<< Back

Mengapa Kamu Harus Memilih Investment Banking Saat Trading Saham Online

Pernahkah Anda mendengar istilah investment banking atau perbankan investasi? Investment banking adalah salah satu lembaga keuangan kelas tinggi yang membantu perusahaan untuk mengakses pasar modal dengan tujuan ekspansi ataupun tujuan lainnya. 

 

Contohnya suatu perusahaan A ingin membangun cabang perusahaannya di negara atau di kota lain. Perusahaan A pasti membutuhkan sejumlah dana dan juga berbagai pengurusan perizinan untuk dapat melakukan pembangunan tersebut. Maka disini investment banking akan membantu perusahaan A sebagai kliennya, tidak hanya untuk menemukan investor, namun juga membantu segala urusan administrasi yang dibutuhkan dengan menyediakan tim hukum dan akuntan dari investment banking tersebut.

 

Salah satu investment bank yang cukup ternama dan merupakan salah satu yang terbesar se-ASEAN adalah RHB Investment Bank yang dapat diakses melalui aplikasi trading saham online milik RHB Banking Group yaitu RHB Tradesmart. Mengapa kamu harus memilih lembaga ini saat trading saham online? Simak manfaatnya disini.

Klien Investment Banking

 

Sebelum Anda mengetahui manfaat dari memilih investment banking, kenali dulu klien-kliennya. Sebagai lembaga keuangan kelas tinggi yang membantu kliennya mengakses pasar modal, klien-klien perbankan investasi terbagi menjadi 3 golongan:

  1. Pemerintah

Investment banking dapat bekerja bersama pemerintah untuk mengumpulkan uang, memperdagangkan sekuritas, dll.

  1. Korporasi

Investment banking bekerjasama dengan bank publik dan bank swasta untuk meningkatkan modal, mengembangkan bisnis, melakukan akuisisi, dan sebagainya. 

  1. Institusi

Investment banking bekerja dengan investor dalam mengelola dana perusahaan lain guna membantu perusahaan tersebut memperdagangankan sekuritasnya serta menyediakan riset yang relevan. Investment banking juga dapat bekerja sama dengan perusahaan ekuitas swasta untuk membantu mengakuisisi perusahaan portofolio dan keluar dari posisi tersebut dengan menjual ke pembeli strategis.

 

Apabila Anda adalah salah satu dari golongan klien tersebut, maka investment banking dapat menyediakan manfaat-manfaat yang dapat Anda nikmati apabila Anda memilih investment banking sebagai rekan dalam transaksi saham Anda:

Manfaat Memilih Investment Banking

  • Mengatur Proyek Keuangan

Menghimpun atau mengumpulkan dana adalah salah satu spesialisasi dari investment banking. Apabila klien membutuhkan dana untuk meningkatkan modal, membiayai proyek, hingga ekspansi perusahaan, maka investment banking akan menawarkan solusi. Investment banking mampu menerbitkan obligasi dan menjualnya ke pasar saham untuk menghimpun pembiayaan yang dibutuhkan. Investment banking akan bertanggung jawab mulai dari meneliti, menentukan harga obligasi, mengelola dokumen administratif, hingga mencari investor untuk membeli obligasi tersebut

 

  • Penempatan Pribadi (private placement) 

Penempatan pribadi adalah sebuah kebijakan yang memampukan investment banking untuk bergerak lebih cepat. Investment banking umumnya sudah sudah memiliki data dan daftar calon investor, dikarenakan investment banking sudah membangun jaringan dengan calon-calon investor tersebut. Sehingga, ketika obligasi dan saham telah diterbitkan, pendanaan dapat dilakukan dengan lebih cepat karena calon investornya telah dipilih sebelumnya. 

  • Kesepakatan Penjaminan Emisi

Penjaminan emisi adalah proses menilai risiko terhadap potensi keuntungan dengan cara meneliti calon investor. Investment banking mampu bergerak sebagai mediator dan memasarkan ekuitas. Pada kesempatan yang lain, investment banking dapat menjual semua sekuritas yang ada untuk menghindari risiko.

 

  • Merger dan Akuisisi

Dalam hal merger dan akuisisi perusahaan biasanya dapat menimbulkan negosiasi panjang dan rumit jika hanya dilakukan oleh kedua belah pihak. Disini investment banking dapat berfungsi sebagai mediator yang tepat dan yang mampu menganalisa risiko dari merger atau akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, investment banking juga bertugas untuk menyusun kesepakatan yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

 

Semua manfaat-manfaat bantuan yang ditawarkan oleh investment banking tersebut tentu saja akan sangat membantu pengolahan bisnis dan saham perusahaan klien. Terlebih lagi dalam hal membantu transaksi saham dan melakukan riset yang dibutuhkan dalam menganalisa pergerakan pasar saham. Hal-hal tersebut mampu membantu klien mengembangkan potensi perusahaannya. 

 

Nah itu tadi 3 manfaat memilih investment banking saat trading saham online. Info selengkapnya mengenai layanan RHB Investment Banking bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi laman website RHB Tradesmart atau menghubungi langsung di Call Centre yang disediakan oleh RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart menyediakan berbagai layanan dan produk-produk perbankan yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan investasi dan potensi perusahaan Anda. 

 

RHB Investment Banking juga didukung oleh tim yang berkompeten dan berpengalaman menangani berbagai korporasi besar di Indonesia dan di kawasan regional. Sebagai perusahaan regional, RHB Investment Bank juga didukung oleh kekuatan jaringan regional, dimana RHB Investment Bank sudah menjalin banyak kerja sama dalam membantu korporasi-korporasi di Indonesia yang ingin mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya itu, RHB Investment Banking juga mampu membantu perusahaan-perusahaan regional yang ingin memasuki pasar Indonesia.

 

Manfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi dimana saja & kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Playstore dan Appstore sekarang.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal