<< Back

Mengenal Daftar Saham Migas di Indonesia 

Saham minyak dan gas (migas) merupakan saham yang tergolong ke dalam sektor energi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saat ini, ada belasan saham migas  di BEI, yang mana saham minyak dan gas dengan nilai kapitalisasi tertinggi saat ini dipegang oleh PT. AKR Corporindo Tbk (AKRA). Smart People bisa simak daftar saham migas  di Indonesia pada ulasan di bawah ini. 

10 Saham Migas  dengan Nilai Kapitalisasi Tertinggi per 25 Januari 2024  

  1. PT. AKR Corporindo Tbk (AKRA)

PT. AKR Corporindo Tbk (AKRA) merupakan perusahaan yang bisnis utamanya meliputi perdagangan dan distribusi bahan kimia dasar dan industri minyak bumi, distribusi pelumas kendaraan, serta jasa logistik. Per 25 Januari 2024, AKRA dijual per lembar sahamnya seharga Rp1.650, sedangkan untuk nilai kapitalisasi pasarnya saat ini adalah sebesar Rp32,56 triliun. 

  1. PT. Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) 

Saham migas  lainnya dengan nilai kapitalisasi tertinggi saat ini di Indonesia adalah PT. Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). Emiten satu ini bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak tanah dan gas alam. Per 25 Januari 2024, MEDC dijual per lembar sahamnya dengan harga Rp1.190, sedangkan untuk nilai kapitalisasi pasarnya saat ini adalah sebesar Rp25,78 triliun. 

  1. PT. Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)

PT. Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) juga termasuk ke dalam 10 besar saham migas  dengan nilai kapitalisasi pasar tertinggi saat ini. Saat ini, PGAS fokus mengembangkan penggunaan gas alam untuk kepentingan masyarakat, serta memastikan ketersediaan dan kualitas gas alam. Per 25 Januari 2024, harga per lembar PGAS adalah Rp1.135 dan nilai kapitalisasi pasarnya di angka Rp27,51 triliun. 

  1. PT. Rukun Raharja Tbk (RAJA) 

PT. Rukun Raharja Tbk (RAJA) merupakan emiten migas yang bergerak di bidang jasa distribusi gas bumi. Per 25 Januari 2024, harga per lembar saham RAJA berada di angka Rp.1470. Sedangkan untuk nilai kapitalisasi pasarnya, saat ini berada di angka Rp6,21 triliun. Akhir tahun 2023 lalu merupakan salah satu momentum bagus bagi RAJA, ditandai dengan harga sahamnya yang melejit. 

  1. PT. Energi Mega Persada Tbk (ENRG) 

Saham migas  yang juga memiliki nilai kapitalisasi pasar yang tinggi adalah saham emiten PT. Energi Mega Persada Tbk (ENRG). Emiten satu ini bergerak di bidang eksplorasi dan perdagangan gas dan minyak bumi. Perusahaan yang merupakan bagian dari Grup Bakrie ini tercatat harganya di angka Rp210 dan nilai kapitalisasi pasarnya Rp5,21 triliun per 25 Januari 2024. 

  1. PT. Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP)

PT. Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP) merupakan emiten saham migas  yang bergerak di bidang pelayaran, terkhusus penyediaan kapal lepas pantai untuk kebutuhan industri hulu migas. Perusahaan yang telah beroperasi sejak tahun 1989 silam ini mencatatkan harga per lembar saham di angka Rp1.155 saham per 25 Januari 2024 dan nilai kapitalisasi pasarnya Rp3,14 triliun. 

  1. PT. Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS)

PT. Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan gas alam cair, minyak mentah, bahan bakar minyak, bahan kimia, kontainer, batu bara, serta kargo laut lainnya. Per 25 Januari 2024, saham emiten yang juga menyediakan layanan awak kapal ini dijual di harga Rp426, dengan nilai kapitalisasi pasar Rp2,95 triliun. 

  1. PT. Buana Lintas Lautan Tbk (BULL)

PT. Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) merupakan emiten saham migas  yang bergerak di bidang pelayaran luar dan dalam negeri. Perusahaan ini sudah dikenal luas sebagai perusahaan kapal tanker minyak dan gas di Indonesia. Per 25 Januari 2024, harga saham BULL berada di angka Rp155 per lembarnya, sedangkan nilai kapitalisasi pasarnya sendiri berada di angka Rp2,18 triliun.  

  1. PT. Super Energy Tbk (SURE)

PT. Super Energy Tbk (SURE) adalah perusahaan holding gas, yang kegiatan perusahaannya mencakup aktivitas seperti produksi gas lemah, LPG (Liquid Petroleum Gas), kondensasi, serta CNG (Compressed Natural Gas). Harga per lembar saham emiten SURE per tanggal 25 Januari 2024 berada di angka Rp1.300, sedangkan nilai kapitalisasi pasarnya sebesar Rp1,94 triliun. 

  1. PT. Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI)

Emiten saham migas  selanjutnya adalah PT. Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI). Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan infrastruktur energi ini terbilang masih baru, berdiri pada tahun 2016 silam dan melantai di bursa saham pada Agustus 2023. Saat ini, harga HUMI per 25 Januari 2024 tercatat di angka Rp80, dengan nilai kapitalisasi pasar Rp1,44 triliun. 

Siap Koleksi Saham Migas  Incaran dengan RHB Tradesmart ID 

Memilih salah satu dari belasan saham migas  di pasar saham memang tidaklah mudah. Namun, Smart People bisa buat keputusan investasi dengan lebih mudah menggunakan aplikasi trading dan investasi saham, RHB Tradesmart ID. Aplikasi satu ini sudah dilengkapi dengan fitur Smart Analzyer, yang bisa bantu menganalisis saham, sehingga pengambilan keputusan investasi terasa lebih mudah. 

Tidak hanya investasi yang mudah, namun investasi saham yang ekonomis juga bakal bisa dirasakan. Bayangkan saja, Smart People sudah bisa mulai investasi dengan deposit awal sebesar Rp100.000 saja. Nantinya, dengan adanya fitur Smart Rate dan Smart Fee dari RHB Tradesmart ID, biaya transaksi dan biaya margin pun juga akan rendah dan biaya investasi jadi lebih terjangkau. 

Yakin mau menunda-nunda mendapatkan imbal hasil dari investasi saham? Segera unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan rasakan kemudahan investasi saham dengan dukungan fitur SMART miliknya. 

Sumber: 

Tim IDN Financials. Saham Sektor Energi Sub-Sektor Minyak dan Gas. IDN Financials. Diakses pada tanggal 26 Januari 2024 melalui https://www.idnfinancials.com/id/company/industry/oil-and-gas-a11

Winarni, 2023, Oktober 24. 8 Emiten Migas dengan Pendapatan Tertinggi per Semester I/2023. Data Indonesia. Diakses pada tanggal 26 Januari 2024 melalui https://dataindonesia.id/pasar-saham/detail/8-emiten-migas-dengan-pendapatan-tertinggi-per-semester-i2023

Lestari, Estrin Vanadianti. 2023, Februari 08. 18 Saham Perusahaan Minyak Bumi & Gas Yang Terdaftar di BEI. Investasiku. Diakses pada tanggal 26 Januari 2024 melalui https://www.investasiku.id/eduvest/saham/daftar-perusahaan-minyak-bumi-dan-gas-terdaftar-di-bei

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal