<< Back

Mengenal Analisis Fundamental Saham yang Wajib Smart People Tahu!

Analisis fundamental merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan prospek kenaikan suatu nilai saham. Berbeda dengan analisis teknikal yang lebih sering digunakan untuk kebutuhan trading saham jangka pendek, analisis fundamental menjadi salah satu cara membeli saham untuk investasi jangka panjang dengan melihat kondisi ekonomi dan kondisi perusahaan terkait.

Bagi para investor saham, analisis fundamental menjadi hal penting yang perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian. Metode ini dilakukan dengan mengacu pada laporan keuangan suatu perusahaan, kondisi ekonomi makro dan mikro, serta kondisi industri atau sektor sejenisnya. 

1.     Memeriksa fundamental perusahaan

Analisis fundamental saham dilakukan untuk mengetahui nilai saham suatu perusahaan sehat atau tidak. Smart people dapat melihat kemampuan dari perusahaan itu sendiri untuk menghasilkan cash flow di masa mendatang. Berikut beberapa indikator yang digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan. 

  •         Asset and Liability

Menghitung berapa aset yang dimiliki perusahaan dan mengecek apakah aset tersebut produktif atau tidak. Smart people sebaiknya juga mengecek pembiayaan dari aset tersebut, apakah dari modal sendiri atau utang.

  •         Debt Equity Ratio

Rasio utang atau DER adalah batasan mengenai kemampuan perusahaan untuk membayar hutang dan bunga. Pastikan perusahaan tidak memiliki utang melebihi standar maksimal dari DER.

  •         Cash flow

Gunakan laporan keuangan perusahaan untuk melihat keuntungan perusahaan yang diperoleh dan memastikannya tidak berasal dari suntikan modal.

  •         Earning per Share

Semakin tinggi EPS semakin baik untuk nilai saham perusahaan. Smart People sebaiknya juga memastikan saham perusahaan tersebut memiliki kapitalisasi pasar dengan nilai lebih dari 5 Miliar Rupiah.

2.     Perhatikan deviden

Deviden adalah pembagian hasil untuk para pemegang saham sesuai dengan persetujuan setelah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Pembayaran deviden menjadi indikasi bahwa keuangan perusahaan sehat.

3.     Analisa ekonomi makro

Analisis makro dilakukan untuk mengetahui kondisi ekonomi negara secara keseluruhan. Tidak hanya mempelajari cara membeli saham saja, Smart People juga perlu untuk bisa menganalisa kondisi ekonomi yang berpengaruh pada nilai suatu saham. Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi ekonomi negara dan pasar saham.

  •         Tingkat inflasi

Inflasi dapat terjadi karena perubahan uang yang beredar di masyarakat. Biasanya saat terjadi inflasi yang tinggi, maka akan dikeluarkan kebijakan berupa kenaikan tingkat suku bunga.

  •         Tingkat pengangguran

Jumlah pengangguran yang ada di suatu negara merupakan salah satu gambaran mengenai kondisi ekonomi makro. Apabila ekonomi suatu negara baik, maka tingkat pengangguran di negara tersebut rendah.

  •         Neraca perdagangan

Neraca perdagangan adalah perbandingan antara nilai ekspor dan nilai impor suatu negara. Neraca perdagangan dapat menjadi indikasi untuk mengetahui kondisi ekonomi dan kemampuan daya saing suatu negara di dunia internasional.

  •         Aliran modal asing

Ada banyak hal yang perlu dipelajari untuk investasi saham online agar memberikan hasil yang terbaik. Salah satunya adalah menganalisa kondisi ekonomi yang berpengaruh pada pasar saham. Aliran modal asing menjadi instrumen investasi keuangan yang dapat mempengaruhi pasar bursa.

  •         Perkembangan ekonomi global

Kondisi ekonomi global juga membawa dampak untuk ekonomi dalam negeri dan pasar saham. Contohnya adalah saat harga minyak dunia naik, yang membuat saham pertambangan juga ikut bergerak naik.

4.     Sumber informasi yang valid

Gunakan data-data dari sumber yang terpercaya dan valid. Melalui sumber yang valid, Smart People bisa mendapatkan informasi pergerakan saham, latar belakang perusahaan, kinerja keuangan, kondisi ekonomi makro, dan lainnya yang penting untuk analisis fundamental. Berikut beberapa sumber informasi yang valid untuk analisis fundamental saham.

  •         Situs Bursa Efek Indonesia

Smart People bisa mendapatkan berbagai informasi terkait perusahaan publik terbaru yang memiliki saham di BEI melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Setiap emiten diharuskan menyampaikan material soal saham ke bursa. Beberapa informasi yang bisa diperoleh dari situs ini antara lain corporate action emiten, laporan keuangan tahunan, jadwal RUPS, laporan tahunan, dan laporan keterbukaan informasi perusahaan.

  •         Situs Bank Indonesia

Situs BI dapat memberikan informasi seperti suku bunga acuan, kurs Rupiah, neraca pembayaran, dan proyeksi ekonomi. Informasi yang disampaikan pada situs ini bisa menjadi acuan untuk melihat perkembangan ekonomi dan moneter yang diperlukan dalam analisis fundamental saham.

  •         Situs resmi perusahaan

Situs resmi dari setiap emiten juga bisa digunakan untuk mencari informasi valid mengenai perkembangan perusahaan. Investor saham dapat mengecek kondisi internal dari sebuah perusahaan untuk analisis yang diperlukan sebelum membeli saham.

  •         Situs berita terpercaya

Fluktuasi nilai saham seringkali dipengaruhi oleh pemberitaan dan rumor yang sedang terjadi di masyarakat. Smart People bisa menggunakan situs berita terpercaya, baik cetak maupun digital untuk analisis fundamental terkait kondisi ekonomi terkini.

  •         Situs Badan Pusat Statistik

Perkembangan ekonomi, inflasi, jumlah pengangguran adalah beberapa informasi penting untuk analisis fundamental saham yang bisa diperoleh dari situs BPS. Lembaga resmi yang memiliki wewenang untuk menyampaikan data statistik Indonesia ini tentunya bisa menjadi sumber informasi yang valid.

Itulah beberapa langkah untuk analisis fundamental yang penting untuk dilakukan para investor saham. Analisis fundamental menjadi bagian dari cara membeli saham yang penting untuk dilakukan agar risiko kerugian saham dapat ditekan.

Bagi Smart People yang ingin melakukan analisis fundamental dan memulai investasi saham, bisa segera download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal