadi, jika Smart People ingin mendapatkan dividend dari investasi saham yang dilakukan, pastikan perusahaan yang dipilih memang memberikan dividend pada pemegang sahamnya. 

Pada umumnya, perusahaan yang memberikan dividen merupakan perusahaan yang skalanya sudah besar, dengan kondisi yang stabil. Perusahaan tersebut biasanya sudah memiliki prediksi laba yang akan diterimanya, di mana laba itulah yang nantinya akan dibagikan kepada para pemilik saham perusahaan tersebut.  

Adapun perusahaan yang dikenal membagikan dividen secara rutin pada para pemegang sahamnya, berasal dari sektor yang terbilang stabil. Beberapa sektor dengan perusahaan yang rutin membayarkan dividen tersebut seperti sektor keuangan, kesehatan dan obat-obatan, utilitas, minyak dan gas, serta bahan baku.

Baca Juga: Cara Membeli Saham Wajib Bagi Pemula

Prosedur Pemberian Dividen 

Pembayaran dividen pada para pemegang saham dilakukan secara bertahap. Ada tanggal-tanggal yang ditetapkan oleh perusahaan untuk kebutuhan pembayaran dividen, di mana pada aktivitas di tanggal-tanggal ini pula akan ditentukan pemegang saham yang memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan dividen. Simak berikut ini prosedur pemberian dividen tersebut. 

  1. Tanggal Pengumuman

Tanggal pengumuman atau announcement date merupakan tanggal di mana manajemen perusahaan mengumumkan dividen. Pengumuman dividen harus disertai dengan dengan persetujuan oleh para pemegang saham sebelum para pemegang saham tersebut bisa menerima dividen yang dibayarkan. 

  1. Tanggal Ex Dividend 

Tanggal ex dividend atau ex-date dividend merupakan tanggal saat kedaluwarsanya penerima yang berhak menerima dividen. Misalnya saja, jika sebuah saham memiliki tanggal ex dividend pada hari Senin, tanggal 5 Mei, lalu kemudian pemegang saham membeli saham pada hari itu atau hari sesudahnya, maka pemegang saham tersebut tidak berhak untuk menerima dividen saham tersebut. 

Lantas, siapa yang berhak menerima dividend? Pemegang saham yang berhak menerima dividen adalah pemegang saham yang sudah membeli saham sehari sebelum ex-date dividend tersebut. Berdasarkan contoh di atas, maka pemegang saham yang berhak atas dividen saham adalah yang membeli saham paling lambat hari Jumat, tanggal 2 Mei. 

Butuh edukasi seputar saham lainnya? Follow akun Instagram RHB Sekuritas

  1. Tanggal Pencatatan 

Tanggal pencatatan atau record date merujuk pada tanggal penetapan oleh perusahaan terkait pemegang saham yang berhak dan layak untuk menerima dividend saham dari perusahaan. Jadi, saat sudah dilakukan pencatatan, maka sudah bisa dipastikan siapa-siapa saja pemegang saham yang akan menerima dividen tersebut. 

  1. Tanggal Pembayaran 

Setelah selesai dicatatkan, maka saatnya dilakukan pembayaran. Pembayaran dilakukan pada tanggal pembayaran atau payment date. Pada tanggal pembayaran ini, perusahaan akan mengirimkan dividen berupa uang pada rekening para investornya. Jika misalnya dividen yang diberikan dalam bentuk saham, maka akan banyak saham yang diinvestasikan akan bertambah. 

Koleksi Saham yang Membagikan Dividen Saham via RHB Tradesmart ID

Adanya dividen membuat investasi dalam bentuk saham menjadi lebih menarik. Bagaimana tidak, selain bisa memperoleh imbal hasil saat saham yang dimiliki dijual kembali, Smart People juga bakal bisa memperoleh dividen secara rutin dari perusahaan yang menerbitkannya. Makanya, jangan tunggu lama berinvestasi dalam bentuk saham perusahaan yang bagi-bagi dividen.

Untuk mempermudah Smart People dalam menganalisa saham yang tepat untuk dikoleksi, termasuk dividend yield atau persentase besaran dividen yang ditawarkannya, Smart People bisa manfaatkan fitur SMART Analyzer dari aplikasi trading dan investasi saham online RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID tidak mudah digunakan, namun juga ekonomis bagi para investor. 

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian dividend, berikut dengan cara mendapatkan dividen dan prosedur pembayarannya. Dividen yang nantinya Smart People terima bisa dijadikan sebagai passive income, karena bisanya pembayaran dividen dilakukan secara rutin oleh perusahaan. Alhasil, imbal hasil yang Smart People peroleh dari investasi saham pun mengalami peningkatan. 

Tunggu apa lagi, yuk investasikan uang dingin Smart People dalam bentuk investasi saham dari perusahaan yang membagikan dividend. Agar lebih mudah menganalisis saham yang tepat untuk dikoleksi, Smart People bisa gunakan aplikasi trading saham online RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya sekarang juga.

Temukan tips menarik lainnya seputar cara investasi saham di link berikut ini.

Sumber: 

Beers, Brian. (2022, Maret 05). How and When Are Stock Dividends Paid Out? Investopedia. Diakses pada tanggal 15 Maret 2023 melalui https://www.investopedia.com/ask/answers/102714/how-and-when-are-stock-dividends-paid-out.asp

Fernando, Jason. (2023, Maret 14). Dividend Yield: Meaning, Formula, Example, and Pros and Cons. Investopedia. Diakses pada tanggal 15 Maret 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/d/dividendyield.asp

Hayes, Adam. (2022, Juni 28). Dividends: Definition in Stocks and How Payments Work. Investopedia. Diakses pada tanggal 15 Maret 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/d/dividend.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal