<< Back

Kinerja Saham Bukalapak (BUKA) Diprediksi Membaik di 2023? 

saham buka

Harga saham Bukalapak (BUKA) saat ini turun begitu jauh kalau kita bandingkan pada saat pertama kali melantai di bursa saham pertengahan tahun 2021 lalu. Pun begitu, berdasarkan kinerja keuangan yang terpublikasi pada tahun 2022 lalu, PT. Bukapalak.com Tbk menunjukkan pertumbuhan positif dari saham BUKA. Lantas, bagaimana kiranya prediksi kinerja BUKA di tahun 2023 ini? 

Memasuki kuartal ketiga tahun 2022, Bukalapak masih menunjukkan pertumbuhan kinerja yang positif. Laba bersih yang berhasil Bukalapak bukukan hingga kuartal ketiga tahun 2022 mencapai Rp3.61 triliun. Maknanya, terjadi peningkatan sebesar 421 persen dari rugi bersih sebesar Rp1.21 triliun secara tahunan atau year on year. 

Masih sama dengan kondisi di kuartal kedua, peningkatan laba operasional di kuartal ketiga terutama sekali disebabkan oleh laba nilai investasi marked-to-marked dari PT. Allo Bank Indonesia Tbk. Pertumbuhan yang positif juga terus Bukalapak tunjukan hingga kuartal ketiga ini dengan TPV selama kuartal ketiga tumbuh sebesar 32 persen menjadi Rp41.3 triliun. 

READ MORE : Apa Itu Investasi Saham Syariah? Cari Tahu di Sini!   

Harga Saham Masih Melemah, Masih Layak untuk Dibeli? 

Berbanding terbalik dengan pertumbuhan kinerjanya yang makin membaik, harga saham BUKA masih terus melemah. Harga saham BUKA di tanggal 20 Januari 2023 pada angka Rp260. Walau pun begitu, saham BUKA masih layak untuk diperhatikan oleh para investor yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang. Melihat pertumbuhan kinerja yang makin membaik.

Meskipun BUKA yang tergolong sebagai saham teknologi dianggap sudah overrated saat ini. Namun dampak yang diberikan oleh emiten teknologi masih cukup besar. Marketplace seperti Bukalapak juga sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini. Terbilang sulit untuk bisa beraktivitas tanpa menggunakan produk dari emiten teknologi tersebut. 

Apa Action Plan Bukalapak untuk Tahun 2023?

Dalam rangka makin meningkatkan pertumbuhan kinerjanya, Bukalapak masih akan fokus pada bisnis yang saat ini ia jalankan, sembari meningkatkan yield dari surat berharganya. Mengingat jumlah cash yang Bukapalak miliki juga masih banyak, yakni sebesar Rp17.1 triliun per September 2022, Bukalapak tampaknya belum perlu mencari pendanaan lainnya. 

Riset pada tanggal 8 Desember 2022 yang lalu, tim riset RHB Sekuritas melihat bahwa BUKA akan fokus pada traffic online ke offline (O2O) yang hemat biaya, specialty platform dengan margin tinggi dan tidak terlalu kompetitif, serta meningkatkan margin kontribusi terhadap TPV.

Peluncuran Waran Terstruktur BUKA 

Pada tanggal 18 Januari 2023 lalu, Waran Terstruktur (WT) dari emiten BUKA resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia, bersamaan dengan emiten TINS. WT BUKADRCV3A dengan underlying PT. Bukalapak.com Tbk. dan TINSDRCV3A dengan underlying PT. Timah (Persero) Tbk. merupakan tipe call dengan rasio perbandingan konversi 10:1. 

Harga penerbitan untuk WT BUKADRCV3A sendiri adalah Rp7 per unit, dengan harga pelaksanaan yaitu Rp300 per unit. Nantinya, WT seri BUKADRCV3A yang akan tercatat adalah sebanyak 1.5 miliar unit. Steinly Atmanagara selaku Head Sales & Marketing Equity Derivative RHB Sekuritas mengatakan pada WT underlying BUKA memiliki peminat yang lebih tinggi. 

Pantau Pergerakan Saham BUKA dengan RHB Tradesmart ID 

Prospek saham BUKA bakal lebih membaik di tahun ini, seiring dengan meningkatnya kinerja pertumbuhannya, membuat saham BUKA kemungkinan sudah menjadi incaran banyak investor. Smart People yang ingin bisa memantau pergerakan saham BUKA secara real time, bisa gunakan aplikasi trading saham online, RHB Tradesmart ID. 

Untuk pembelian dan informasi tentang waran terstruktur, Smart People dapat mengunjungi Waran RHB Tradesmart.

Semakin sering Smart People melakukan transaksi jual beli saham di RHB Tradesmart ID, maka akan semakin banyak pula poin yang bisa Smart People kumpulkan. Pemberian poin per transaksi ini merupakan manfaat dari fitur Smart Points yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID. Poin yang nantinya berhasil Smart People kumpulkan, bisa ditukarkan dengan saldo e-wallet. Pergerakan harga saham di pasar saham yang dinamis memang perlu untuk dipantau secara real time. Agar bisa melakukannya, Smart People bisa unduh aplikasi trading saham online RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID sudah dilengkapi dengan deretan fitur unggulan yang bisa optimalkan imbal hasil investasi dan trading saham nantinya.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal