<< Back

Mengenal Lot Saham dalam Investasi

Ada banyak istilah yang perlu dipelajari dalam belajar saham pemula. Salah satunya adalah lot yang merupakan istilah paling sering digunakan dalam dunia investasi. Bagi yang baru belajar mungkin belum tahu berapa saham dalam 1 lot tersebut, berikut penjelasan lebih lengkapnya. 

Masih menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang 1 lot itu ada berapa lembar saham. Berikut informasi mengenai pengertian lot, harga, dan fungsinya.

Pengertian lot

Lot adalah satuan standar dalam instrumen keuangan yang diperdagangkan dalam pasar bursa. Standar 1 lot saham ditetapkan yaitu 100 lembar saham. Peraturan ini berubah jika sebelumnya 1 lot berisi 500 lembar saham.

Alasan jumlah lembar saham untuk 1 lot ini diperkecil bertujuan agar pasar modal menjadi lebih likuid. Diharapkan dengan memperkecil jumlah saham dalam 1 lot ini para investor ritel juga bisa menanamkan modalnya di pasar bursa.

Selain lot, ada juga istilah Odd lot yang digunakan untuk saham dengan jumlah tidak genap. Misalnya saja 1 lot berisi 150 lembar saham, maka saham ini disebut odd lot. Biasanya odd lot hanya dijual di pasar negosiasi dan terjadi apabila right issue.

Harga 1 lot saham

Semua emiten saham menggunakan standar BEI dengan 1 lot untuk 100 saham. Namun untuk harga per lot saham dari masing-masing perusahaan ini berbeda. Ada emiten yang harga 1 lot sahamnya hanya 150 ribu dan ada juga yang 1 lot sahamnya berharga hingga 1,5 milyar.

Tujuan penetapan lot oleh BEI

Bursa Efek Indonesia menetapkan ketentuan 1 lot saham untuk 100 lembar saham. Hal ini dilakukan dengan beberapa tujuan seperti berikut.

  • Mempercepat perusahaan menerima permodalan

Lot saham yang berisi 100 lembar ini sudah diperkecil dari sebelumnya 500 lembar. Hal ini bertujuan untuk mempercepat dan melindungi para perusahaan dalam mendapatkan modal. Emisi saham yang dilakukan perusahaan dapat membantu permodalan dengan jumlah besar yang dibutuhkan.

Penetapan standar lot saham ini juga berguna untuk melindungi emiten dari para investor yang kurang serius. Hal ini tentu dapat berpengaruh pada lambatnya perusahaan mendapatkan modal melalui penjualan saham yang ditawarkan.

  • Menjaga nominal ideal untuk transaksi saham

Tujuan penetapan 1 lot saham juga untuk menjaga nominal ideal untuk transaksi saham antara emiten, investor, dan underwriter. Jika BEI mengizinkan pembelian per lembar saham tentunya akan lebih sulit dan merepotkan.

Adanya penetapan 1 lot saham bertujuan untuk mempermudah pencatatan dan transaksi saham. Hal ini dapat membantu efisiensi transaksi terutama untuk saham-saham dengan nominal kecil. Jadi penetapan lot dapat mempersingkat pekerjaan underwriter, bursa efek, dan juga emiten.

  • Menarik minat investasi masyarakat

Minat investasi saham di masyarakat sudah semakin meningkat dengan semakin banyak yang belajar saham pemula. Penetapan 1 lot saham ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat dan membuatnya lebih tertarik untuk investasi saham.

Perhitungan hasil menggunakan per lot saham dianggap lebih menarik dibandingkan dengan per lembar saham. Hal tersebut karena perhitungan hasilnya akan jauh lebih besar menggunakan per lot saham.

  • Mempermudah perhitungan hasil investasi

BEI menetapkan standar 1 lot saham untuk membantu pelaku pasar modal dalam menghitung penghasilan dari investasi dan juga perhitungan bagi hasil untuk para investor. Melalui perhitungan per lot saham, pelaku pasar modal dapat lebih mudah untuk menghitung hasil investasi dari saham-saham yang diperjualbelikan di bursa efek.

Tips investasi 1 lot saham

1 lot saham bisa saja memberatkan untuk para investor pemula karena harus membeli dalam jumlah standar tersebut. Jika Smart People berencana untuk investasi 1 lot saham, sebaiknya pelajari beberapa tips penting berikut.

  • Menabung agar bisa membeli 1 lot saham

Membeli saham memang tidak bisa sesuka hati karena investor harus membeli minimal saham seperti 1 lot. Harga 1 lot saham ini bisa saja terasa mahal dan memberatkan. Nah, untuk mengakalinya Smart People bisa mulai menabung agar nantinya bisa membeli 1 lot saham.

Menabung dapat memudahkan dan meringankan saat investasi 1 lot saham. Smart People bahkan bisa membeli lebih dari 1 lot saham jika bisa menabung lebih banyak lagi.

  • Mulai dari saham perusahaan kecil

Sebagian investor mungkin akan lebih aman untuk menanamkan modalnya pada saham-saham blue chip. Namun perlu Smart People ketahui bahwa saham-saham unggulan ini kebanyakan harganya mahal mulai dari belasan ribu hingga jutaan untuk per lembarnya.

Jadi sebaiknya Smart People mulai dengan investasi pada saham-saham perusahaan kecil dulu. Pilih saham yang lebih murah dan memiliki potensi atau prospek yang bagus. Jika sudah memiliki modal lebih banyak, Smart People bisa mencoba berinvestasi pada saham yang lebih besar. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan risiko dari saham tersebut.

  • Ketahui harga lot saham yang diincar

Smart People harus mempelajari terlebih dulu berapa harga rata-rata dari 1 lot saham yang dijual oleh perusahaan incaran Smart People. Biasanya semakin bagus kredibilitas emiten, harga saham per lotnya juga akan semakin besar. Smart People dapat mencari informasinya seperti melalui internet untuk harga saham per lot terkini.

Itulah beberapa hal penting mengenai istilah lot untuk belajar saham pemula. Intinya dalam dunia investasi saham, Smart People harus belajar seperti istilah-istilah yang digunakan atau strategi investasi saham yang bisa diterapkan.

Jika ingin lebih mahir untuk investasi saham, Smart People tentunya harus memberanikan diri berinvestasi. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store untuk investasi saham yang lebih mudah.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal