<< Back

Margin Keamanan Saat Investasi Saham, Seberapa Penting?

Margin Keamanan

Margin keamanan atau margin of safety merupakan istilah yang cukup tersohor di bidang investasi. Istilah yang dicetuskan oleh Benjamin Graham ini merupakan salah satu prinsip yang banyak digunakan oleh para investor dalam berinvestasi hingga sekarang ini. Yuk simak ulasan mengenai margin keamanan berikut dengan pengaplikasiannya saat investasi di bawah ini.

Apa Itu Margin Keamanan

Margin keamanan atau margin of safety merujuk pada prinsip investasi, di mana investor hanya akan membeli sekuritas saat harga pasarnya secara signifikan berada di bawah harga atau nilai intrinsiknya. Margin keamanan ini dicetuskan oleh Benjamin Graham, tokoh yang dikenal sebagai Father of Value Investing, lalu makin populer karena diaplikasikan juga oleh Warren Buffet. 

Margin keamanan ini sendiri merupakan perbedaan atau selisih antara harga sekuritas di pasar modal dengan harga atau nilai intrinsik sekuritas yang diestimasikan oleh investor. Dalam menentukan nilai intrinsik sekuritas ini, para investor akan memanfaatkan faktor kualitatif dan kuantitatif, seperti pemerintahan, performa industri, aset dan pendapatan, hingga manajemen perusahaan.

Margin keamanan ini bisa dibilang sebagai zona aman yang dibentuk guna menghadapi kerugian-kerugian yang mungkin terjadi saat berinvestasi, tanpa menyebabkan dampak negatif yang sifatnya besar. Dengan adanya margin keamanan ini pula, risiko yang disebabkan oleh kesalahan dalam menganalisis dan melakukan kalkulasi akan bisa ditekan. 

Semakin tinggi persentase dari margin keamanan yang diperoleh, maka akan semakin rendah juga risiko dari investasi yang dilakukan. Misalnya saja, sebuah saham dengan margin keamanan sebesar 50% lebih sedikit kemungkinan untuk jatuh harganya di masa mendatang jika dibandingkan dengan saham yang margin keamanannya kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. 

Pun begitu, bukan berarti penerapan prinsip margin keamanan menjamin investasi yang dilakukan akan berhasil sepenuhnya. Pasalnya, menentukan nilai sebenarnya atau nilai intrinsik dari sebuah perusahaan sifatnya begitu subjektif. Apalagi jika mengingat kalau para investor dan analis memiliki metodenya tersendiri dalam menghitung nilai intrinsik perusahaan. 

Formula Menentukan Margin keamanan

Terdapat 2 hal yang memengaruhi nilai margin keamanan, yakni harga sekuritas di pasar modal dan nilai instrinsik dari sekuritas tersebut. Adapun formula yang bisa digunakan untuk menentukan besaran margin keamanan adalah Nilai Intrinsik Sekuritas –Harga SekuritasNilai Intrinsik Sekuritas . Semakin tinggi nilainya, maka akan semakin sedikit risiko investasinya. 

Tips Mengaplikasikan Margin keamanan ala Warren Buffet 

  1. Nilai Margin keamanan Disesuaikan dengan Pemahaman Investor 

Tidak ada patokan khusus terkait dengan seberapa besar nilai margin keamanan yang harus dimiliki saat berinvestasi. Namun, Warren Buffet menekankan bahwa nilai margin keamanan akan bergantung pada pemahaman si investor akan bisnis dari perusahaan yang sahamnya akan dibeli dan dikoleksi oleh investor tersebut. 

Semakin rendah tingkat pemahaman si investor akan bisnis perusahaan tersebut, maka semakin besar margin keamanan yang diperlukannya. Sebaliknya, jika investor tersebut memahami bagaimana bisnis perusahaan itu bekerja, serta bisa membayangkan bagaimana masa depan dari bisnis itu ke depannya, maka hanya sedikit saja margin keamanan yang diperlukan. 

  1. Investasi dengan Margin keamanan Sebesar 30% 

Jika Smart People ingin mengikuti jejak Warren Buffet dalam mengaplikasikan margin keamanan saat investasi, Smart People bisa tetapkan margin keamanan investasi sebesar 30%. Warren Buffet menyampaikan bahwa dirinya tidak akan membeli sebuah saham jika margin keamanannya tidak berada di angka 30%.

Berdasarkan strategi investasi dengan penerapan margin keamanan ala Warren Buffet tersebut, bahkan jika saham yang telah dibeli sebelumnya di masa lampau mengalami penurunan harga sebesar 30% pada saat ini, dirinya sebagai investor tidak akan mengalami kerugian walaupun sudah menyimpan saham tersebut dalam jangka waktu yang lama.   

  1. Gunakan Discount Factor Valuation dalam Menentukan Nilai Intrinsik Sekuritas 

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mencari tahu nilai intrinsik dari sebuah sekuritas. Namun, Warren Buffet secara terang-terangan lebih memilih untuk menggunakan metode yang sifatnya paling akademis untuk menentukan nilai intrinsik sekuritas, yakni metode discount factor valuation. Selain metode tersebut, terdapat metode multiples dan liquidation value.

Metode discount factor merupakan metode yang digunakan untuk mencari tahu nilai saat ini atau sekarang dari nilai arus kas di masa mendatang. Baik itu arus kas di 10 tahun mendatang ataupun lebih jauh lagi ke depannya, nilainya di masa sekarang akan bisa dicari tahu. Discount factor ini sendiri dipengaruhi oleh periode waktu dan discount rate atau tingkat imbal hasil yang diharapkan.

Tekan Risiko Investasi dengan Pilih Saham Potensial di RHB Tradesmart ID 

Selain dengan mengaplikasikan margin keamanan, risiko investasi bisa ditekan dengan menganalisis pergerakan saham terlebih dahulu sebelum mengoleksinya. Agar bisa mendapatkan saham yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi saham online RHB Tradesmart ID yang sudah dilengkapi dengan fitur SMART. 

Salah satu fitur SMART RHB Tradesmart ID ini adalah Smart Analyzer yang memungkinkan penggunanya untuk menganalisis pergerakan saham dan memantau pergerakan saham secara real time. Informasi yang detail mengenai saham akan bisa membantu para investor nantinya, baik yang sudah profesional maupun yang masih pemula, untuk mengambil keputusan investasi yang tepat. 

Pengalaman investasi yang mudah dan ekonomis dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya sekarang juga dan mulai investasi saham hanya dengan modal Rp100.000 saja. 

Sumber: 

Chen, James. 2024, April 19. Margin of Safety: Examples, Meaning and FAQ. Investopedia. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/m/marginofsafety.asp

Wallstreetmojo Team. 2024, Maret 27. Discount Factor. WallstreetMojo. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.wallstreetmojo.com/discount-factor-formula/

Benzinga. 2024, Maret 11. Warren Buffett’s ‘Margin Of Safety’ Principle In Investing: What It Means And Why It Matters. Investing.com. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://uk.investing.com/news/stock-market-news/warren-buffetts-margin-of-safety-principle-in-investing-what-it-means-and-why-it-matters-3375161

Price, Mike. 2024, Februari 05. Margin of Safety Definition and How to Use it. The Motley Fool. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.fool.com/terms/m/margin-of-safety/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal