<< Back

Pasar Lelang dalam Dunia Saham, Memangnya Ada? Ini Penjelasannya!

Pasar lelang, auction market

Selama ini, mungkin sebagian Smart People mengira kalau pasar lelang atau auction market hanya melelang benda-benda saja. Padahal, ada banyak objek yang bisa dijadikan sebagai objek lelang, termasuk di antaranya adalah saham. Penasaran apa itu pasar lelang saham dan mekanisme pelaksanaannya? Smart People bisa temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Pasar Lelang Saham?

Pasar lelang atau auction market di bidang saham merujuk pada pasar di mana para pembeli dan para penjual saling menawarkan harga yang kompetitif atas suatu saham. Para pembeli akan mengajukan penawaran (bid) terkait pembelian saham di harga tertentu, sedangkan para penjual akan mengajukan penawaran (offer) untuk penjualan saham di harga tertentu. 

Nantinya, jika penawaran harga dari masing-masing penjual dan pembeli sudah menemui kecocokan, maka order atas saham tersebut akan dieksekusi. Adapun harga saham tersebut diperdagangkan merepresentasikan harga tertinggi yang ditawarkan oleh pihak pembeli dan penawaran harga tersebut diterima oleh pihak penjual. 

Meskipun sama-sama melakukan pelelangan, ada perbedaan mendasar antara pasar lelang tradisional dengan pasar lelang saham. Jika di pasar lelang tradisional biasanya hanya terdiri dari satu atau sedikit penjual saham dan banyak pembeli, pada pasar lelang saham terdapat banyak penjual dan banyak pembeli. Selain itu, tidak ada negosiasi harga langsung antara penjual dan pembeli. 

Mekanisme Lelang Saham di Pasar Lelang

  1. Pengajuan Penawaran Harga dari Pembeli dan Penjual  

Pasar lelang saham dimulai dengan penentuan dan pengajuan penawaran harga, baik dari pihak penjual maupun pihak pembeli. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada proses lelang saham, bisa terlibat beberapa pembeli ataupun penjual saham sekaligus. Nah, masing-masing penjual dan pembeli ini akan mengajukan penawaran harga yang mungkin saja berbeda antara satu dengan lainnya. 

Misalnya saja, terdapat 4 calon investor atau pembeli yang ingin membeli saham dari perusahaan X dengan penawaran harga masing-masing sebesar Rp149.000, Rp150.000, Rp151.000, dan Rp152.000. Sedangkan ada 4 pemilik saham perusahaan X yang ingin menjual sahamnya pada harga masing-masing sebesar Rp152.000, Rp153.000, Rp154.000, dan Rp155.000. 

  1. Pencocokan Harga yang Ditawarkan oleh Penjual dan Pembeli 

Setelah masing-masing penawaran harga dari pihak penjual dan pembeli saham dilakukan, maka akan dilakukan mekanisme pencocokan order. Pencocokan order ini dilakukan dengan mencocokkan penawaran harga tertinggi atas saham dari pihak pembeli dengan penawaran harga terendah atas saham dari pihak penjual. 

  1. Eksekusi Transaksi Order yang Cocok 

Jika ditemukan adanya penawaran harga yang cocok antara penjual dan pembeli saham, maka akan dilakukan transaksi atas order tersebut. Seperti contoh yang disebutkan di atas, terdapat kecocokan antara penawaran harga tertinggi dari pembeli untuk saham perusahaan X di angka Rp152.000, dengan penawaran harga terendah dari penjual saham perusahaan X di angka Rp152.000. 

Setelah dilakukan eksekusi, artinya sudah terjadi jual beli antara salah satu penjual dengan salah satu pembeli yang menjadi peserta lelang saham perusahaan X tersebut. Untuk harga saham perusahaan X di pasar saham nantinya akan disesuaikan dengan harga penawaran yang sebelumnya telah cocok dan disepakati oleh penjual dan pembeli saat lelang. 

  1. Status Pending Jika Penawaran Belum Cocok 

Pada situasi di mana belum terjadi kecocokan antara harga yang ditawarkan oleh pembeli maupun penjual, maka status order masih dalam kondisi pending. Status pending atas order ini akan tetap bertahan sekiranya penawaran harga tertinggi dari pembeli masih belum cocok dengan penawaran harga terendah dari pihak penjual. 

Contoh Pelaksanaan Pasar Lelang dalam Bidang Investasi Saham

Untuk bisa lebih memahami bagaimana jalannya lelang saham, Smart People bisa bayangkan pengandaian ini. Misalkan saja ada 4 pembeli saham yang ingin membeli saham dari emiten atau perusahaan A, dengan penawaran harga masing-masingnya sebesar Rp100.000, Rp101.000, Rp102.000, dan Rp103.000. 

Sedangkan untuk penawaran harga dari 4 orang pemilik saham perusahaan A yang ingin menjual sahamnya adalah masing-masing Rp103.000, Rp104.000, Rp105.000, dan Rp106.000. Sesuai dengan mekanisme pasar lelang, maka terdapat kecocokan antara harga tertinggi yang ditawarkan pembeli dan harga penawaran terendah dari penjual pada angka Rp103.000. 

Setelah ditemukan kecocokan antara penjual dan pembeli yang terlibat dalam pelelangan ini, maka order atas saham tersebut akan dieksekusi. Eksekusi atas order saham tersebut membuat harga dari saham perusahaan tersebut berada di angka Rp103.000. Perbedaan harga yang ditawarkan yang tidak begitu signifikan inilah yang membuat pasar lelang saham sifatnya begitu kompetitif.   

Beli Saham Incaran di Waktu yang Tepat via RHB Tradesmart ID 

Bagi para investor saham, harga saham merupakan salah satu pertimbangan saat membeli saham. Makanya, tidak heran jika para investor menunggu momen yang tepat untuk membeli saham di harga yang dirasa pas. Untuk memudahkan Smart People sebagai investor menjalankan proses tersebut, Smart People bisa gunakan aplikasi RHB Tradesmart ID yang punya banyak fitur unggulan. 

RHB Tradesmart ID punya fitur Smart Analyzer yang dikenal juga dengan teknologi ARO-nya (Assisted Robo Optimization). Nah, fitur ini bisa memudahkan Smart People dalam menganalisa pergerakan saham incaran, sehingga bisa membelinya di waktu dan momen harga yang tepat. Selain itu, ada juga fitur Smart Rate dan Smart Fee, yang bisa meminimalisir biaya transaksi nantinya. 

Download aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga untuk kebutuhan investasi dan trading saham Smart People. Dengan ragam fitur unggulannya, RHB Tradesmart ID siap membantu mewujudkan imbal hasil yang Smart People inginkan. 

Sumber: 

Tarver, Evan. (2021, April 25). Auction Market: Definition, How It Works in Trading, and Examples. Investopedia. Diakses pada tanggal 2 November 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/a/auctionmarket.asp

Srivastav, Ashish Kumar. Auction Market. WallStreetMojo. Diakses pada tanggal 2 November 2023 melalui https://www.wallstreetmojo.com/auction-market/

CFI Team. Auction Market. CFI. Diakses pada tanggal 2 November 2023 melalui https://corporatefinanceinstitute.com/resources/career-map/sell-side/capital-markets/auction-market/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal