<< Back

Mengatur Keuangan dan Cara Membeli Saham yang Tepat

Seiring berjalannya usia, seseorang harus mempunyai suatu pengelolaan keuangan yang terukur dan sesuai. Pasalnya, manajemen keuangan akan sangat berguna sehingga masa depan akan dapat terjaga dan Smart People dapat mencukupi segala kebutuhan secara maksimal.

Hanya saja, ternyata tidak banyak yang tahu bagaimana cara pengelolaan keuangan yang tepat. Tidak jarang pengetahuan kita hanya sebatas cara membeli saham atau penyimpanan aset guna menjadi cadangan di masa sulit mendatang.

4 Cara Manajemen Keuangan yang Baik

Pengelolaan keuangan sejatinya bukan hal yang mudah. Namun, Smart People dapat mencoba beberapa cara berikut sembari mengetahui sisi positif maupun negatif dari metode yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup saat ini.

1. Selalu menyiapkan anggaran

Salah satu cara yang bisa dibilang cukup ampuh untuk mulai mengelola keuangan adalah dengan menyiapkan anggaran sebagai sebuah acuan untuk segala perhitungan finansial. Anggaran ini bisa menjadi gambaran mana saja yang menjadi kebutuhan maupun keinginan semata.

Anggaran ini juga dapat digunakan untuk mengatur biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Dengan demikian, Smart People juga dapat memfilter prioritas seperti apa yang seharusnya didahulukan.

2. Menghindari utang

Bisa dibilang, utang adalah sebuah kendala besar dalam pengelolaan keuangan yang baik. Pasalnya, Smart People harus menyisihkan penghasilan untuk membayar tagihan dalam periode waktu tertentu. Jika sudah terlanjur, ada baiknya diselesaikan terlebih dahulu sehingga dapat menjadi langkah awal dalam mengelola keuangan yang kuat di masa mendatang.

Dengan demikian, Smart People dapat mengalokasikan dana tagihan ke dalam hal-hal lain yang bermanfaat, seperti menjalankan cara membeli saham, menabung, hingga menyimpannya untuk berbagai kebutuhan yang mendesak. Secara tidak langsung, pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai akan terpenuhi secara optimal.

3. Membuat catatan keuangan

Selain anggaran, catatan keuangan juga sangat penting sebagai pengelolaan keuangan yang baik. Dengan adanya catatan ini, Smart People dapat mengetahui secara rinci pengeluaran apa yang sudah dilakukan sehingga kedepannya dapat memfilter pengeluaran apa saja yang tidak diperlukan.

4. Mulai menabung dan berinvestasi

Menabung memang menjadi salah satu cara pengelolaan uang yang efektif untuk persiapan di masa yang akan datang. Begitu pula dengan investasi yang sebaiknya Smart People mulai sejak saat ini juga untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil bahkan bertambah kuat seiring waktu.

Berinvestasi dapat dilakukan pada asset apapun, mulai dari emas, property, hingga yang paling tren saat ini yakni investasi saham. Apapun instrumen investasi yang dijalankan, asal konsisten Smart People dapat mewujudkan kehidupan yang ideal tanpa perlu cemas.

Membeli Saham Berdasarkan Kondisi Pasar

Investasi memang menjadi hal yang saat ini sedang banyak digaungkan, misalnya dengan berinvestasi saham di berbagai emiten. Ada banyak orang yang kemudian belajar saham sembari mencari berbagai pengetahuan seputar itu. Adapun salah satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah pembelian saham berdasarkan kondisi market (pasar).

Memperhatikan kondisi pasar ketika akan membeli saham merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat membuat para pelaku investasi akan menjadi lebih nyaman. Namun, indikator seperti apa yang kemudian membuat pasar saham terbilang ideal? Berikut beberapa di antaranya.

1. Bersifat efisien dan likuid

Pasar yang efisien ditandai dengan penyebaran informasi yang simetris dan bersamaan untuk semua orang yang berada dalam lingkup pasar saham. Hal ini membutuhkan peran perusahaan atau emiten sehingga informasi yang beredar benar valid dan akurat.

Selain itu, kondisi pasar juga harus likuid. Artinya, saham yang ditransaksikan dapat dengan mudah dilepas jika pemiliknya membutuhkan dana segar. Pasar yang likuid juga ditandai dengan selisih harga permintaan dan penawaran yang sesuai dengan pasar.

2. Transaksi yang wajar

Kondisi pasar yang ideal juga ditandai dengan transaksi pada bursa efek yang wajar, murni dari permintaan dan penawaran. Dengan kata lain, hukum mekanisme pasar berjalan sebagaimana mestinya di mana jika permintaan tinggi maka harga saham juga akan naik.

Kalau semua transaksi pada bursa tersebut berjalan dengan wajar, tentu tidak ada lagi yang namanya saham gorengan. Saham tersebut terbentuk oleh pihak-pihak yang memainkan pasar sehingga transaksi yang terjadi hanyalah upaya untuk membentuk harga.

3. Biaya yang ekonomis

Transaksi saham tentu juga tidak terlepas dari berbagai biaya, termasuk biaya yang dikeluarkan oleh para investor dalam mentransaksikan uang atau saham yang dimilikinya. Dengan fee yang lebih hemat namun dengan layanan yang maksimal, sudah pasti menjadi kondisi ideal untuk bertransaksi dalam hal saham.

Demikian beberapa penjelasan mengenai pengelolaan keuangan, cara membeli saham yang tepat berdasarkan pasar, dan sejumlah informasi mengenai kondisi pasar yang terbilang ideal. Nah, buat Smart People yang ingin lebih yakin dengan kondisi pasar dan saham yang baik, tidak ada salahnya untuk langsung menggunakan aplikasi RHB Tradesmart.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur terbaik guna mendukung kegiatan investasi saham yang nyaman meskipun dilakukan secara online. Nah, tunggu apa lagi. Segera download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store maupun App Store sekarang juga!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal