<< Back

Mau Beli Saham Right Issue Emiten Ini atau Itu? Wajib Tahu Ini Dulu!

saham right issue emiten

Dalam dunia saham, istilah right issue merupakan salah satu hal penting yang perlu dipahami. Banyak orang mengenal saham right issue sebagai saham yang harganya murah dan dapat memberikan hasil yang signifikan. Supaya lebih yakin dan mantap, sebelum memutuskan membeli saham sebaiknya Smart People pelajari mengenai right issue di artikel berikut. Apa itu saham right issue emiten?

Apa Itu Right Issue?

Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelaskan bahwa right issue adalah saham yang diterbitkan perusahaan untuk meningkatkan modal usaha. Istilah right issue merujuk pada penerbitan saham baru yang akan memperbanyak saham yang beredar di pasar.

Penerbitan saham ini biasanya lebih diprioritaskan untuk para pemegang saham lama. Ketika perusahaan membutuhkan tambahan dana, perusahaan dapat menerbitkan saham baru yang nantinya dibeli oleh pemegang saham atau investor lama tersebut.

Perusahaan atau emiten di pasar modal dapat menerbitkan saham melalui skema right issue yaitu memberikan hak untuk memesan saham terlebih dahulu dengan harga yang biasanya lebih rendah dari harga pasar.

Tips Menggunakan atau Membeli Saham Right Issue Emiten

Bagi investor yang akan membeli saham right issue sebaiknya pahami beberapa hal penting berikut ini.

1.     Tujuan penerbitan saham right issue

Cermati dulu apa tujuan perusahaan menerbitkan right issue, apakah untuk ekspansi perusahaan atau untuk membayar utang. Saham right issue dapat diterbitkan perusahaan untuk beberapa tujuan berikut.

  • Untuk membayar utang

Tujuan penerbitan saham bisa dilakukan perusahaan untuk mengumpulkan dana tambahan yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban perusahaan. Apabila perusahaan mengalami kondisi finansial yang kurang bagus dan tidak dapat memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan lain, perusahaan dapat menerbitkan saham melalui mekanisme right issue.

Hak membeli saham right issue ini diberikan kepada para investor lama. Dana yang diperoleh dapat digunakan perusahaan untuk membayar utang sehingga neraca perusahaan dapat diselamatkan untuk sementara waktu.

  • Untuk akusisi perusahaan lain

Perusahaan juga bisa menerbitkan saham melalui right issue untuk tambahan modal mengakuisisi perusahan lain. Dalam hal ini biasanya dilakukan untuk ekspansi bisnis atau meningkatkan kapasitas usaha.

Modal tambahan yang diperoleh dari penggalangan saham right issue dapat menciptakan tambahan dana untuk ekspansi bisnis meski bisa terjadi dilusi saham karena penerbitan right issue.

2.     Ketahui proses dari right issue

Poin penting lainnya yang perlu diperhatikan mengenai saham right issue adalah prosesnya. Hal ini meliputi beberapa proses seperti periode right issue, jadwal, dan agenda lainnya.

Perusahaan yang akan menerbitkan saham melalui right issue memang harus mengumumkan agenda atau jadwalnya kepada publik. Jadwal yang diumumkan meliputi beberapa poin berikut.

  • Cum date

Cum date atau cumulative date adalah batas akhir bagi para investor dapat membeli saham suatu emiten. Investor harus memenuhi cum date tersebut supaya tercatat sebagai salah satu investor yang berhak menerima right issue (HMETD).

  • Ex date

Ex Date adalah periode yang diberikan bagi investor untuk dapat menjual saham yang sebelumnya sudah dibeli paling lambat saat cum date. Namun, investor tetap tercatat sebagai investor yang mendapatkan hak right issue. Apabila investor baru membeli saham saat ex date, investor tersebut tidak berhak mendapatkan hak right issue.

  • Rec date

Berikutnya adalah rec date atau recording date yaitu tanggal pencatatan investor yang mendapatkan hak right issue.

  • Trading start/end

Jadwal trading start/end adalah periode bagi investor dalam melakukan jual beli, penebusan, atau membiarkan right issue-nya di pasar bursa.

  • Subscription date

Ketahui juga subscription date yaitu hari terakhir untuk penebusan right issue.

3.     Perhatikan kinerja perusahaan

Perlu diingat bahwa saham right issue bisa saja dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperbaiki neraca sementara waktu bukan untuk kinerja perusahaan. Oleh sebab itu, sebelum membeli saham right issue sebaiknya Smart People pertimbangkan juga riwayat kinerja perusahaan.

Apabila perusahaan memiliki angka ROE tinggi, bisa dikatakan mereka mampu menghasilkan laba perusahaan yang lebih besar dari modalnya. Ini bagus dan bisa untuk pertimbangan Smart People membeli saham right issue.

4.     Harga right issue

Terakhir jangan lupa juga untuk memperhatikan harganya sebelum memutuskan membeli saham right issue. Caranya dengan mencari tahu PER (Price Earning Ratio). Jika PER tinggi, bisa dikatakan pertumbuhan perusahaan tergolong baik.

Bagaimana, sudah ada saham yang Smart People incar? Smart People kini bisa bertransaksi dengan mudah menggunakan aplikasi RHB TradeSmart ID. Selain itu, Smart Rate dan Smart Fee juga ditawarkan yang akan membuat transaksi Smart People lebih hemat.

Smart Rate memberikan bunga margin menarik yaitu 0,025% per hari dan Smart Fee yang menawarkan biaya trading murah hanya 0,08% untuk beli dan 0,18% untuk jual. Biaya yang lebih hemat ini tentunya akan membuat hasil yang bisa Smart People peroleh semakin besar.

Jangan lewatkan kesempatan menarik ini untuk mendapatkan hasil trading saham yang lebih optimal. RHB Sekuritas memperpanjang promo Smart Rate dan Smart Fee untuk para investor maupun trader hingga Juni 2023 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai waran terstruktur, Smart People dapat mengunjungi RHB Waran.

Tertarik untuk memulai trading saham? Ayo segera download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store. Jangan lupa daftar akun saham untuk mulai transaksi jual beli saham. 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal