<< Back

Mengenal Pialang Saham, Apa Saja Sih Perannya?

Pialang saham merupakan bagian tidak terpisahkan dalam investasi. Merekalah yang menjembatani individu dari berbagai latar dengan perusahaan yang menjual sahamnya, dalam hal ini emiten. 

 

Smart People mungkin mengenal pialang dengan sebutan broker. Mereka merupakan orang atau perusahaan sekuritas yang membuka jalanmu untuk masuk bursa efek. Namun, peran pialang saham bukan sekedar perantara. 

 

Selain itu, seorang investor juga perlu teliti dalam memilih pialang saham, dan tentu itu ada caranya. Penasaran? Yuk, kenali lebih dalam apa itu pialang saham.

Pengertian pialang saham dan tugasnya

Pialang saham adalah perantara yang mempertemukan investor atau trader kepada perusahaan atau emiten yang menjual saham. Dari pialang inilah investor bisa membeli saham dari perusahaan atau emiten yang membutuhkan dana. Lewat pialang, investor juga dapat menjualnya di bursa efek. 

 

Tanpa adanya pialang, investor tidak akan bisa melakukan transaksi jual beli saham. Di lain sisi, emiten tidak dapat menjual sahamnya bila tidak dipertemukan dengan investor. Broker juga memiliki peran dalam merekomendasikan saham. Hal ini cukup penting bagi investor yang ingin membeli saham dan perusahaan yang ingin menjual saham. 

 

Peran pialang tentu tidak hanya sebagai perantara. Peran lain mereka adalah:

  • Melakukan eksekusi jual beli saham investor serta aset lainnya, seperti obligasi dan reksa dana hingga saham luar negeri.  
  • Memberikan analisis seputar kondisi bursa dan saham apa yang sedang baik atau buruk, risiko dan kemungkinan imbal hasil, serta edukasi seputar pasar modal dan aplikasi trading.
  • Bagi investor dan trader berpengalaman, fasilitas pinjaman margin bisa didapat dari seorang broker. 
  • Menyimpan dan mengamankan data transaksi dari rekening investor serta data lainnya, seperti jumlah penarikan dan pajak.
  • Menjadi salah satu sumber ilmu dan menjawab pertanyaan investor seputar saham. 

 

Pialang atau broker mengarah kepada individu atau perusahaan sekuritas itu sendiri. Pada dasarnya, broker akan membantu klien menjual dan membeli saham langsung dari bursa efek. Namun, ada pula yang membeli dan menjual lewat akun miliknya. Yang kedua ini biasa disebut dealer. 

 

Di samping broker, perusahaan pialang saham juga terdiri dari bagian underwriter. Fungsi  ini memiliki andil dalam membantu perusahaan dalam pelaksanaan penawaran umum saham (Initial Public Offering/IPO).

 

Analisis dan pengambilan keputusan broker juga didukung oleh tim riset perusahaan. Orang-orang di dalamnya bisa terdiri dari ahli ekonomi dan analis. 

Sumber penghasilan pialang saham

Seorang broker memperoleh penghasilan pokok dari perusahaan sekuritas tempatnya bekerja. Selain itu, mereka juga mendapat penghasilan tambahan atau komisi setiap kliennya melakukan transaksi jual maupun beli saham. Dari kombinasi pemasukan tersebut, tidak heran bila seorang broker berpengalaman bisa hidup dengan cukup atau bahkan lebih. 

Jenis pialang saham

Pialang saham dibagi menjadi dua jenis bila dilihat dari siapa klien mereka. Kedua jenis tersebut adalah broker institusional dan broker retail. Broker institusional menyediakan layanan khusus untuk korporasi atau perusahaan yang ingin menanamkan modal di bursa efek. Sedangkan, broker retail lebih merujuk ke perorangan dengan latar belakang apa pun. 

 

Lebih dari itu, ada beberapa tipe pialang atau broker saham berdasarkan pelayanan yang diberikan. Investor yang mengetahui hal ini bisa memaksimalkan imbal hasil mereka dengan menghindari biaya dari layanan yang tidak diperlukan. Adapun tipe tersebut di antaranya:

  • Broker layanan penuh. Tipe tradisional ini memberikan layanan yang luas dengan biaya tinggi. Selain memperoleh analisis seputar harga saham terbaru, bursa efek, dan kondisi ekonomi yang mempengaruhinya. Mereka juga menyediakan konsultasi serta manajemen keuangan. 
  • Broker diskon. Tipe berikut ini menyediakan layanan yang lebih murah. Bedanya, investor tidak didukung sepenuhnya dalam melakukan riset. Biasanya broker menyediakan aplikasi via ponsel atau desktop kepada investor. 
  • Layanan berbasis aplikasi atau Robo-advisor. Ini merupakan layanan termurah yang sudah banyak disediakan perusahaan sekuritas saat ini. Keterlibatan broker minim di sini dan seluruh keputusan bisa sepenuhnya berasal dari aplikasi. 

Dari jenis-jenis tersebut, dapat diketahui layanan mana yang cocok untuk investor berbeda. Investor pemula akan memerlukan dukungan serta masukan banyak dari broker. Sedangkan, investor yang sudah berpengalaman akan mengurangi layanan penuh dari broker. 

Cara memilih pialang saham

Sebagai investor, Smart People harus memilih pialang saham yang kredibel sehingga Smart People bisa memaksimalkan transaksi saham dengan lebih optimal. Smart People bisa memeriksa perusahaan pialang atau sekuritas di website Bursa Efek Indonesia (BEI). 

 

Seorang broker yang diandalkan tidak sekedar punya pemahaman saham serta analisis mumpuni. Mereka perlu mengantongi izin Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) yang dikeluarkan OJK. 

 

Perusahaan pialang yang besar dan sudah berpengalaman juga bisa dilihat dari nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang tinggi. MKBD ini menunjukkan seberapa kredibelnya perusahaan beserta para brokernya. Smart People bisa melihat nilai MKBD di website BEI. 

 

Hal lainnya yang dapat Smart People jadikan pertimbangan dalam memilih pialang saham di antaranya:

  • Pilih yang menyediakan setoran awal terjangkau. Umumnya harga dimulai dari Rp100 ribu. Pemilihan harga termurah ini sangatlah aman bagi investor yang baru  terjun ke bursa efek.
  • Komisi broker kecil. Dengan begitu, investor tidak diberatkan dengan biaya tinggi saat membeli ataupun menjual saham. 
  • Memiliki aplikasi online trading. Aplikasi yang disediakan harus bisa mempermudah investor atau trader dalam melakukan transaksi saham serta memantau pergerakan pasar .

 

Memahami seperti apa pialang saham dan bagaimana caranya bekerja akan memberikan gambaran bagimu. Hal ini tentunya dapat membantu keputusan dalam memilih siapa yang akan mendukungmu selama bertransaksi di bursa efek. 

 

Masih bingung menentukan pialang pilihan? Cek halaman utama RHBTRADESMARTID dan temukan alasan kenapa kami cocok untuk investasi dan trading-mu. Manfaatkan aplikasi trading saham yang sudah dilengkapi berbagai fitur untuk mempermudah kegiatan investasi dan trading di mana saja dan kapan saja. Download sekarang di Play Store dan App Store sekarang.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal