<< Back

Kenapa Laporan Keuangan Sangat Penting Dalam Trading Saham?

Laporan Keuangan

Trading saham memang bisa mendatangkan banyak imbal hasil jika dilakukan dengan benar. Itulah mengapa penting sekali untuk belajar saham pemula demi meningkatkan wawasan agar trading berjalan lancar dan efektif. Salah satu poin yang harus dipelajari oleh para pemula di dunia saham ini adalah fungsi penting laporan keuangan dalam trading

Mengapa Laporan Keuangan Penting? 

Perlu diketahui bahwa laporan keuangan menjadi salah satu dokumen yang harus dianalisis dan diperhatikan baik-baik sebelum trading saham dilakukan. Mari lihat satu per satu alasan kenapa laporan keuangan menjadi sebuah poin penting di dunia saham. Berikut adalah beberapa fungsi laporan keuangan bagi seorang trader:

  1. Sumber Informasi Pendapatan

Jelas sekali bahwa laporan keuangan dari sebuah perusahaan akan membantu trader mengetahui informasi pendapatan dari perusahaan tersebut. Sebelum melakukan jual beli saham, trader harus memilih saham dari perusahaan yang tepat. Secara logika, imbal hasilnya akan jauh lebih banyak jika melakukan trading saham dari perusahaan dengan pendapatan yang stabil dan memuaskan.

Melalui laporan keuangan ini trader tidak perlu menebak-nebak lagi seberapa besar pendapatan yang diperoleh perusahaan dan seperti apa potensinya. Jauh lebih mudah untuk mengetahui bagaimana pencapaian perusahaan tersebut dan kondisi finansialnya. Jadi, trader bisa meminimalkan risiko akibat pemilihan emiten yang kurang potensial.  

  1. Menunjukkan Pertumbuhan Penjualan

Laporan keuangan juga akan menunjukkan pertumbuhan penjualan dari sebuah perusahaan. Seperti kita ketahui bahwa angka penjualan ini menjadi salah satu indikator dari stabilitas sebuah perusahaan. Jika angka penjualannya tinggi maka secara otomatis pemasukan juga tinggi dan hal ini akan memberi imbal hasil yang lebih memuaskan bagi pemilik saham. 

Mudah saja, trading saham bisa jauh lebih efektif jika trader menjual saham dari perusahaan yang stabil dan memiliki angka penjualan tinggi. Data ini bisa menjadi acuan bagi Smart People untuk mengambil keputusan jual beli saham dengan mudah. Tentunya dengan mempertimbangkan faktor lain yang juga ikut berpengaruh pada stabilitas finansial perusahaan itu sendiri. 

  1. Mempermudah Analisis Arus Kas

Salah satu informasi yang termuat dalam laporan keuangan perusahaan adalah arus kas atau cash flow. Arus kas ini menunjukkan perputaran uang masuk dan keluar dari perusahaan. Bagi trader saham, informasi tersebut sangat penting karena bisa membantu trader untuk menilai seperti apa keseimbangan arus kas di perusahaan tersebut. Apakah sudah cukup sehat atau ternyata masih terlalu buruk. 

Arus kas ini merupakan data yang sudah menunjukkan angka pemasukan dan pengeluaran secara lengkap. Jadi, Smart People bisa lebih mudah melihat seperti apa aliran uang dari sebuah perusahaan. Tentunya poin ini akan membantu Smart People menentukan apakah memang perusahaan tersebut potensial atau tidak. 

Analisis arus kas akan membantu seorang trader menentukan kemampuan perusahaan dalam mengelola finansialnya. Tentu sangat disarankan untuk memilih saham dari perusahaan dengan manajemen finansial yang baik. Potensi imbal hasilnya jauh lebih besar karena pengelolaan keuangannya efektif dan pendapatan yang diperoleh juga bisa lebih besar. 

  1. Membantu Analisis Utang Perusahaan

Selain mempertimbangkan pendapatan dari sebuah perusahaan, penting juga untuk melihat seperti apa utang yang dimiliki. Ini akan membantu trader untuk menganalisis bagaimana kondisi finansial perusahaan dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Laporan keuangan akan membantu trader melihat seberapa besar pemasukan perusahaan dan bagaimana beban utang yang harus ditanggung.

Secara logika, bisa dibayangkan jika pemasukan kecil namun beban utangnya besar maka sulit untuk menjaga stabilitas finansial. Trader pemula lebih disarankan untuk memilih saham dari perusahaan yang stabilitas finansialnya bagus. Artinya, walaupun ada beban utang yang ditanggung namun perusahaan tersebut memiliki potensi untuk menyelesaikannya dengan baik. 

  1. Acuan Identifikasi BEP

Saat belajar saham pemula, pasti ada istilah BEP yang harus dipahami. BEP itu sendiri merupakan Break Even Point. Ini akan menjadi acuan penting bagi investor untuk memperkirakan kapan dan berapa total penjualan yang perlu dicapai supaya balik modal. Bagi seorang trader, analisis BEP ini sangat penting sehingga bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual sahamnya. 

Laporan keuangan yang benar memang harus menampilkan laporan BEP secara jelas dan detail. Data ini kemudian akan membantu para investor dan trader untuk memperkirakan jumlah dana yang akan diinvestasikan. Tidak hanya itu, data ini juga akan mempermudah trader dan investor menghitung berapa imbal hasil yang bisa diraih. 

Bagi para pemula di bidang saham, pastikan untuk memilih platform yang tepat agar proses jual beli bisa berjalan lancar. RHB Tradesmart ID akan menjadi solusi yang tepat bagi Smart People yang ingin mendapatkan imbal hasil optimal dari saham. 

Kenapa RHB Tradesmart ID?

Investasi saham bisa dilakukan dengan lancar dan aman melalui RHB Tradesmart ID. Smart People bisa menggunakan beragam fitur yang tersedia di aplikasi ini. Salah satunya adalah fitur ARO atau Assisted Robo Optimization yang terkenal unggul dan canggih. Melalui fitur ini Smart People bisa dengan mudah melakukan analisis saham secara real time

RHB Tradesmart ID juga menjadi pilihan aplikasi trading saham aman karena sudah terdaftar secara resmi. Cara pemakaiannya mudah dan fleksibel diakses dari mana saja. Bahkan untuk pemula sekalipun, fitur-fitur yang ada di aplikasi ini benar-benar sangat membantu. 

Belajar saham pemula bersama RHB Tradesmart ID tentu jauh lebih efektif dan efisien. Smart People bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan dan merasakan langsung seperti apa perjalanan jual beli saham. Langsung saja unduh aplikasi RHB Tradesmart ID untuk merasakan berbagai fitur canggihnya. 

Sumber:

Lyman, Cornelia. (2021, Desember 2022). 10 Manfaat Laporan Keuangan bagi Investor. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2022 melalui https://www.pexels.com/id-id/foto/paket-penyimpanan-kotak-wadah-6169033/.

Maverick, J.B. (2022, Mei 24). Why Do Shareholders Need Financial Statements?. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2022 melalui https://www.investopedia.com/ask/answers/032615/why-do-shareholders-need-financial-statements.asp#:~:text=Key%20Takeaways-,Financial%20statements%20provide%20a%20snapshot%20of%20a%20corporation’s%20financial%20health,expenses%2C%20profitability%2C%20and%20debt. 

Calzon, Bernardita. (2022, Februari 11). The Importance of Financial Reporting and Analysis: Your Essential Guide. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2022 melalui https://www.datapine.com/blog/financial-reporting-and-analysis/.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal