<< Back

Patut Dilirik! Ini 10 Daftar Saham Konstruksi di Indonesia!

Saham konstruksi merupakan saham yang emitennya bergerak di bidang konstruksi. Bagi Smart People yang tertarik atau kerap mengamati bagaimana perkembangan perusahaan konstruksi di Indonesia, saham emiten konstruksi bisa jadi pilihan untuk dikoleksi. Sebagai pertimbangan, Smart People bisa simak daftar saham konstruksi yang ada di Indonesia berikut ini. 

Apa Itu Saham Konstruksi

Saham konstruksi merujuk pada saham yang diterbitkan oleh perusahaan atau emiten yang bergerak di bidang konstruksi. Saham ini tercatat di BEI pada sektor infrastruktur, sub-sektor heavy construction and civil engineering. Emiten konstruksi tersebut ada yang menawarkan jasa konstruksi bangunan, properti, pembangunan jasa tol, pengembangan lahan, dan jasa konstruksi lainnya. 

10 Saham Konstruksi dengan Kapitalisasi Pasar Tertinggi Saat Ini

  1. PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk

PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi, developer, properti, serta investasi di bidang infrastruktur dan energi. PTPP sekarang ini memegang posisi sebagai emiten konstruksi dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar yang aktif diperdagangkan, dengan nilai kapitalisasi pasar saat ini mencapai Rp2,84 triliun. 

  1. PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk

Emiten konstruksi dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar selanjutnya adalah PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA). Sama halnya dengan PTPP, WIKA juga merupakan saham dari perusahaan konstruksi milik negara. Perusahaan ini bergerak di bidang industri konstruksi, industri manufaktur, industri konversi, dan lainnya. Saat ini, kapitalisasi pasarnya mencapai Rp2,15 triliun. 

  1. PT. Adhi Karya (Persero) Tbk 

PT. Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) merupakan perusahaan konstruksi milik negara lainnya yang memiliki nilai kapitalisasi pasar yang tinggi. Perusahaan ini bergerak di bidang konstruksi, properti, real estate, EPC, investasi infrastruktur, pelaksanaan infrastruktur dan fasilitas kereta api, serta pengadaan barang dan jasa hotel. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar ADHI mencapai Rp3,49 triliun. 

  1. PT. Bukaka Teknik Utama Tbk 

Tidak hanya saham perusahaan konstruksi milik negara yang tinggi nilai kapitalisasi pasarnya, namun juga saham perusahaan konstruksi swasta, PT. Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK). Perusahaan ini menawarkan jasa pembuatan dan penyediaan peralatan khusus dan usaha lainnya yang termasuk ke dalam industri konstruksi. Nilai kapitalisasi pasarnya saat ini sebesar Rp2,80 triliun. 

  1. PT. Berdikari Pondasi Perkasa Tbk 

PT. Berdikari Pondasi Perkasa Tbk (BDKR) merupakan perusahaan konstruksi yang memiliki spesialisasi pada pembuatan pondasi, perbaikan tanah, konstruksi dermaga, pengangkatan beban berat, serta penyewaan derek. Emiten satu ini baru saja melantai di BEI pada bulan Maret 2023 silam. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar perusahaan konstruksi swasta ini mencapai angka Rp2,41 triliun. 

  1. PT. Acset Indonusa Tbk 

PT. Acset Indonusa Tbk (ACST) merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pengembangan dan pelayanan konstruksi. Adapun pelayanan konstruksi yang diberikannya untuk keperluan pengembangan gedung pusat perbelanjaan, kantor, jembatan, hotel, dan lainnya. Saat ini, ACST memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp1,71 triliun.   

  1. PT. Surya Semesta Internusa Tbk 

PT. Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha bahan bangunan, real estate, kawasan industri, manajemen gedung, dan lainnya. Adapun fokus utama dari perusahaan ini adalah memberikan jasa manajemen dan pelatihan pada beberapa anak perusahaannya yang bergerak di bidang konstruksi. Saat ini, nilai kapitalisasi pasarnya mencapai Rp1,94 triliun.  

  1. PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk 

PT. Jasa Konstruksi Manggala Pratama Tbk (JKON) merupakan perusahaan konstruksi milik swasta. Perusahaan ini fokus menawarkan jasa konstruksi untuk membangun jalan, jalan tol, bandara, jembatan, bangunan hunian untuk keperluan komersial maupun industri. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar dari PT. Jasa Konstruksi Manggala Pratama Tbk mencapai angka Rp1,67 triliun. 

  1. PT. Total Bangun Persada Tbk 

PT. Total Bangun Persada Tbk (TOTL) merupakan perusahaan konstruksi yang fokus pada layanan kontraktor utama dan layanan rancang dan bangun. Melalui anak perusahaan yang dimilikinya, PT. Total Bangun Persada Tbk juga membangun fasilitas industri dan pembangkit listrik, serta mengembangkan properti. Saat ini, nilai kapitalisasi pasarnya mencapai angka Rp1,26 triliun. 

  1. PT. Paramita Bangun Sarana Tbk 

PT. Paramita Bangun Sarana Tbk (PBSA) merupakan perusahaan yang terkenal dengan layanan kontraktornya di Indonesia. Adapun kegiatan usaha utama dari perusahaan ini adalah konstruksi bangunan sipil, mekanikal, dan elektrikal, pemasangan mesin-mesin, pipa dan tangki, serta pemasangan panel-panel jaringan kelistrikan. Nilai kapitalisasi pasarnya saat ini sebesar Rp918 triliun. 

Koleksi Saham Konstruksi di Indonesia via RHB Tradesmart ID 

Untuk mendukung diversifikasi portofolio saham, saham konstruksi bisa jadi salah satu saham pilihan yang dikoleksi. Agar Smart People bisa lebih mudah dalam memilih saham yang tepat untuk dikoleksi, Smart People bisa gunakan aplikasi RHB Tradesmart ID yang sudah dilengkapi dengan fitur Smart Analyzer dengan teknologi ARO (Assisted Robo Optimization). 

Kehadiran fitur Smart Analyzer RHB Tradesmart ID ini memungkinkan Smart People untuk menganalisis saham dengan lebih mudah, sehingga bisa terbentuk dalam pengambilan keputusan investasi saham nantinya. Jika sudah menemukan saham emiten konstruksi yang tepat, pembelian saham bisa dilakukan dengan modal awal hanya sebesar Rp100.000 saja di RHB Tradesmart ID. 

Mengawasi dan memahami pergerakan saham jadi lebih mudah dengan adanya Smart Analyzer dari RHB Tradesmart ID. Maka dari itu, tunggu apalagi? Ayo unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan manfaatkan fitur unggulannya tersebut. 

Sumber: 

Tim IDN Financials. Saham Infrastruktur Sub-Sektor Konstruksi Bangunan. IDN Financials. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.idnfinancials.com/id/company/industry/konstruksi-bangunan-j21

Wijayanti, Ratih Ika. (2022, Juli 07). Intip 5 Daftar Saham Konstruksi Terbaik 2022, Ada WSKT, PTPP hingga TOTL. IDX Channel. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/intip-5-daftar-saham-konstruksi-terbaik-2022-ada-wskt-ptpp-hingga-totl

Tim Riset CNBC Indonesia. (2023, Agustus 29). 6 Saham BUMN Karya Bergairah, Ini Daftarnya. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20230829122024-17-467062/6-saham-bumn-karya-bergairah-ini-daftarnya

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal