<< Back

Kenali 5 Petunjuk Saham Tinggi Imbal Hasil, Penting untuk Pemula!

Saham tinggi imbal hasil adalah tujuan utama bagi para investor di pasar saham. Ada beberapa petunjuk yang bisa menjadi indikator saham tersebut akan memberikan imbal hasil. 

Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan Saham

Sebelum membahas petunjuk  saham tinggi imbal hasil, Smart People tentunya juga harus mengetahui faktor apa saja sih yang mempengaruhi pergerakan saham. Faktor-faktor ini saling berhubungan, dan bisa dikategorikan menjadi faktor teknikal, faktor fundamental dan faktor eksternal. Berikut adalah penjelasannya. 

  • Faktor Fundamental

Faktor pertama adalah faktor fundamental yang berkaitan dengan kondisi ekonomi dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Faktor ini meliputi laba bersih, laporan keuangan perusahaan, dan arus kas. 

Beberapa faktor ini sangat berpengaruh pada naik turunnya harga saham. Jika perusahaan menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang kuat serta kinerja keuangan yang solid, maka harga saham cenderung akan naik. 

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya seperti  kondisi ekonomi makro suku bunga, faktor global, kurs rupiah terhadap mata uang asing, dan inflasi juga bisa berpengaruh secara signifikan. Misalnya jika suku bunga rendah maka banyak investor yang minat untuk membeli saham tersebut karena biaya pinjaman yang lebih murah.

  • Faktor Teknikal

Selain faktor fundamental perusahaan, faktor teknikal sangat berpengaruh pada pergerakan saham. Analisis teknikal melibatkan studi pada volume perdagangan dan history harga. Hal ini bertujuan untuk memprediksi pergerakan naik turunnya harga saham di masa depan.

Indikator teknikal, pola grafik dan tren pasar seringkali digunakan untuk menentukan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham. Misalnya pada indikator moving average akan membantu mempermudah para investor mengidentifikasi tren harga saham. 

Sedangkan pola candlestick akan memberikan sinyal pembelian harga. Oleh karena itu pahami juga bagaimana cara membaca indikator-indikator tersebut. Dengan demikian, Smart People bisa mudah membaca trend harga saham favorit. 

  • Faktor Eksternal

Sedangkan faktor eksternal ini mencakup beberapa hal, seperti peristiwa global, sentimen pasar dan kebijakan pemerintah. Adanya berita politik, peristiwa geopolitik serta perubahan kebijakan fiskal atau moneter juga akan menyebabkan volatilitas pada harga saham.

Misalnya jika terjadi ketegangan perdagangan antara dua negara besar, maka bisa menyebabkan ketidakpastian pada pasar saham, yang akan mengakibatkan harga saham cenderung fluktuatif. 

Di samping itu sentimen pasar yang dipengaruhi oleh persepsi investor serta reaksi pada rumor atau berita juga bisa mempengaruhinya. 

 

Kenali Petunjuk Saham Tinggi Imbal Hasil

Untuk mencapai imbal hasil, Smart People membutuhkan skill untuk mengidentifikasi saham yang memiliki peluang positif. Berikut adalah indikator atau petunjuk saham akan memberikan imbal hasil atau berpotensi positif. 

  • Kinerja Keuangan yang Solid

Indikator pertama ini mungkin menjadi salah satu petunjuk yang paling penting. Laporan keuangan perusahaan bertujuan  menilai kesehatan bisnis suatu perusahaan. Saham sebuah perusahaan yang menunjukkan peningkatan pendapatan, arus kas positif dan laba bersih yang konsisten biasanya memiliki potensi imbal hasil. 

  • Pertumbuhan Industri

Selanjutnya yang menjadi indikator atau petunjuk saham tinggi imbal hasil bisa dilihat dari pertumbuhan industri sebuah perusahaan. Saham perusahaan yang ada di industri dengan pertumbuhan tinggi akan memiliki peluang hasil yang positif. 

Dibandingkan dengan sektor atau industri lain, industri teknologi seringkali menunjukkan pertumbuhan yang tinggi dan cepat. 

Maka dari itu Smart People harus melakukan riset pada tren industri serta paham apa saja faktor pendorong pertumbuhan industri tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi saham yang potensial.

  • Manajemen Perusahaan yang Kompeten

Kunci kesuksesan suatu perusahaan bisa dilihat dari manajemen perusahaan. Bagaimana manajemen perusahaan dikelola, apakah kompeten atau tidak. Manajemen perusahaan yang kompeten dan berpengalaman, bisa menjadi petunjuk saham tinggi imbal hasil dan berpotensi positif. 

Keputusan strategis dari manajemen perusahaan seperti inovasi produk atau ekspansi pasar akan berdampak positif pada pergerakan saham. Dengan memantau rekam jejak manajemen serta visi perusahaan akan memberikan petunjuk potensi pertumbuhan di masa depan. 

  • Analisis Teknikal

Seperti pembahasaan di atas mengenai faktor yang mempengaruhi pergerakan saham, analisis teknikal juga diperlukan dalam mengenali petunjuk saham tinggi imbal hasil.

Analisis teknikal ini meliputi relative strength index atau RSI, moving average, dan pola grafik bisa membantu memberikan sinyal pergerakan naik turunnya harga saham. 

Smart People bisa melihat petunjuk tersebut dari analisis trend. Misalnya jika saham menunjukkan tren naik yang konsisten atau breakout dari level resistance, maka bisa menjadi petunjuk saham akan mengalami kenaikan harga. 

  • Sentimen Pasar Positif

Petunjuk terakhir yang bisa Smart People ketahui adalah sentimen pasar yang positif. Dengan adanya sentimen pasar yang positif seperti berita pencapaian target keuangan, peluncuran produk baru akan meningkatkan minat para investor. 

Hal ini tentu akan berpengaruh pada kenaikan harga saham. Dengan memantau berita dan analisis pasar secara cermat akan membantu para investor mengambil peluang perubahaan sentimen tersebut. 

 

Cara Meningkatkan Peluang Saham Tinggi Imbal Hasil

Untuk mendapatkan tujuan saham, Smart People memerlukan strategi serta pendekatan yang baik untuk meningkatkan peluang tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa Smart People lakukan untuk memaksimalkan potensi hasil positif. 

  • Diversifikasi Portofolio

Langkah pertama adalah diversifikasi portofolio. Apa itu diversifikasi portofolio? Cara ini adalah strategi yang bisa Smart People lakukan untuk mengurangi risiko kerugian. Strategi ini bisa dilakukan dengan menyebar investasi di beberapa jenis aset, saham dan sektor lainnya. 

  • Analisis Fundamental

Dengan melakukan analisis fundamental akan membantu investor nilai intrinsik sebuah perusahaan. Smart People bisa menganalisisnya dengan memeriksa laporan keuangan, prospek pertumbuhan, dan rasio keuangan perusahaan. Dari sinilah saham bisa dinilai apakah saham tersebut undervalued atau overvalued. 

  • Memantau Berita dan Tren Pasar

Memantau berita dan tren pasar akan membantu Smart People mengetahui pergerakan harga saham. Ikuti terus berita terbaru seperti berita ekonomi, industri dan politik. Dengan mengetahui kondisi pasar, Smart People tentu bisa dengan mudah memutuskan untuk membeli atau menjual saham yang dimiliki. 

Nah bagi Smart People yang ingin berinvestasi saham tetapi masih bingung mulai dari mana, RHB Tradesmart ID bisa jadi salah satu solusinya. 

Dengan RHB Tradesmart ID, Smart People bisa mendapatkan informasi seputar investasi saham dengan berbagai fitur smart di dalamnya. Untuk lebih detail, Smart People bisa download aplikasi RHB Tradesmart ID di smartphone.

 

Referensi:

Anggi Srimurdianti Sukamto, Wawan Setiawan, 2018. Peramalan Saham Berdasarkan Data Masa Lalu dengan Pendekatan Fuzzy Time Series. Diakses 26 Juni 2024 melalui https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/29469

Wikipedia. Harga Saham. Diakses 26 Juli 2024 melalui https://id.m.wikipedia.org/wiki/Harga_saham#:~:text=Penentuan%20harga,-Analisis%20fundamental&text=Harga%20saham%20dapat%20dilakukan%20dengan,keuangan%20dan%20faktor%20manajemen%20perusahaan.

Salah Baca Prediksi Saham? Ini 3 Cara Mengatasi Pergerakan Saham. Diakses 26 Juli 2024 melalui ttps://rhbtradesmart.co.id/article/salah-baca-prediksi-saham-ini-3-cara-mengatasi-pergerakan-saham/

Yukk Indonesia. 8 Strategi Memilih Saham untuk Pemula, Biar Cuan Banyak. Diakses 26 Juli 2024 melalui https://yukk.co.id/blog/cara-memilih-saham-yang-baik-bagi-pemula.html

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal