<< Back

Literasi Saham dan Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Berinvestasi

Dalam dunia investasi saham, seorang investor perlu memiliki modal yang kuat. Salah satunya memiliki kemampuan literasi saham yang baik. Dengan demikian, diperlukan pemahaman yang baik mengenai saham itu sendiri dan bagaimana memulainya.

Mengenal Apa Itu Literasi Saham

Literasi pasar modal atau saham sejatinya bukan termasuk hal yang benar-benar baru. Bahkan sejak Smart People sudah mengenal tentang saham, pemahaman tersebut sudah harus diketahui. Tentunya, program tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan.

Secara umum, literasi pasar modal atau saham merupakan kompetensi seseorang dalam mengelola saham. Pemahaman seperti ini juga dapat terjadi ketika seorang individu mempunyai keahlian dan kemampuan untuk meng-influence seseorang mengenai saham.

Saat ini, saham menjadi salah satu jenis investasi yang semakin banyak peminatnya. Bukan hanya karena imbal hasil yang besar, namun juga semakin banyak media yang akan membantu seseorang dalam berinvestasi. Itulah mengapa, diperlukan literasi yang cukup agar investor terhindar dari berbagai resiko besar yang berpotensi sangat merugikan.

Angka Literasi Saham di Indonesia 2023

Saat ini, jumlah investor pasar modal di dalam negeri sudah tumbuh secara signifikan. Sampai dengan akhir Juli 2023 saja, tercatat lebih dari 11 juta single investor identification (SID) dengan 4 juta di antaranya merupakan investor saham.

Hal ini menunjukkan bahwa investasi di Indonesia sudah sangat dikenal luas, bahkan berpotensi semakin berkembang. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang terjebak dengan investasi ilegal sehingga stakeholder terkait harus mulai memberikan pemahaman lebih terkait investasi saham.

OJK sendiri mencatat bahwa literasi keuangan pada sektor saham atau pasar modal masih di angka 4,1%. Jumlah tersebut tentu masih rendah jika dibandingkan dengan sektor keuangan lainnya.

Untuk itulah, diperlukan sosialisasi dan program edukasi literasi saham di berbagai kalangan dan instansi. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai saham, namun juga berpotensi meningkatkan jumlah investor di pasar modal.

Cara Meningkatkan Literasi Saham

Peningkatan literasi keuangan di sektor pasar modal atau saham sejatinya merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya pemerintah saja, namun Smart People sendiri sebagai calon investor. Saat ini, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Galeri investasi

OJK bersama dengan PT BEI saat ini terus berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap berbagai produk keuangan, termasuk saham. Salah satunya dengan mendirikan sejumlah galeri investasi di berbagai kota dengan sasaran anak sekolah dan mahasiswa.

Hal ini diharapkan akan mendorong pemahaman terkait pasar modal dan menjadi wadah yang tepat untuk mengenalkan generasi muda terhadap perkembangan investasi saham. Jika sekolah atau instansi Smart People mempunyai galeri investasi tersebut, jangan segan untuk berkunjung, ya!

2. Seminar pasar modal

Mengikuti berbagai seminar dan pelatihan seputar pasar modal juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman terhadap aktivitas investasi saham. Saat ini, tidak sedikit seminar yang diselenggarakan secara online sehingga dapat diikuti kapan saja dan dari mana saja.

Dari seminar tersebut, Smart People tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru seputar saham. Smart People bahkan berkesempatan melakukan pelatihan atau workshop secara langsung guna mendukung pemahaman dan literasi terhadap investasi saham tersebut.

3. Buku dan internet

Membaca buku-buku tentang saham dan mencari berbagai literatur juga secara tidak langsung akan meningkatkan pemahaman dan literasi saham bagi Smart People. Saat ini, sudah banyak sumber yang ditulis oleh para pakar dengan teori dan penghitungan yang mudah diaplikasikan.

Dari berbagai sumber tersebut, tentu upaya peningkatan pemahaman terkait pasar modal dan investasi saham akan meningkat. Dengan demikian, jumlah investor akan semakin bertambah seiring dengan pemahaman mereka terhadap aktivitas investasi saham.

Lakukan Ini Sebelum Mulai Berinvestasi dan Belajar Literasi Saham

Smart People yang ingin mulai berinvestasi saham tentunya tidak hanya sekadar harus memiliki modal pengetahuan yang matang. Alangkah lebih baik jika Smart People juga melakukan beberapa tips berikut sebelum mulai benar-benar berinvestasi.

1. Buat perencanaan yang matang

Memiliki perencanaan sebelum berinvestasi saham merupakan hal yang sangat penting. Mulai dari rencana belajar yang matang, memilih saham yang tepat, hingga menyiapkan diri dalam berbagai risiko yang mungkin terjadi. Dengan demikian, Smart People tidak hanya sekadar mengandalkan emosi saat mengambil keputusan investasi.

2. Siapkan modal yang memadai

Pastikan juga modal finansial yang dimiliki cukup dan memadai. Terlebih, investasi saham bukanlah suatu hal yang benar-benar murah. Oleh karena itu, pastikan semua kebutuhan Smart People terpenuhi sehingga pada hanya uang dingin-lah yang akan digunakan untuk berinvestasi.

3. Pilih emiten dan sekuritas yang tepat

Hal yang juga tidak boleh terlewatkan yakni dengan menentukan emiten dan perusahaan sekuritas yang tepat untuk membantu Smart People mendapatkan imbal hasil terbaik. Pastikan emiten dan sekuritas tersebut aman dan tidak mudah mengalami gejolak guna menghindari kerugian besar.

Itulah beberapa hal mengenai literasi saham yang harus dipahami serta bagaimana memulai investasi saham buat Smart People yang masih awam. Selalu pastikan Smart People sudah memiliki dasar pengetahuan yang cukup mengenai saham agar tidak mudah rugi ke depannya.

Guna mendukung aktivitas investasi saham, Smart People tentu membutuhkan aplikasi investasi yang tepat. Gunakan saja RHB Tradesmart ID yang dikenal dengan aplikasi investasi kaya fitur yang tidak mudah mengalami lag. Download RHB Tradesmart ID di Play Store atau App Store segera!

Referensi:

Bayu, Irfan. (2023). 7 Tips Memulai Investasi Saham Bagi Pemula. Media Keuangan Kemenkeu

Bidang IKP. (2023). Wagub NTB : Pentingnya Literasi dan Inklusi Pasar Modal Bagi Masyarakat. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Bursa Efek Indonesia. (2023). Pasar Modal Berikan Edukasi dan Literasi kepada 1.000 ASN Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Siaran Pers IDX.co.id

Fatimarahma, Szalma. (2023). Investor Tembus 11,42 Juta, BEI Tingkatkan Literasi Pasar Modal. Bisnis.com

Mahendra, Rizal Christian. (2018). Literasi Saham pada Mahasiswa STIESIA Surabaya. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga – Vol. 8 No. 1 Jan–Juni 2018: 8–13

Tim Redaksi. (2023). Mengenal Galeri Investasi Pasar Modal, Sarana Edukasi dan Transaksi Efek. SikapiUangmu OJK

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal