<< Back

Mulai Dilirik, Ini Alasan Mengapa Saham Perusahaan Logistik Menarik!

Daftar Saham Logistik Indonesia

Saham perusahaan logistik menjadi salah satu sektor yang dipertimbangkan bagi investor, tidak terkecuali pemula. Seperti halnya sektor transportasi, logistik yang memang model bisnisnya hampir sama di tahun 2024 ini kinerjanya masih bervariasi.

Namun, cukup potensial dengan sejumlah sentimen yang diproyeksikan dapat mengerek saham-saham logistik. Bagi Smart People yang ingin berinvestasi atau tertarik dengan sektor logistik bisa simak ulasan berikut. 

Perkembangan Industri Logistik di Indonesia

Perusahaan logistik adalah perusahan yang menyediakan jasa pengiriman dan pergudangan. Jasa logistik banyak dibutuhkan untuk mengirim barang dari produsen ke konsumen atau dari produsen ke distributor lain.

Di Indonesia, industri ini berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan. Bisnis logistik semakin ramai dengan seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat dan juga perusahaan untuk mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain.

Sebagian besar jasa logistik disediakan oleh perusahaan transportasi dan logistik. Jadi, perusahaan ini menyediakan moda transportasi sendiri untuk mendukung pengiriman logistiknya. Dalam pengiriman logistik, perusahaan bisa menggunakan jalur darat, laut, dan udara. 

Industri logistik tanah air juga beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut membuat bisnis logistik cukup potensial sehingga tidak sedikit investor yang mengincar daftar saham logistik Indonesia.

Daftar Perusahaan Logistik Terkemuka

Perusahaan logistik terkemuka di tanah air menangani pengiriman barang yang cukup banyak setiap tahunnya. Berikut sejumlah perusahaan logistik terbesar yang ada di Indonesia.

1. Pos Indonesia

Pos Indonesia adalah salah satu perusahaan milik negara atau BUMN. Sejak didirikan pada tahun 1746, PT Pos Indonesia menangani pengiriman dokumen dan paket antar daerah hingga antar pulau.

Perusahaan logistik ini pun berkembang dengan berbagai layanan seperti Paket Pos, Pos Express, Pos Kilat Khusus, dan lain-lain. Layanan logistik dari Pos Indonesia dikenal cukup baik dengan durasi pengiriman yang cepat.

2. TIKI

TIKI termasuk salah satu perusahaan logistik yang mampu berkembang pesat bahkan selama pandemi. Dengan jaringan operasional yang sudah tersebar di banyak kota dan daerah di Indonesia, layanan logistik dari TIKI banyak diandalkan masyarakat.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1970 ini dikenal karena pengiriman barangnya yang dianggap lebih cepat dan terjangkau. Produk layanan yang disediakan meliputi SDS (same day service), TDS (two day service), dan lain-lain.

3. JNE

JNE adalah perusahaan logistik yang sangat populer di Indonesia. Didirikan tahun 1990, JNE sudah melayani pengiriman logistik ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Bahkan layanan logistik JNE ini tersedia di hampir semua e-commerce karena memang banyak masyarakat yang menggunakan. Layanan pengiriman logistik dari JNE cukup banyak, termasuk yang populer seperti JNE REG, JNE OKE, dan JNE YES.

4. Ninja Xpress

Ninja Xpress didirikan pada 2014 dan menjalankan bisnisnya di beberapa negara, tidak terkecuali di Indonesia. Produk layanan logistik dari perusahaan ini banyak dipilih karena dinilai terjangkau dan aman.

Di masa pandemi, layanan Ninja Xpress bertahan dan bahkan mencapai prestasi yang cukup gemilang. Perusahaan logistik kenamaan ini menawarkan beberapa layanan seperti REG dan COD.

5. Shopee Xpress

Siapa yang tidak kenal jasa pengiriman logistik yang satu ini? Shopee Xpress adalah salah satu perusahaan logistik yang bisnisnya berkembang cukup pesat. Hal ini tidak lain karena didukung oleh e-commerce Shopee yang banyak digunakan masyarakat untuk belanja online.

Selain perusahaan logistik dalam daftar di atas, ada juga beberapa perusahaan logistik besar di tanah air yang sahamnya tersedia di BEI. Smart People mungkin tertarik untuk membeli saham-saham di bawah ini.

  • PT Dewata Freightinternational Tbk (DEAL) dengan 1,14 miliar saham
  • PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS) dengan 2,62 miliar saham
  • PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) dengan 1,89 miliar saham
  • PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) dengan 2 miliar saham
  • PT Prima Globalindo Logistik Tbk (PPGL) dengan 771,17 juta saham

Kinerja Saham Perusahaan Logistik

Di tahun 2024, kinerja saham perusahaan logistik cenderung bervariasi. Ini tergantung dari kinerja bisnis dan juga likuiditas saham masing-masing perusahaan.

Namun, pada momen pemilu 2024 kemarin memberikan dampak positif bagi sebagian besar perusahaan logistik. Pasalnya, perusahaan banyak disewa untuk menangani kebutuhan logistik untuk kampanye hingga pencoblosan.

Kenaikan kinerja sektor logistik juga terlihat pada momen menjelang lebaran kemarin. Dengan meningkatnya belanja masyarakat, terutama melalui e-commerce atau toko online membuat bisnis logistik juga ikut terkerek naik.

Pertumbuhan emiten logistik memang tidak begitu signifikan, namun cukup stabil dan positif di tahun ini. 

Faktor Pendukung Pertumbuhan Saham Logistik

Salah satu faktor utama yang mendongkrak laba perusahaan logistik adalah peningkatan permintaan barang. Belanja online yang paling banyak memberikan sentimen positif pada ramainya perputaran bisnis logistik di tanah air.

Pertumbuhan sektor logistik juga diprediksi masih cukup bagus untuk kedepannya. Seperti momen pilkada serentak yang nanti akan diselenggarakan sekitar bulan November. Momen pemilihan umum ini kerap kali memberikan berkah bagi perusahaan logistik.

Itulah ulasan mengenai industri logistik beserta daftar saham logistik Indonesia yang ada di BEI. Lantas, dimana Smart People bisa membeli saham-saham tersebut? Smart People bisa membeli saham secara online dengan download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store.

Referensi;

Redaksi Bisnis. 2023. “Daftar 36 Saham Sektor Transportasi dan Logistik Pasar Modal”. Bisnis.com

Putri Nityakanti. 2024. “Pemilu 2024 Terlaksana, Simak Prospek Saham Transportasi dan Logistik Tahun Ini”. Kontan.co.id

Tim Redaksi. 2022. “Ini Daftar 5 Perusahaan Logistik di Indonesia, Siapa Saja?”. Cnbcindonesia.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal