<< Back

Mengenal Saham Adaro (ADRO) dan Perusahaannya di Indonesia

Salah satu perusahaan yang gaungnya begitu besar di Indonesia adalah perusahaan Adaro. Perusahaan satu ini dikenal sebagai salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia, yang tentu saja membuat saham Adaro juga laku keras di bursa saham. Bagi Smart People yang penasaran dengan perusahaan Adaro, yuk simak ulasan tentangnya di bawah ini. 

Awal Berdirinya Perusahaan Adaro 

Jika berbicara tentang awal  berdirinya perusahaan Adaro atau PT. Adaro Energy Tbk, tentu saja tidak bisa dipisahkan dari Enadimsa, salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Spanyol. Pada tahun 1982, Enadimsa melakukan kerja sama eksplorasi di wilayah tambang daerah Kalimantan Selatan. Eksplorasinya ini sendiri berlangsung hingga tahun 1989. 

Enadimsa sendiri melakukan eksplorasi melalui entitas anak usaha yang bernama Adaro Indonesia. Adapun pemilihan nama Adaro oleh Enadimsa adalah untuk menghormati keluarga Adaro, nama keluarga yang memiliki peran besar dalam kegiatan pertambangan di Negeri Matador tersebut. 

Setelah masa eksplorasi berakhir, Enadimsa pun melepas 80% kepemilikannya atas Adaro Indonesia ke konsorsium Australia-Indonesia. Konsorsium ini sendiri terdiri atas New Hope Corporation sebesar 40,8%, PT. Asminco Bara Utama sebesar 40%, serta MEC Indocoal sebesar 8,2%. Setelah akuisisi tersebut, studi kelayakan pun mulai dilakukan oleh Adaro Indonesia. 

Adapun studi kelayakan yang dilakukan oleh Adaro Indonesia saat itu meliputi peletakan dasar pembangunan proyek hingga membangun konstruksi jalan angkutan batu bara. Akhirnya, pada tanggal 22 Oktober 1992, Adaro Indonesia resmi beroperasi secara komersial, yang mana pada saat itu produksi batu baranya bisa mencapai 1 juta ton dalam setahun.   

Perusahaan Adaro Saat Ini 

Saat ini, perusahaan Adaro dikenal dengan nama PT. Adaro Energy Indonesia Tbk atau Adaro Group. Sebagai perusahaan pertambangan batu bara terpadu yang berbasis di Indonesia, PT. Adaro Energy Indonesia Tbk memberikan layanan di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara, jasa kontraktor, infrastruktur, logistik, hingga pembangkit tenaga listrik. 

Posisi Presiden Direktur PT. Adaro Energy Indonesia Tbk saat ini dipegang oleh Garibaldi Thohir, sedangkan posisi Presiden Direkturnya dipegang oleh Edwin Soeryadjaya. Kepemilikan saham terbesar di PT. Adaro Energy Indonesia Tbk dimiliki oleh PT. Adaro Strategic Investments, dengan porsi saham sebesar 43,91%. 

Hingga saat ini, jumlah anak perusahaan milik Adaro Group sudah mencapai puluhan banyaknya. Adapun anak perusahaan Adaro Group bisa dikelompokkan ke dalam sub-sub grup berikut, yakni Adaro Mining, Kestrel Coal Resources Pty Ltd, Adaro Mining Services, Adaro Power, Adaro Water, Adaro Logistics, Adaro Land Development, Adaro Capital, dan Adaro Foundation.  

Saham PT. Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) 

Pada tanggal 16 Juli 2008, PT. Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) resmi IPO alias melantai di bursa saham, dengan harga penawaran pada saat IPO sebesar Rp1.100. Per tanggal 25 Januari 2024 saat ini, harga per lembar saham ADRO berada di angka Rp2.370, dengan nilai kapitalisasi pasarnya sebesar Rp72,87 triliun. 

Pada laporan kinerja untuk periode semester I tahun 2023 lalu, terjadi penurunan baik dari sisi pendapatan maupun laba PT. Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO). Pendapatan ADRO per semester I 2023 tercatat sebesar USD3,48 miliar atau sekitar Rp53,32 triliun, yang mana itu berarti terjadi penurunan sebesar 1,75% dibandingkan dengan semester I 2022. 

Sedangkan untuk laba usahanya sendiri, PT. Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) berhasil meraup laba usaha sebesar USD1,18 miliar atau turun sebesar 37,69% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar USD1,89 miliar. Pun begitu, kinerja ADRO dianggap masih cukup solid di tengah terjadinya penurunan harga batu bara. 

Saham Anak Perusahaan Adaro Group, PT. Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) 

Selain saham ADRO, Smart People yang tertarik memiliki saham dari Adaro Group juga bisa mengoleksi saham emiten PT. Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR). PT. Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) merupakan anak perusahaan Adaro Group yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan batubara metalurgi. 

PT. Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) ini didirikan pada tahun 2007 silam, dengan nama PT. Jasapower Indonesia. Selanjutnya, pada tanggal 3 Januari 2022, PT. Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) ini resmi melantai di bursa saham dengan harga penawaran sebesar Rp100 per lembar saham. 

Saat ini, harga ADMR per tanggal 25 Januari 2024 berada di angka Rp1.375 per lembar sahamnya. Sedangkan untuk nilai kapitalisasi pasarnya sendiri berada di angka Rp56,21 triliun. Pada sektor industri terkait dengannya, nilai kapitalisasi pasar PT. Adaro Mineral Indonesia Tbk (ADMR) ini menduduki posisi ke-5 tertinggi.  

Pantau Pergerakan Saham Adaro melalui RHB Tradesmart ID

Saham Adaro kerap dianggap sebagai saham yang potensial, sehingga membuatnya memang menjadi salah satu saham incaran para investor. Sebagai trader ataupun investor yang tertarik dengan saham ADRO maupun ADMR, Smart People bisa coba pantau terlebih dahulu pergerakan harga sahamnya dengan menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi trading dan investasi saham yang memungkinkan Smart People untuk memperoleh analisis saham incaran dengan menggunakan fitur Smart Analyzer-nya. Nantinya, saat sudah memutuskan untuk membeli saham, biaya transaksi akan terasa lebih terjangkau, begitu juga dengan biaya margin, dengan adanya fitur Smart Rate dan Smart Fee. 

Tunggu apa lagi, yuk unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga. Rasakan kemudahan investasi dengan fitur SMART unggulannya, agar bisa raup imbal hasil sebanyak-banyaknya. 

Sumber: 

Rifai, Ahmad. 2018, Desember 12. Kisah Adaro, Lahir dari Ekspansi BUMN Spanyol ke Kalimantan. Bisnis. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui https://market.bisnis.com/read/20181212/192/868957/kisah-adaro-lahir-dari-ekspansi-bumn-spanyol-ke-kalimantan

Putri, Shifa Nurhaliza. 2023, Mei 08. Dari Mining hingga Logistics, Simak Puluhan Anak Perusahaan Adaro Group. IDX Channel. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui https://www.idxchannel.com/economics/dari-mining-hingga-logistics-simak-puluhan-anak-perusahaan-adaro-group/3

Nurmutia, Elga. 2023, Agustus 24. Menelisik Prospek Saham Adaro Energy Usai Rilis Laporan Keuangan Semester I 2023. Liputan6. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui https://www.liputan6.com/saham/read/5379235/menelisik-prospek-saham-adaro-energy-usai-rilis-laporan-keuangan-semester-i-2023?page=3

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal