<< Back

Pemilu Presiden 2024, Ini Emiten yang Kemungkinan Terkena Imbasnya

Tahun 2024 merupakan tahun politik di Indonesia, mengingat akan diadakan helatan pemilihan umum atau Pemilu pada tanggal 14 Februari. Sebagai helatan besar negara, tidak bisa dihindari kalau Pemilu akan turut berdampak dan memengaruhi sentimen pasar saham. Lantas, emiten apa saja yang terkena imbas dari Pemilu? Simak ulasannya di bawah ini. 

Dampak Pemilu Pada IHSG Sepanjang 20 Tahun Terakhir 

Jika Smart People masih merupakan investor pemula, mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana sih sebenarnya dampak atau efek yang ditimbulkan oleh Pemilu pada pasar saham. Berdasarkan data, diketahui bahwa sepanjang Pemilu pada 20 tahun terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selalu bergerak positif pada saat Pemilu dan hal itu diperkirakan akan terjadi kembali tahun ini. 

Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), David Sutyanto, memaparkan bahwa secara historis, IHSG menunjukkan kinerja positif selama gelaran Pemilu beberapa tahun terakhir. Pun jika ada tekanan yang muncul di awal proses kampanye, IHSG kembali menguat pada saat proses pemungutan suara usai dilakukan. 

Pada Pemilu 2004 misalnya, IHSG naik sebesar 17,70% berdasarkan hitungan per akhir akhir 2003 hingga hari pemilihan presiden putaran kedua pada pertengahan September 2004. Hal yang sama juga terjadi pada Pemilu 2014, yang mana pada saat itu IHSG menguat 17,6%. Sedangkan pada Pemilu 2019, IHSG bergerak menguat sebesar 4,60%. 

Sektor Emiten yang Diperkirakan Terpengaruhi oleh Pemilu

  1. Media 

Emiten-emiten yang tergolong ke dalam sektor media atau penyiaran diperkirakan bakal menunjukkan kinerja positif pada tahun Pemilu ini. Pasalnya, media merupakan sumber utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan proses Pemilu. Lihat saja, bagaimana antusias masyarakat menonton televisi saat ini untuk menonton debat capres dan cawapres. 

Antusiasme masyarakat tersebut akan terlihat dari makin meningkatnya secara signifikan jumlah penonton televisi selama masa Pemilu. Selain jumlah penonton yang meningkat, pendapatan dari iklan juga diprediksi turut meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Beberapa emiten media ini di antaranya PT. Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) dan PT. Surya Citra Media Tbk. (SCMA). 

  1. Konsumer 

Sektor emiten saham selanjutnya yang diprediksi juga bakal terkena dampak berupa peningkatan kinerja di tahun politik ini. Peningkatan tersebut disebabkan karena seiring makin dekatnya waktu Pemilu, maka akan makin sering dilakukan pertemuan dan kegiatan, yang kemudian mengharuskan penyelenggaran kegiatan tersebut untuk belanja dan membeli barang-barang. 

Semakin sering kampanye dilakukan, maka pembelian barang-barang produksi emiten sektor konsumer tentu akan mengalami peningkatan. Beberapa contoh emiten saham yang ada di sektor konsumer ini seperti PT. Mayora Indah Tbk. (MYOR), PT. Garuda Food Putra Putri Jaya Tbk (GOOD), serta PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP).  

  1. Telekomunikasi 

Emiten dari sektor telekomunikasi juga diprediksikan bakal menguat di tahun politik ini. Pasalnya, penggunaan telekomunikasi dipastikan bakal mengalami peningkatan yang pesat. Masyarakat akan mencoba mencari tahu informasi mengenai Pemilu dari platform-platform digital yang bisa dengan mudah diaksesnya melalui gawai dengan dukungan internet. 

Para pendukung masing-masing capres dan cawapres tentu juga akan memanfaatkan produk emiten sektor telekomunikasi untuk mendukung jagoannya, yang membuat penggunaan produk telekomunikasi makin meningkat. Beberapa contoh emiten saham sektor telekomunikasi ini seperti PT. Indosat Tbk. (ISAT), PT. XL Axiata Tbk. (EXCL), dan PT. Smartfren Telecom Tbk. (FREN).  

  1. Infrastruktur dan Konstruksi 

Emiten saham sektor konstruksi diprediksi juga bakal menguat, imbas dari Pemilu yang bakal diadakan tahun 2024 ini. Salah satu alasannya adalah karena perbincangan mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN), yang berpotensi untuk diteruskan pembangunan dan pengembangannya pada kabinet pemerintahan yang terpilih nantinya. 

Usulan proyek-proyek pembangunan infrastruktur oleh para capres juga bakal membuat investor mulai melirik emiten-emiten sektor konstruksi yang berkaitan dengan bidang pembangunan yang diusulkan tersebut. Adapun contoh emiten saham sektor infrastruktur dan konstruksi seperti PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) dan PT. PP Tbk. (PTPP). 

Pengaruh Pemilu pada Emiten Saham Milik Politikus 

Tidak hanya pada sektor saham tertentu, penyelenggaraan Pemilu juga diprediksi bakal memengaruhi perusahaan atau emiten saham yang dimiliki oleh para politikus. Saham-saham yang berafiliasi dengan tokoh politik sedikit banyaknya akan terpengaruh oleh sentimen publik atas tindak-tanduk politikus tersebut. 

Jika sentimen publik sifatnya positif atas politikus tersebut, tentu bisa membuat kinerja emiten saham yang dimilikinya mengalami penguatan. Sedangkan jika sentimen yang diperoleh dari publik malah sebaliknya, tentu akan bisa membuat pergerakan sahamnya malah mengalami penurunan. 

Koleksi Saham Potensial di Tahun Politik via RHB Tradesmart ID 

Beberapa saham dari emiten tertentu diperkirakan memang bakal menguat pada tahun penyelenggaraan Pemilu ini. Bagi Smart People yang tertarik, bisa mulai dari sekarang untuk menganalisis saham-saham dari sektor yang disebutkan di atas. Smart People bisa investasi via RHB Tradesmart ID, agar bisa menggunakan fitur Smart Analyzer-nya dalam menganalisis saham. 

Selain Smart Analyzer, RHB Tradesmart ID juga punya fitur Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. Fitur Smart Rate dan Smart Fee akan membuat biaya transaksi dan margin nantinya menjadi lebih terjangkau. Sedangkan untuk fitur Smart Points, memungkinkan Smart People mengumpulkan poin untuk setiap transaksi yang dilakukan, serta bisa ditukar nanti dengan saldo e-wallet

Pakai RHB Tradesmart ID untuk kebutuhan investasi saham yang fleksibel, mudah digunakan kapan dan di mana saja. Unduh aplikasinya dan mulai investasi saham hanya dengan modal awal Rp100.000 saja.  

Sumber: 

Adventy, Artha. 2023, Oktober 10. Data Historis: Gerak IHSG 20 Tahun Terakhir saat Pemilu, 2024 Bisa Positif? Bisnis. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024 melalui https://market.bisnis.com/read/20231010/7/1702934/data-historis-gerak-ihsg-20-tahun-terakhir-saat-pemilu-2024-bisa-positif

Natalia, Tasya. 2023, Agustus 03. Emiten Media Selalu Naik Jelang Pemilu, Mitos Atau Fakta? CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20230802163117-17-459580/emiten-media-selalu-naik-jelang-pemilu-mitos-atau-fakta

Nadya, Kurnia. 2023, September 22. Sektor Saham yang Harus Dicermati di Tahun Politik, Manfaatkan Momentum Buat Cuan. IDX Channel. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/sektor-saham-yang-harus-dicermati-di-tahun-politik-manfaatkan-momentum-buat-cuan

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal