<< Back

Mengenal Daftar Bursa Efek di Dunia, Apakah Indonesia Masuk Salah Satu yang Terbesar?

Daftar Bursa Efek di Dunia

Setidaknya ada sekitar 80 bursa saham utama dalam daftar bursa efek di dunia. Bursa Efek Amsterdam atau The Amsterdam Stock Exchange tampaknya menjadi yang tertua yang didirikan pada tahun 1602.

Indonesia juga memiliki bursa saham atau bursa efek yaitu Bursa Efek Indonesia (BEI). Apakah BEI ini masuk dalam daftar bursa terbesar di dunia?

Apa Itu Bursa Efek?

Bursa efek atau bursa saham adalah jenis pasar yang memperdagangkan efek atau ekuitas seperti saham, obligasi, dan lain-lain. Seluruh aktivitas jual-beli efek ini tunduk sesuai peraturan masing-masing bursa.

Seperti di Indonesia misalnya yang diatur dan dikelola oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham atau efek diperdagangkan setiap hari sesuai jam perdagangan yang berlaku. Saham tersedia atau bisa diperjualbelikan setelah melakukan penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Perusahaan melakukan penawaran perdana melalui IPO atau yang dikenal juga sebagai pasar perdana. Harga saham tersebut kemudian akan berfluktuasi sesuai pasar dan dapat diperdagangkan secara umum di pasar sekunder.

Fungsi dan Peran Bursa Efek

Bursa efek menjadi pihak yang menyediakan sistem dan sarana untuk perdagangan efek. Adanya bursa efek memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut.

1. Keamanan Transaksional

Pihak bursa memiliki peran penting dalam menjamin keamanan seluruh transaksi perdagangan efek. Salah satunya dengan memastikan perusahaan yang melantai di bursa hanya mereka yang sudah diverifikasi dan memenuhi standar bursa efek.

2. Penilaian Sekuritas

Pasar efek ini membantu investor dalam menilai suatu perusahaan berdasarkan penawaran dan permintaan sahamnya. Saham dari perusahaan dengan prospek bagus biasanya banyak diperdagangkan dan harganya pun lebih tinggi.

3. Alokasi Modal yang Lebih Baik

Pasar saham memiliki peran dalam menyediakan modal segar bagi perusahaan. Selain itu, melalui perdagangan di bursa ini juga para investor dapat mengelola modal untuk mendapatkan imbal hasil.

4. Barometer Ekonomi

Pasar saham memang akan selalu berkaitan dengan kondisi perekonomian. Bursa saham dapat menjadi barometer kondisi ekonomi di suatu negara atau bahkan keadaan ekonomi global. Secara umum, kondisi pasar saham yang baik menunjukan kondisi ekonomi yang sedang bagus dan sebaliknya.

5. Kontributor Pertumbuhan Ekonomi

Bursa saham menyediakan sarana untuk transaksi saham dari berbagai perusahaan yang dilakukan secara terus menerus. Peran bursa saham ini menawarkan peluang untuk modal terus berkembang yang berdampak pada pertumbuhan perekonomian.

6. Menawarkan Ruang untuk Spekulasi

Bursa mengizinkan spekulasi yang sehat terhadap saham-saham yang diperdagangkan. Hal tersebut mendorong transaksi permintaan dan penawaran saham atau efek yang lebih transparan dan kompetitif.

7. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Investasi

Bursa efek juga memiliki peran dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terutama terkait dengan pasar modal. Melalui edukasi dari bursa efek ini membantu masyarakat lebih mengenal dan tertarik dengan investasi saham atau efek.

Daftar Bursa Efek di Dunia

Daftar bursa efek di dunia cukup panjang dengan bursa Amerika yakni New York Stock Exchange yang menjadi bursa saham terbesar di dunia. Berikut daftar beberapa bursa efek yang ada di seluruh dunia.

1. The New York Stock Exchange (NYSE)

NYSE adalah bursa efek yang sudah ada sejak tahun 1792 dan dianggap sebagai pusat keuangan global. Saham pertama yang diperdagangkan bursa ini diyakini adalah Bank of New York. Per Desember 2023, NYSE menjadi bursa saham dengan kapitalisasi pasar mencapai US$ 25,56 Triliun.

2. The Tokyo Stock Exchange (TSE)

Bursa Jepang ini diperkirakan dibuka sekitar tahun 1878 dan sekarang menjadi bagian dari Japan Exchange Group (JPX). JPX menggabungkan TSE, Osaka Securities Exchange, serta Tokyo Commodity Exchange.

Pada akhir tahun 2023, perusahaan yang tercatat di JPX ada sekitar 3.930 perusahaan. Disebut-sebut sebagai bursa terbesar kelima di dunia, JPX memiliki kapitalisasi pasar dengan nilai mencapai US$ 6,15 Triliun.

3. The London Stock Exchange (LSE)

LSE menjadi bursa terbesar kesembilan di dunia yang didirikan sekitar tahun 1801. Nilai kapitalisasi pasar per September 2023 dari bursa ini diperkirakan sekitar US$ 3,42 Triliun. 

4. The National Stock Exchange of India (NSE)

Bursa efek India didirikan pada tahun 1992 dan mulai menawarkan perdagangan elektronik di tahun 1994. Kapitalisasi pasar NSE per Desember 2023 disebut-sebut mencapai US$ 4,3 Triliun.

5. The Hong Kong Stock Exchange (HKEX)

HKEX termasuk dalam daftar 10 bursa saham terbesar di dunia. Pada awal tahun 2024, sudah ada lebih dari 2.500 perusahaan yang melantai di bursa Hong Kong. Per Desember 2023, bursa Hong Kong mewakili kapitalisasi pasar hingga US$ 3,97 Triliun.

Posisi Indonesia di Bursa Efek Dunia

Dari seluruh daftar bursa efek di dunia, New York Stock Exchange (NYSE) menjadi yang terbesar dan disusul oleh Nasdaq Stock Market (NASDAQ) yang keduanya berbasis di Amerika. Lantas, bagaimana dengan Bursa Efek Indonesia (BEI)?

Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) memang belum bisa masuk dalam 10 bursa efek terbesar di dunia. Namun, pada awal tahun 2024 ini IDX menduduki peringkat pertama sebagai bursa dengan kapitalisasi terbesar di ASEAN.

Per 15 Maret 2024, BEI mewakili total kapitalisasi pasar sebesar Rp 11.692 Triliun yang lebih besar dibanding Singapura. Bursa Singapura (SGX) diketahui memiliki kapitalisasi pasar Rp 8.691 Triliun dan di bawahnya ada bursa Thailand (SET) dengan kapitalisasi pasar Rp 7.397 Triliun.

Itulah daftar bursa efek di dunia dengan nilai kapitalisasi pasar masing-masing. Apakah Smart People sudah pernah bertransaksi di salah satu bursa di atas?

Jika Smart People ingin jual-beli saham yang diperdagangkan di bursa Indonesia, bisa melalui aplikasi RHB TradeSmart ID. Yuk download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store.

Referensi:

David R. Harper. 2024. “Types of Stock Exchange”. Investopedia.com

BYJU’S. “What is Stock Exchange”. Byjus.com

Ryan Furhmann. 2024. “Stock Exchanges Around the World”. Investopedia.com

Romys Binekasri. 2024. “Kapitalisasi Pasar Bursa Saham RI Terbesar di ASEAN, tapi..”. Cnbcindonesia.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal