<< Back

Lunasi Hutangmu dengan 3 Tips Investasi Jangka Pendek Ini!

Investasi Jangka Pendek

Jenis investasi saat ini sudah semakin beragam dengan tujuan yang bermacam-macam, baik yang berupa investasi jangka panjang seperti investasi saham online, hingga berbagai jenis investasi jangka pendek. Investasi jangka pendek kerap menjadi favorit, sebab biasanya digunakan untuk kebutuhan dalam waktu dekat seperti membeli kendaraan, menikah, atau kebutuhan sekolah.

Meski demikian, tidak sedikit orang menganggap bahwa investasi jangka pendek juga dapat digunakan untuk melunasi hutang. Apakah benar demikian? Jika benar, bagaimana caranya dan jenis investasi apa saja yang bisa dimanfaatkan?

Tips Bayar Hutang Namun Tetap Investasi

Sejatinya, salah satu kunci sukses untuk melunasi hutang adalah dengan menghitung secara teliti semua hutang yang dimiliki. Idealnya, nominal hutang yang dimiliki tidak lebih dari 50% dari total pendapatan sehingga kita tidak gagal bayar. Oleh karena itu, ada baiknya jika Smart People mencoba beberapa tips berikut jika ingin tetap berinvestasi namun juga rutin membayar hutang.

1. Memastikan diri menguasai manajemen keuangan

Pastikan juga Smart People sudah memahami dan menguasai manajemen keuangan secara baik. Adapun manajemen keuangan yang dimaksud salah satunya berkaitan dengan alokasi pendapatan dan pengeluaran. Ada baiknya utamakan kebutuhan primer terlebih dahulu, baru sisakan sebagian untuk investasi dan menabung, baik investasi saham online, tabungan hari tua, dan sebagainya.

Jangan lupa juga siapkan dana darurat yang terbukti sangat penting jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Adanya dana darurat ini juga bisa sebagai antisipasi apabila terjadi penurunan penghasilan maupun berbagai hal lain yang mengancam keberlangsungan keuangan dalam waktu dekat.

2. Dahulukan bayar hutang terlebih dahulu

Banyak orang begitu percaya diri bisa membayar hutang meskipun juga harus menyisihkan uangnya untuk berinvestasi. Jika penghasilan Smart People jauh lebih dari cukup, sejatinya tidak terlalu menjadi masalah. Lain halnya jika terbilang pas-pasan, ada baiknya jika Smart People lebih mengutamakan pembayaran hutang terlebih dahulu.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan kondisi keuangan baik-baik saja. Jika hutang masih menumpuk, maka pengeluaran rutin yang lain sejatinya akan sulit diatur. Terlebih, jika penghasilan menurun, utang yang belum dilunasi bisa saja lama-lama menjadi seperti bom waktu.

3. Memilih jenis investasi yang tepat

Apabila sudah dipastikan kondisi keuangan stabil dan aman, Smart People bisa mulai memilih dan memilah jenis investasi jangka pendek seperti apa yang akan dijalankan. Ada berbagai jenis investasi yang bisa dipilih, akan tetapi pastikan sudah sesuai dengan profil risiko maupun kebutuhan.

Jika Smart People termasuk orang yang mampu ambil risiko, menjalankan jenis instrumen seperti belajar investasi saham bisa menjadi pilihan. Apabila risiko yang diinginkan tidak terlalu besar, memilih jenis instrumen investasi seperti reksadana atau emas bisa dijadikan solusi.

Rekomendasi Investasi dengan Smart Rate RHB

Berbagai investasi jangka pendek bisa saja Smart People jalankan apabila sudah sesuai dengan kondisi keuangan yang relatif sehat. Beberapa rekomendasi seperti deposito, logam mulia, reksadana, dan saham bisa menjadi pilihan, terutama jika tujuannya hanya sekadar untuk membayar hutang.

1. Deposito

Bisa dibilang, jenis investasi yang satu ini menjadi salah satu yang paling aman meskipun terbilang konvensional. Nantinya, pendapatan Smart People akan secara otomatis dialokasikan ke tabungan khusus. Smart People pun hanya perlu menghubungi pihak bank dan memilih jangka waktu deposito yang diinginkan, baik 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

2. Emas

Apabila sifatnya sangat mendesak, Smart People bisa menginvestasikan emas, baik dalam bentuk perhiasan atau logam mulia. Jenis investasi ini terbilang mudah dicairkan dalam bentuk uang jika mendesak untuk membayar hutang. Tentu saja harganya disesuaikan dengan nilai di pasar saat ini.

3. Saham

Tidak kalah menarik, yakni dengan menggunakan saham online. Ya, berinvestasi saham saat ini dapat dilakukan secara mudah dari mana saja dan kapan saja menggunakan gadget seperti laptop bahkan handphone. Apalagi, saat ini sudah semakin banyak sekuritas menawarkan aplikasi mobile yang dapat diakses di berbagai jenis handphone untuk belajar saham pemula.

Dalam memilih suatu aplikasi sekuritas, salah satu hal yang menjadi pertimbangan tentu saja berkaitan dengan fitur dan fasilitas yang ada. RHB Tradesmart ID contohnya, memiliki satu fitur baru yang dinamakan Smart Rate. Fitur yang satu ini memungkinkan para investor saham online untuk mendapatkan bunga margin yang sangat murah mencapai 9% per-tahun. Ini artinya, bunga yang dikenakan per-bulannya hanya 0,75% lho!

Selain fitur Smart Rate yang memudahkan, Smart People juga tidak perlu risau dengan kestabilan aplikasi RHB TradeSmart ID karena aplikasi ini stabil dan cocok untuk berbagai tipe trader

Itulah beberapa tips berinvestasi jangka pendek dengan tujuan untuk melunasi hutang. Ada baiknya Smart People menjalankan berbagai instrumen investasi tanpa mengganggu pos anggaran keuangan. Dengan begitu, hutang-hutang bisa lunas meskipun investasi jalan terus sehingga tidak menimbulkan berbagai masalah.Gunakan saja RHB Tradesmart ID untuk aktivitas investasi saham online dan hasil yang maksimal. Download aplikasinya di Play Store atau App Store sekarang! Bagi yang ingin mencari tahu tentang waran terstruktur, Anda bisa mengunjungi laman RHB Waran Terstruktur.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal