<< Back

Makin Banyak Investor, Harga Saham Perusahaan Makin Baik? Ini Penjelasannya!

Investor Saham

Selain mengetahui hal-hal apa saja yang akan berpengaruh terhadap harga saham, ada baiknya jika Smart People mengetahui emiten mana saja yang memiliki banyak investor. Terlebih tidak sedikit anggapan jika semakin banyak investor saham, maka semakin mahal pula harga saham suatu emiten. Apakah hal tersebut benar?

5 Hal yang Mempengaruhi Harga Saham

Perubahan harga saham yang terbilang fluktuatif sejatnya sangat lumrah terjadi. Terlebih ada sejumlah faktor yang berpengaruh terhadap naik-turunnya harga saham tersebut. Berikut beberapa faktor yang biasa terjadi dan mempengaruhi harga suatu saham emiten.

1. Fundamental perusahaan

Tidak dapat dipungkiri jika kondisi fundamental perusahaan yang stabil akan sangat berpengaruh terhadap harga suatu saham. Jika perusahaan yang Smart People menjalankan kebijakan merger yang membuatnya semakin kuat, maka saham emiten akan mengalami kenaikan yang pesat.

2. Naik-turunnya kurs rupiah

Fluktuasi kurs rupiah terhadap mata uang asing juga memiliki pengaruh yang cukup kuat. Jika nilai tukar rupiah menurun, maka harga saham yang ada pada Indeks Harga Saham Gabungan juga akan ikut melemah. Begitu pula dengan keadaan sebaliknya.

3. Tren jual-beli para investor

Tidak jarang tren yang ada di kalangan para investor saham juga berpengaruh terhadap harga saham emiten itu sendiri. Jika ada beberapa investor membeli saham X, investor lain juga tidak ingin ketinggalan dan langsung membeli saham tersebut sehingga harganya menjadi naik.

4. Kondisi ekonomi suatu negara

Kondisi ekonomi yang sedang terjadi di sebuah negara juga tidak jarang memiliki pengaruh besar terhadap harga suatu saham. MIsalnya terkait kenaikan suku bunga acuan, tingkat inflasi, hingga adanya deflasi akan membuat harga saham menjadi tidak stabil.

5. Berita yang sedang viral

Pernah mendengar berita mengenai harga saham suatu produk minuman yang turun karena salah satu pesepakbola terkenal lebih memilih air putih? Insiden ini pernah nyata terjadi dan ternyata sangat berpengaruh terhadap harga suatu saham.

Dari hal tersebut, dapat diketahui jika kabar viral bahkan hal-hal buruk yang berkaitan dengan suatu perusahaan juga memiliki pengaruh yang cukup kuat dengan nilai dan harga saham itu sendiri. Entah saham perusahaan besar maupun kecil bisa saja mendapatkan pengaruhnya.

Perusahaan dengan Investor Saham Terbanyak di Indonesia

Di balik berbagai pengaruh di atas, nyatanya masih ada sejumlah perusahaan yang dikenal memiliki beragam investor saham. Emiten-emiten berikut bahkan memiliki lebih dari 60 miliar saham sehingga berpengaruh terhadap pergerakan IHSG. Berikut penjelasannya.

1. GOTO

Saham milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini dikenal sebagai salah satu emiten pemilik saham terbesar, bahkan menduduki posisi pertama. Pasalnya, GOTO tercatat memiliki lebih dari 1 triliun saham yang beredar pada bulan April 2023.

Dari banyaknya saham yang beredar, tercatat ada lebih dari 310 ribu pemegang saham perusahaan ini. Tentu saja bukan hal yang mengagetkan, terlebih GOTO merupakan merger dua emiten besar, yakni GoJek dan Tokopedia yang sudah dikenal luas sebagai unicorn.

2. BBRI

Bagi para investor saham perbankan, tentu mengenal saham emiten perusahaan BUMN yang satu ini. Ya, saham dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ini dikenal memiliki saham dengan jumlah yang fantastis, mencapai 150 miliar saham beredar.

Dari jumlah tersebut, BBRI dipegang oleh lebih dari 310 ribu investor dari berbagai kalangan. Tidak mengherankan jika saham emiten ini dikenal sebagai salah satu yang terbesar di Indonesia. Terlebih dengan reputasinya yang merupakan salah satu perusahaan perbankan terbaik.

3. BBCA

Masih dari sektor perbankan, di mana saham dari emiten PT Bank Central Asia Tbk juga mencatatkan diri sebagai salah satu emiten dengan jumlah investor terbesar. Dari jumlah 122 miliar lembar saham, tercatat ada lebih dari 276 ribu investor yang memegang saham tersebut.

4. FREN

Selain dari sektor perbankan, sektor telekomunikasi juga menyumbang jumlah kepemilikan saham di Indonesia. Salah satunya saham FREN dari PT Smartfren Telecom, Tbk dengan total saham yang beredar sebanyak lebih dari 335 miliar lembar.

Adapun untuk jumlah pemegang saham FREN sendiri sebanyak lebih dari 231 ribu investor. Jumlah ini tentu merupakan jumlah investor yang terbilang sangat fantastis. Apalagi hal tersebut juga didukung oleh reputasi dan fundamental perusahaan yang baik. 

5. BUMI

Perseroan yang bergerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi minyak, gas bumi, batubara dan mineral ini juga termasuk sebagai salah satu emiten dengan investor terbesar di Indonesia. Tidak mengherankan memang, terlebih saham emiten pertambangan memang menjadi yang difavoritkan.

Bagaimana tidak, saham emiten dari PT Bumi Resources Tbk ini sudah beredar sebanyak lebih 371 miliar saham. Dari jumlah saham sebanyak itu, tercatat pemegang saham per Maret 2023 sudah sebanyak lebih dari 112 ribu investor dan terus meningkat.

Itulah beberapa jawaban mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga saham yang dijual oleh suatu perusahaan (emiten). Banyaknya investor saham memang bukan satu-satunya faktor penentu harga saham, bahkan tidak sedikit saham terkenal yang harganya masih terjangkau.

Supaya tidak ragu dalam berinvestasi saham, Smart People membutuhkan aplikasi investasi yang tepat. Pilih RHB Tradesmart ID yang dikenal sebagai aplikasi investasi dengan banyak fitur anti-lag. Tunggu apa lagi, segera download RHB Tradesmart ID di Play Store atau App Store sekarang juga!

Referensi:

Tim Redaksi. (2021). Kenapa Saham Perusahaan Bisa Naik Turun di Bursa Saham?. RHBTradesmart.co.id

Tim Redaksi. (2023). Apakah Berita Viral Mempengaruhi Nilai Saham Perusahaan di Pasaran?. RHBTradesmart.co.id

Wijayanti, Ratih Ika. (2023). 10 Emiten Pemilik Saham Terbanyak di BEI 2023, GOTO hingga HMSP. IDXChannel.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal