<< Back

Mengenal Prajogo Pangestu, Sosok Orang Terkaya di Indonesia

Nama Prajogo Pangestu saat ini tengah ramai diperbincangkan di Indonesia. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah karena baru-baru ini, dirinya dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan per 26 Desember 2023 sebesar US$52,2 miliar atau setara dengan Rp854,49 triliun. Yuk kenali lebih dalam sosok orang terkaya di Indonesia ini lewat ulasan berikut. 

Profil Singkat Prajogo P

Prajogo Pangestu merupakan anak dari seorang pedagang karet yang lahir di Bengkayang, Kalimantan Barat, tepatnya di tanggal 13 Mei 1944. Meskipun hanya bisa mencicipi pendidikan hingga jenjang SMP saja, namun tekadnya untuk bisa merubah nasib hidupnya di masa depan tidak pernah padam. 

Mengingat hanya ijazah SMP yang dia miliki, Prajogo Pangestu pun memulai kerja sebagai seorang sopir angkot. Pekerjaannya sebagai sopir angkot inilah yang mempertemukannya dengan seorang pengusaha kayu asal Malaysia yang bernama Bong Sun On atau Burhan Uray di tahun 1960-an. Perkenalan inilah yang kemudian menjadi titik awal kesuksesannya. 

Burhan Uray mengajak Prajogo Pangestu bekerja untuk perusahaannya, tepatnya di Djajanti Timber Group. Sejak tahun 1969, Prajogo Pangestu mulai bergabung di perusahaan tersebut dan dipercaya untuk mengelola Hak Pengusahaan Hutan (HPH) di Kalimantan Tengah. Berbekal pengalaman di industri kayu ini, membuat Prajogo Pangestu memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri. 

Pada akhir tahun 1980, Prajogo Pangestu akhirnya mendirikan CV Pacific Lumber Coy yang juga merupakan sebuah perusahaan kayu. CV Pacific Lumber Coy inilah yang kemudian makin berkembang, hingga selang 13 tahun lamanya akhirnya berganti nama menjadi Barito Pacific Timber, sekaligus mengantarkan Prajogo Pangestu sebagai salah satu pengusaha kayu terkemuka di Indonesia. 

Tidak puas hanya di industri kayu saja, Prajogo Pangestu juga melebarkan sayapnya ke sektor lain, ditandai dengan diakuisisinya perusahaan Chandra Asri yang bergerak di sektor petrokimia oleh Barito Pacific. Perusahaan yang diakuisisinya ini juga sekarang menjadi produsen petrokimia terbesar di Indonesia setelah bergabung dengan Tri Polyta Indonesia. 

Tidak berhenti di situ saja, Prajogo Pangestu juga memulai bisnis batu bara melalui perusahaan Petrindo Jaya Kreasi. Perusahaan ini sendiri sudah mulai IPO pada tahun 2023 silam. Hingga saat ini, sudah 6 emiten miliknya yang berada di bursa saham, di antaranya yaitu PT. Barito Pacific Tbk (BRPT), PT. Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). 

Jumlah kekayaan Prajogo Pangestu yang fantastis tentu tidak bisa dilepaskan dari performa perusahaannya yang begitu ciamik. Apalagi dalam satu tahun belakangan, di mana kinerja saham-sahamnya menunjukkan performa yang bagus, bahkan mencapai angka ribuan persen. Makanya, tidak mengherankan jika dalam satu tahun terakhir, kenaikan kekayaannya terjadi cukup cepat. 

Daftar Emiten Saham Prajogo Pangestu di Bursa Saham 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, emiten-emiten saham yang dimiliki oleh Prajogo Pangestu merupakan emiten saham yang menunjukkan kinerja positif di sepanjang 2023. Hal ini juga yang kemudian makin menambah jumlah kekayaannya menjadi makin fantastis. Simak  berikut ini daftar saham Prajogo Pangestu di bursa saham Indonesia dan harganya per 25 Januari 2024. 

  1. PT. Barito Pacific Tbk (BRPT)

PT. Barito Pacific Tbk (BRPT) merupakan perusahaan yang bergerak di sektor barang baku. Saat ini, emiten saham BPRT memiliki volume 464.941 saham, dengan nilai  kapitalisasi pasar sebesar Rp100,57 triliun. Harga saham BRPT per 25 Januari 2024 ini berada di angka Rp1.085 per lembar saham. 

  1. PT. Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN)

PT. Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) merupakan perusahaan Prajogo Pangestu yang bergerak di bidang pertambangan mineral dan energi. Adapun volume saham CUAN mencapai angka 10.349.600 saham. Per 25 Januari 2024 ini, nilai kapitalisasinya mencapai angka Rp101,45 triliun dan harganya Rp8.925. 

  1. PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) merupakan perusahaan Prajogo Pangestu yang bergerak di bidang petrokimia dan infrastruktur. TPIA merajai peringkat kapitalisasi di industri terkait, dengan nilai kapitalisasi pasar per 25 Januari 2024 berada di angka Rp477,97 triliun. Harga TPIA per 25 Januari berada di angka Rp5.525. 

  1. PT. Gozco Plantations Tbk (GZCO)

PT. Gozco Plantations Tbk (GZCO) merupakan perusahaan yang bergerak di sektor barang konsumen primer dan industri produk makanan pertanian. Per 25 Januari 2024, saham ini diperjualbelikan di harga Rp120 dan nilai kapitalisasi pasar sendiri sudah mencapai angka Rp720 miliar. 

  1. PT. Barito Renewables Energy Tbk (BREN)

PT. Barito Renewables Energy Tbk (BREN) merupakan perusahaan Prajogo yang bergerak di sektor infrastruktur dan industri utilitas listrik. Adapun fokus dari perusahaan ini adalah menyediakan energi yang bersih dan emisinya rendah. Per 25 Januari 2024, BREN diperjualbelikan di harga Rp5.300, dengan nilai kapitalisasi pasarnya Rp709,06 triliun. 

  1. PT. Petrosea Tbk (PTRO)

PT. Petrosea Tbk (PTRO) merupakan perusahaan yang bergerak di sektor energi, tepatnya di industri pertambangan, infrastruktur, dan jasa minyak dan gas. Per 25 Januari 2024, harga per lembar saham PTRO berada di angka Rp5.350, sedangkan nilai kapitalisasi pasarnya sendiri sebesar Rp5,23 triliun. 

Pantau Pergerakan Saham via RHB Tradesmart ID 

Baiknya performa saham milik Prajogo Pangestu di tahun 2023 lalu, mungkin membuat Smart People tertarik untuk mengoleksinya. Nah, untuk mempermudah Smart People dalam mengawasi pergerakan harga saham-saham milik orang terkaya nomor satu di Indonesia ini, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi dan trading saham, RHB Tradesmart ID. 

Dengan dukungan fitur Smart Analyzer berteknologi ARO (Assisted Robo Optimization), Smart People bakal bisa lebih mudah mengawasi pergerakan harga saham secara real time, sekaligus melakukan analisis saham. Selain Smart Analyzer, masih ada fitur SMART lain dari RHB Tradesmart ID, yakni Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points, yang bikin investasi jadi makin ekonomis. 

Yuk unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga. Dengan deposit awal minimal Rp100.000 saja, Smart People sudah bisa memulai investasi saham di RHB Tradesmart ID. 

Sumber: 

Mahendra, Rendi. 2023, November 15. Profil Prajogo Pangestu, Orang Terkaya di Indonesia yang Mengalahkan Bos Facebook. Bisnis. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui
https://entrepreneur.bisnis.com/read/20231115/265/1714512/profil-prajogo-pangestu-orang-terkaya-di-indonesia-yang-mengalahkan-bos-facebook. 

Setiawati, Susi. 2023, Desember 27. Singkirkan Bos Djarum, Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya RI. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/research/20231227080524-128-500446/singkirkan-bos-djarum-prajogo-pangestu-jadi-orang-terkaya-ri

Santika, Erlina F. 2023, Desember 08. Intip Kapitalisasi Pasar Emiten-Emiten Orang Kaya RI Prajogo Pangestu. Databoks. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024 melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/12/08/intip-kapitalisasi-pasar-emiten-emiten-orang-kaya-ri-prajogo-pangestu

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal