<< Back

Mau Merdeka Finansial? Lakukan 5 Hal Ini

merdeka secara finansial

Smart People, mampu mengelola keuangan dengan baik tentu akan membuat kita memiliki potensi untuk mencapai kemerdekaan dalam hal finansial. Pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari membuat anggaran belanja, menabung, investasi saham online, dan sebagainya.

Sayangnya, tidak semua orang benar-benar bisa mencapai kemerdekaan secara finansial tersebut. Selain karena kurang memahami apa yang dimaksud dengan merdeka finansial, banyak orang merasa jika kemerdekaan finansial merupakan suatu hal yang cukup sulit dilakukan.

Sebagaimana halnya kemerdekaan suatu bangsa diraih dengan usaha dan perjuangan keras, maka merdeka secara finansial juga memerlukan komitmen tinggi dan perjuangan yang tidak mudah. Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa Smart People lakukan untuk mencapai kemerdekaan tersebut seperti:

1. Disiplin dengan manajemen keuangan

Salah satu kunci sukses untuk dapat merdeka secara finansial adalah senantiasa disiplin dan komitmen yang tinggi. Terlebih, seberapapun penghasilan yang kita dapatkan, namun jika anggaran pengeluaran tidak dijalankan dengan baik, tentu uang tersebut akan selalu dirasa kurang karena cepat habis.

Oleh karena itu, membuat rencana anggaran yang matang perlu dilakukan. Buatlah perencanaan mengenai pengeluaran yang akan dilakukan, dana darurat yang disisihkan, hingga tabungan dan investasi yang akan dilakukan.

Apabila penghasilan didapatkan secara tetap, Smart People juga dapat membuat rencana jangka panjang. Akan tetapi, pastikan selalu komitmen mengatur keuangan tersebut dilakukan secara konsisten.

2. Membatasi perilaku konsumtif

Perilaku konsumtif memang bukan merupakan perilaku yang baik, terutama jika berkaitan dengan rencana keuangan. Akan tetapi, jika dibiarkan terus menerus, Smart People akan cenderung boros dan tidak dapat menyisihkan dana yang penting untuk keperluan yang mendesak hingga melakukan menabung atau investasi saham online.

Tidak sedikit pula orang yang malah melakukan utang secara konsumtif. Artinya, utang tersebut dilakukan secara terus menerus, padahal ada bunga yang juga harus dilunasi tepat waktu. Jika lalai dalam membayarnya, maka tagihan ini bisa menggerus tabungan.

Berbeda halnya jika berutang dilakukan selama produktif seperti untuk modal usaha atau cicilan rumah. Utang tersebut jika dikonversi bisa menjadi aset yang produktif dan memberikan penghasilan sehingga bisa membukakan jalan menuju merdeka finansial.

3. Menyiapkan dana darurat

Tips lain untuk mulai merdeka secara finansial yakni konsisten menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini digunakan dalam kondisi mendesak sehingga apabila ada pengeluaran yang mendadak kita tidak perlu berutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Adapun contohnya seperti memperbaiki kendaraan, membayar biaya rumah sakit, atau jika pendapatan terhenti karena adanya PHK.

Untuk membangun dana darurat, Smart People dapat mulai menyisihkan setidaknya 10% dari total pendapatan rutin. Ada baiknya, Smart People menyisihkan dana tersebut sampai setidaknya mencapai 3-6 kali pengeluaran rutin setiap bulannya.

Bagi yang sedang belajar saham pemula tentu perlu memahami jika dana darurat ini dapat disimpan pada tabungan, terlebih tabungan dianggap menjadi instrumen paling umum karena likuiditasnya tinggi serta akses yang mudah karena dananya dapat diambil kapan saja ketika akan dibutuhkan. Akan tetapi, pastikan tabungan dana darurat ini memang dibuka ketika keadaan sangat mendesak.

4. Mulai berasuransi

Bisa dibilang, memiliki asuransi bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri karena kita dapat mengelola risiko keuangan yang mempunyai dampak besar pada stabilitas keuangan kita. Salah satu risiko yang dimaksud misalnya jika kita sendiri atau ada anggota keluarga yang mengalami musibah, sakit, dan sebagainya.

Ada banyak jenis asuransi yang bisa diikuti, baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan lainnya. Smart People dapat memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan maupun disesuaikan dengan pos anggaran yang dimiliki.

5. Menjalankan investasi

Untuk mencapai merdeka finansial, ada baiknya Smart People juga mulai berinvestasi dalam bentuk apapun yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Investasi dapat bersaing dengan inflasi setiap tahun, bahkan hasilnya dapat digunakan untuk membantu pembiayaan di masa depan.

Apabila Smart People masih ragu dengan investasi, cobalah beberapa instrumen yang minim risiko seperti reksadana, emas, hingga obligasi. Akan tetapi, jika sudah mulai belajar investasi saham, tidak ada salahnya juga untuk mencoba instrumen investasi tersebut.

Sangat disarankan juga untuk tidak terlena dengan hasil investasi yang didapatkan oleh orang lain. Pelajari kembali setiap instrumen yang akan diinvestasikan sebelum mulai aktivitas tersebut. Kenali juga profil risiko masing-masing.

Merdeka Finansial Bersama Smart Rate RHB

Jika Smart People memutuskan untuk menjalankan investasi saham, hal yang sangat penting yakni mencari sekuritas yang aman dan aplikasi yang stabil dan terbebas dari kendala. Salah satu contohnya, yakni aplikasi RHB Tradesmart dengan fitur Smart Rate yang mendukung kemudahan berinvestasi.

Smart Rate akan membantu investor mendapatkan bunga yang sangat murah jika menggunakan limit margin. Dengan Smart Rate, bunga yang pada umumnya 15-18% per-tahun menjadi 9% saja per-tahun! Ini artinya, bunga yang dibayarkan hanya sebesar 0,025 persen saja per-hari lho! Ketentuan ini berlaku 3 bulan semenjak limit margin diaktifkan.Jadi, tunggu apa lagi.

Segera download aplikasi investasi saham online dari RHB Tradesmart di Play Store dan App Store sekarang juga!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal