<< Back

Penggunaan Robo-Advisor Dalam Investasi Saham, Seberapa Efektif?

Robo-Advisor Saham

Penggunaan robo-advisor saham sudah semakin marak dilakukan untuk kepentingan investasi. Selain berdampak positif bagi Smart People yang sedang belajar berinvestasi saham secara online, adanya fitur tersebut juga memberi keuntungan tersendiri bagi aplikasi saham.

Tidak mengherankan jika kemudian semakin banyak aplikasi investasi yang berlomba-lomba menggunakan dan meningkatkan penggunaan fitur kekinian ini. Lantas, apa itu robo advisor dan seperti apa keunggulan fitur tersebut?

Pengertian Robo-Advisor

Jika dilihat dari namanya, kita mungkin akan menduga bahwa robo advisor merupakan sejenis robot atau program yang digunakan untuk menjalankan aktivitas saham. Pada dasarnya, robo advisor merupakan platform digital yang dapat membantu pengelolaan berbagai layanan finansial.

Biasanya, robo advisor juga digunakan untuk membantu pengaturan rencana keuangan yang dilakukan dengan sedikit bantuan manusia. Bahkan kini, program tersebut dapat dijalankan secara mandiri tanpa adanya campur tangan manusia dalam pengoperasian.

Dalam kaitannya dengan investasi saham, robo advisor banyak digunakan untuk membantu perancangan portofolio investasi yang optimal. Adapun perancangan yang disarankan didasarkan pada beberapa kriteria seperti umur, tujuan, hingga profil risiko.

Melalui teknologi pemrograman dan algoritma yang canggih, platform ini dapat memberikan berbagai saran hingga solusi secara personal. Hasil terbaik tersebut disesuaikan dengan data di platform investasi maupun data keterangan dari nasabah itu sendiri.

Dengan demikian, para investor tidak harus selalu bertemu dengan para perencana keuangan dalam menyusun portofolio. Robo advisor akan membuat portofolio secara otomatis sesuai kebutuhan menggunakan teknologi algoritma tersebut.

Keunggulan Investasi Saham Menggunakan Robo-Advisor

Penggunaan robo-advisor saham tentunya mempunyai dampak yang terbilang positif bagi para investor. Berikut beberapa keuntungan menggunakan investasi saham apabila Smart People menggunakan fitur robo advisor.

1. Biaya yang lebih rendah

Sejumlah penasihat keuangan tidak jarang akan mengenakan sejumlah biaya untuk menangani portofolio investasi. Tidak hanya itu, penasihat finansial juga kerap meminta klien mempunyai saldo akun minimum dalam jumlah yang besar.

Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan beberapa investor dalam memilih robo advisor. Pasalnya, ada beberapa robo advisor yang mengenakan biaya jauh lebih rendah, bahkan tidak sampai 0,5% dari seluruh aset investasi.

Meski begitu, Smart People masih dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi investasi saham yang sudah menyematkan robo advisor secara gratis. Penggunaannya juga sangat mudah dan bisa menjadi pertimbangan dalam menyusun portofolio investasi saham.

2. Efisien dan efektif

Penggunaan robo advisor dinilai jauh lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan jasa penasihat konvensional. Hal ini karena jasa penasihat umumnya akan menggunakan prosedur yang rumit seperti bertemu secara langsung atau melakukan panggilan telepon.

Tidak hanya itu, penasihat atau konsultan ini juga akan meminta Smart People mengisi berbagai dokumen untuk kemudian menjelaskan kondisi keuangan yang dialami saat ini. Belum lagi harus menunggu hasil konsultasi yang keluar dalam beberapa waktu ke depan.

Berbeda dengan penggunaan robo advisor yang dapat diakses secara langsung menggunakan aplikasi tertentu. Hasilnya juga akan langsung tampil di layar ponsel. Smart People dapat mengakses hasil konsultasi robo advisor kapan saja dan di mana saja.

3. Mendapatkan portofolio terbaik

Smart People juga tidak harus mengawasi portofolio investasi yang berubah setiap saat. Hal ini karena robo advisor dapat mengawasi perubahan tersebut secara sekaligus. Dengan begitu, aktivitas investasi akan lebih ringan untuk dijalankan sehari-hari.

Meski demikian, akurasi portofolio dan produk investasi bisa sangat tinggi bahkan terbilang cocok dengan kondisi keuangan dan kepribadian setiap investor. Portofolio yang direkomendasikan didasarkan pada data yang investor masukkan sehingga lebih aman dan tepat sasaran.

Mengapa Aplikasi Saham Perlu Robo-Advisor

Tidak hanya para investor yang harus mulai menggunakan robo-advisor saham, berbagai platform saham online juga perlu memasang fitur tersebut pada aplikasinya. Bukan tanpa alasan, lantaran robo advisor memiliki beberapa keunggulan bagi aplikasi saham seperti berikut:

1. Membantu investor pemula yang kebingungan

Bagi para investor pemula, tentu akan merasa bingung saat akan melakukan transaksi saham pertama kali. Dengan adanya robo advisor, mereka dapat merancang portofolio dan perencanaan investasi secara matang berdasarkan profil risikonya.

2. Memperkuat pengalaman pengguna

Selain bagi pemula, Smart People yang sudah memiliki pengalaman transaksi online juga akan meningkatkan pengalaman mereka dalam menjalankan aplikasi investasi. Mulai dari pengisian profil risiko yang tepat, perencanaan finansial, hingga menjaga alokasi portofolio sesuai kondisi pasar.

3. Meningkatkan transaksi saham di aplikasi

Adanya robo advisor juga secara tidak langsung akan membuat calon investor tertarik menggunakan aplikasi saham tersebut. Pada akhirnya, transaksi saham pada aplikasi juga akan semakin meningkat seiring banyaknya investor menjalankan aktivitasnya. Hal ini tentu akan membawa benefit tersendiri bagi keberlangsungan perusahaan penyedia aplikasi saham.

Penggunaan robo-advisor saham memang memiliki dampak positif bagi keberlangsungan transaksi dan investasi saham. Tidak hanya berguna bagi investor, namun juga akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap aplikasi investasi.

Sama seperti RHB Tradesmart ID yang memiliki fitur ARO (Assisted Robo Optimization) yang hadir untuk membantu pengambilan keputusan seputar transaksi dan investasi saham secara real-time tanpa khawatir mengalami lag. Segera download aplikasi RHB Tradesmart ID di PlayStore atau AppStore sekarang juga!

Referensi:

Hadijah, Siti. (2021). Robo Advisor: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya dalam Investasi. Cermati.com

Ramadhanty, Dinda Aulia. (2021). Apa Itu Robo Advisor? Simak Kelebihan dan Kekurangannya!. Bisnis.com

Thionita, Virtina. (2021). Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Robo Advisor?. Finansialku.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal