<< Back

Konsultan Trading Saham, Seberapa Efektif Mereka?

Saat ini, jasa konsultan trading saham sudah bukan termasuk hal yang benar-benar baru. Smart People yang sedang menjalankan trading saham bahkan memerlukan jasa mereka sehingga proses transaksi saham dapat berjalan dengan baik.

Pengertian Konsultan Trading Saham

Seorang konsultan trading pada dasarnya sama dengan jasa konsultan yang lain, yakni mereka yang membuka jasa konsultasi mengenai suatu hal. Pada konteks ini, konsultasi yang dilakukan tentu saja berkaitan dengan analisis dan trading saham.

Konsultan trading merupakan orang atau perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi di bidang trading saham. Tidak jarang, jasa konsultasi ini juga menyediakan bantuan analisis terhadap instrumen saham tersebut.

Banyak pihak membutuhkan jasa konsultan ini, baik trader pribadi bahkan pihak institusi tertentu Meski demikian, memilih konsultan haruslah benar-benar tepat karena tidak sedikit konsultan yang belum berlisensi resmi.

Tugas Seorang Konsultan Trading Saham

Tidak jauh berbeda layaknya konsultan kebanyakan, tugas seorang konsultan trading saham sangat erat kaitannya dengan apa yang dialami oleh para klien. Dalam hal ini, tentu saja berkaitan dengan aktivitas trading saham yang dijalankannya. Secara umum, berikut tugas yang dimaksud:

1. Memberikan sejumlah saran dan panduan

Bagi sebagian orang, baik yang masih pemula atau yang sudah pernah menjalankan trading sekalipun, trading saham merupakan hal yang masih asing. Bahkan mereka seringkali menemui kesulitan menjalankan transaksi jual-beli saham yang diinginkan.

Untuk itulah seorang konsultan sangat diperlukan supaya Smart People lebih mudah memahami pasar saham hingga memberikan saran terkait kesulitan yang dihadapi. Seorang konsultan juga dapat memberikan panduan dan strategi untuk meminimalisir berbagai risiko trading.

Tidak jarang, seorang konsultan trading juga dapat memberikan pilihan instrumen trading yang baik sesuai dengan kebutuhan atau profil risiko kliennya. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membuat perencanaan trading semakin baik agar trader dapat sukses menjalankan transaksinya.

2. Membantu trader meminimalisir berbagai risiko

Konsultan trading juga dapat membantu para trader mengetahui risiko apa saja yang dapat terjadi dalam aktivitas jual-beli saham. Mereka juga dapat membantu Smart People untuk bisa menghindari kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para trader.

Adapun cara yang dilakukan yakni dengan menyarankan para trader untuk mengelola kemungkinan risiko yang ada menggunakan strategi dan manajemen risiko yang efektif. Dengan demikian, Smart People sebagai trader dapat lebih memahami risiko seperti apa saja yang mungkin terjadi.

Tidak hanya itu, konsultan juga dapat membantu Smart People untuk membuat portofolio yang lebih optimal. Caranya dengan membantu pemilihan instrumen trading yang tepat hingga membantu perancangan diversifikasi portofolio untuk meningkatkan potensi imbal hasil.

3. Meningkatkan wawasan trading

Seorang konsultan juga memiliki tugas untuk membantu trader dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan klien terkait trading. Salah satu caranya dengan menyediakan konsultasi sehingga klien dapat memahami dan menjalankan analisis, baik teknikal maupun fundamental.

Tidak banyak trader mampu mengetahui dan menerapkan berbagai analisis seperti membaca grafik, indikator, hingga menentukan strategi trading. Di sinilah peran konsultan trading yang dapat membantu untuk memperbaiki pengetahuan dan keterampilan Smart People sebagai kliennya.

Selain itu, ketika trader mengalami situasi pasar yang sulit hingga susah membuat keputusan, konsultan trading dapat menjadi wadah konsultasi yang tepat. Tujuannya tentu saja untuk membantu meningkatkan pemahaman dan pengambilan strategi guna kesuksesan trading saham.

Skill Wajib yang Harus Dimiliki

Seorang konsultan trading saham sudah pasti harus mempunyai skill tertentu sehingga dapat memberikan pertimbangan hingga arahan bagi para trader. Adapun skill yang setidaknya wajib dimiliki yakni:

1. Analytics skill

Seorang konsultan sudah pasti harus mempunyai kemampuan analitis yang baik. Dengan demikian, solusi yang ditawarkan dapat membantu para trader untuk keluar dari berbagai kesulitan yang mereka hadapi.

Apabila mempunyai kemampuan analisis yang baik, seorang konsultan dapat menganalisis semua situasi yang ada sehingga dapat mempertimbangkan solusi terbaik yang dapat ditawarkan kepada para trader.

2. Problem solving skill

Seorang konsultan juga harus memiliki kemampuan pemecahan masalah. Terlebih, perannya sangat penting dalam membantu kliennya, dalam hal ini para trader saham yang datang mengeluhkan berbagai kendala saat melakukan trading.

Kemampuan problem solving pada dasarnya tidak hanya dapat membantu seorang konsultan untuk memecahkan masalah para trader. Kemampuan ini juga dapat digunakan dalam membantu mengantisipasi risiko yang sangat mungkin terjadi.

3. Leadership skill

Seorang konsultan juga memiliki kewajiban untuk memberikan masukan yang nantinya akan dijalankan atau diimplementasikan seorang trader. Oleh karena itu, masukan yang diberikan harus tepat sasaran.

Di sinilah peran kemampuan leadership diperlukan. Skill ini wajib dimiliki supaya seorang konsultan dapat mengarahkan klien untuk dapat menerapkan berbagai strategi atau saran yang disampaikan agar sesuai dengan harapan.

Itulah beberapa hal mengenai konsultan trading saham yang perlu Smart People ketahui. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pastikan Smart People memilih konsultan trading yang tepat dan terpercaya.

Guna memastikan hasil trading yang terbaik, jangan lupa menggunakan aplikasi trading terbaik. Pastikan memilih RHB Tradesmart ID yang dikenal kaya akan fitur dan minim kendala seperti lag atau error. Download RHB Tradesmart ID sekarang juga di Play Store atau App Store!

Referensi:

Aini, Alisatul. (2023). Business Consultant: Definisi, Job Description, Skill, dan Serba-serbinya. Glints.com

Bonnet, Emma. (2023). How to Become a Stock Consultant?. Financebrokerage.com

Nugroho, Rizki Setyo. (2023). Apa Itu Konsultan Trading? Simak Penjelasannya Berikut Ini. IDXChannel.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal