<< Back

Ternyata Inilah Kriteria Risk and Reward yang Ideal

Saat ini banyak orang yang mulai terjun dalam dunia trading saham. Dengan banyaknya orang yang mulai melek tentang trading, maka perlu mengetahui berbagai hal mengenai trading saham online. Apalagi trading tidak dapat lepas dari imbal-hasil maupun risiko, sehingga perlu memahami kriteria risk and reward.

Sebelum Smart People melakukan trading saham online, penting untuk mengetahui apa saja kelebihan dan risiko yang diperoleh. Apa saja sih kelebihan dan risikonya? Lalu, bagaimana cara trading saham tanpa tertipu? Kenapa Smart People harus pakai RHB untuk investasi saham? Semua akan dikupas tuntas disini. Simak sampai habis, ya!

Kelebihan Trading

Ada 3 kelebihan yang membuat orang-orang terjun ke dunia saham. Apa saja? Berikut merupakan kelebihan trading saham yang didapatkan.

1. Ikut RUPS dan Tergabung Sebagai Pemilik Perusahaan

Dengan ikut trading, maka Smart People ikut tergabung dalam aliansi pemilik perusahaan. Oleh karenanya juga dapat terlibat dalam menentukan strategi perusahaan dan pimpinan saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

2. Menerima Dividen

Smart People mendapatkan hak untuk mendapatkan secuil imbal hasil perusahaan yang nantinya dibagikan oleh perusahaan yang Smart People investasikan. Secuil imbal hasil tersebut bernama dividen. Besaran dividen sendiri ditentukan saat RUPS. Dividen wajib dibagi rata kepada semua pemegang saham berdasarkan lembar saham yang dimiliki.

3. Ada Capital Gain

Biasanya, jika perusahaan berkembang dengan baik, maka sahamnya tentu akan naik dari waktu ke waktu. Saat terjadi kenaikan saham, biasanya trader memanfaatkan kondisi ini untuk menjual saham guna mendapatkan capital gain.

Dengan begitu maka trader akan memperoleh imbal-hasil yang dihitung dari selisih harga jual dan beli. Itulah yang dimaksud capital gain.

Risiko Trading

Selain mendapatkan potensi imbal hasil, trading juga memiliki risiko, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Capital Loss

Capital loss merupakan kebalikan dari capital gain. Smart People bisa berpotensi risiko capital loss jika menjual saham saat harga jual lebih rendah dari harga beli.

2. Risiko Likuiditas

Risiko ini cukup riskan bagi yang trading saham untuk pemula. Biasanya kurang teliti dan selektif dalam memilih perusahaan.

Karena beberapa alasan, tidak jarang perusahaan mengalami kebangkrutan karena selalu rugi dan tidak mampu untuk membayar utang-utang perusahaan. Emiten tipe seperti ini bahkan juga beresiko delisting dari bursa, atau dinyatakan bangkrut oleh pengadilan.

3. Suspend

Adapun risiko trading selanjutnya adalah suspend, di mana Smart People tidak dapat lagi menjual saham, dikarenakan jenis saham tersebut diberhentikan oleh bursa efek. Lamanya suspend ini tidak selalu sama, tetapi biasanya jangka waktunya cukup singkat.

Jangan Khawatir, Inilah Cara Trading Saham yang Benar

Nabung saham memang sudah dapat memikat banyak orang, tetapi bagaimana cara yang benar untuk melakukannya? Bagi pemula maupun investor lama, berikut merupakan cara yang benar untuk trading.

  • Memilih Sekuritas yang Tepat

Langkah awal saat memulai trading adalah memilih sekuritas. Karena melalui sekuritas lah Smart People dapat membuat rekening efek yang digunakan untuk jual beli saham. Cek kredibilitasnya sebelum menentukan.

  • Periksa Sentimen Pasar

Pasar sangat mempengaruhi dinamisnya harga saham. Namun terkadang sentimen pasar ini ada yang berupa fakta maupun isu, karena dapat berubah dalam hitungan detik.

Oleh karenanya, pastikan sentimen pasar tersebut merupakan fakta, supaya Smart People tidak terjebak pada saham gorengan.

  • Gunakan Modal Kecil di Awal

Terutama bagi para pemula, tidak perlu muluk-muluk mengeluarkan modal besar dengan harapan mendapatkan imbal-hasil yang banyak. Tidak masalah jika mengeluarkan modal kecil, asalkan dapat melakukan trading dengan benar dan mendapatkan imbal hasil secara rutin.

  • Analisis Secara Mendalam

Jika Smart People ingin investasi, teknik Dollar Cost Averaging sepertinya adalah teknik yang paling jitu. Namun, dalam trading saham, Smart People perlu tahu mengenai technical analysis, misalnya menganalisa pergerakan chart suatu saham dengan teknik MACD, Fibonacci, maupun pola analisis teknikal yang lain.

  • Disiplin

Disiplin disini adalah disiplin dalam mengeksekusi target imbal hasil dan juga disiplin untuk cut loss jika trading mengalami kerugian. Tentukan target imbal hasil dan tentukan maksimal kerugian dalam trading sehingga Smart People tidak akan terjebak dalam kerugian yang lebih dalam. Ingatlah, lebih baik dapat imbal hasil sedikit dibanding rugi!

Memulai Trading Melalui Sekuritas Resmi dan Aplikasi Trading RHB

RHB Sekuritas merupakan layanan finansial yang menyediakan berbagai fitur yang memudahkan para penggunanya. Jika Smart People ingin membuka akun trading saham online, maka RHB merupakan pilihan yang tepat.

RHB memberikan berbagai keunggulan di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sekuritas yang Legal

RHB sudah terjamin legalitasnya karena perusahaan ini telah terdaftar resmi dan diawasi langsung oleh OJK. Selain itu, RHB telah mengantongi izin dari Penjamin Emisi Efek sejak tahun 1997 dan Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) sejak 1992.

  1. Layanan Fitur Lengkap

Aplikasi RHB menyediakan fitur Assisted Robo Optimization (ARO) yang dikembangkan oleh pihak RHB Tradesmart. Tujuannya, supaya para trader mudah dalam melakukan transaksi.

Terdapat notifikasi realtime tentang berita saham sehingga Smart People dapat trading lebih baik. Ada 3 layanan utama pada fitur ARO, yakni ARO Signal, ARO Library, dan ARO Technical.

  1. Modal Ringan

Smart People hanya membutuhkan biaya ringan untuk melakukan trading di RHB, yaitu dengan biaya 0.15% transaksi pembelian, serta 0.25% transaksi penjualan. Untuk deposit awal, Smart People hanya butuh modal Rp.100.000 saja.

  1. Trading Secara Syariah

RHB merupakan aplikasi trading saham berbasis syariah, sehingga berbeda dengan aplikasi trading lainnya. Smart People dapat memperoleh pilihan saham sesuai aturan MUI dan kaidah syariat Islam.

Fitur yang tersedia juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi RHB regular. Di sini juga tersedia fitur watchlist menggunakan grup. Aplikasi RHB TradeSmart Syariah sudah launching sejak tahun 2019.

Untuk Smart People yang ingin memulai trading saham online, maka perlu memilih sekuritas dan aplikasi yang tepat. Agar transaksi saham lebih stabil, gunakanlah aplikasi investasi dan trading RHB TradeSmart.

Untuk mendapatkan layanan fitur lebih lengkap, ayo segera download aplikasi RHB TradeSmart melalui App Store dan Play Store di smartphone Smart People, ya!

Referensi:

Munafarifana, Hisni. 2021. Keuntungan dan Risiko Trading Saham yang Wajib Kamu Ketahui. Diakses dari Harianhaluan.com

Pasha, Aufi Ramadhania. 2021. Trading Saham Harian: Cara Kerja Hingga Tips Tradingnya Biar Cuan. Diakses dari Cermati.com

Swa, Editor. 2022. Mengenal Risk and Reward dalam Investasi Saham. Diakses dari Swa.co.id

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal