<< Back

Karakteristik Platform Trading bagi Milenial yang Mau Trading Saham Online

Platform Trading

Makin meleknya generasi muda akan investasi dan trading, terlihat dari dominasi kaum milenial di pasar modal tersebut. Kenyataan ini tentu saja sedikit banyaknya mempengaruhi para penggagas platform trading saham online, untuk membuat platform yang sesuai dengan para milenial. Lantas, bagaimana channel trading yang cocok untuk kaum milenial ini? Simak ulasannya berikut ini. 

Dominasi Kaum Milenial di Pasar Saham 

Sebelum membahas channel trading untuk milenial, yuk, intip dulu dominasi kaum milenial ini di pasar saham. Berdasarkan data yang dirilis oleh SID (Single Investor Identification) PT. KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), saat ini jumlah investor pasar modal mencapai hampir 10 juta. Dari total jumlah tersebut, 59.22 persen jumlah investor tersebut berusia di bawah 30 tahun. 

Jumlah investor berusia di bawah 30 tahun ini mengungguli jumlah investor yang berusia 31 hingga 40 tahun yang sebanyak 22.14 persen, kemudian lebihnya merupakan investor yang lebih tua. Meskipun investor berusia 60 tahun ke atas lebih mendominasi kepemilikan aset pasar modal, tetap saja informasi ini menunjukkan kalau kaum milenial makin melek dengan pasar saham. 

Memilih Platform Trading yang Cocok bagi Milenial 

Perbedaan usia cenderung mempengaruhi preferensi investor atau trader dalam memilih platform trading-nya, tak terkecuali buat para kaum milenial. Salah satu preferensi yang mendasar mungkin adalah kemudahan untuk bisa investasi atau trading secara online. Melihat preferensi milenial ini, simak berikut ini karakteristik platform trading yang kemungkinan disukainya. 

  1. Legalitas Platform Trading 

Kaum milenial merupakan kaum yang sudah begitu mengerti akan pentingnya legalitas di semua platform, terkhusus di platform trading. Makanya, jika ingin platform trading jadi favorit kaum milenial yang sekarang mendominasi pasar saham, legalitasnya harus segera diurus. Legalitas platform trading ini ditandai izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia)

  1. Reputasi Platform Trading yang Bagus 

Reputasi perusahaan yang mengelola platform trading juga akan jadi pertimbangan kaum milenial dalam memilih platform trading tersebut. Kaum milenial tentu akan memilih platform trading yang reputasinya bagus. Semakin bagus reputasi platform trading, maka akan semakin banyak dibicarakan, sehingga akan makin banyak juga menarik kaum milenial lainnya untuk menggunakannya. 

  1. Hadir dalam Bentuk Aplikasi yang Mudah Digunakan 

Sudah menjadi rahasia umum kalau smartphone sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kaum milenial. Makanya, tak heran jika dibilang salah satu karakteristik yang dicari dari platform trading adalah kehadirannya dalam bentuk aplikasi ponsel atau smartphone yang mudah untuk digunakan dan diakses kapan saja. 

Dengan adanya aplikasi tersebut, kaum milenial akan bisa dengan mudah melakukan aktivitas investasi dan trading saham kapan dan di mana pun mereka berada. Kemudahan dan fleksibilitas dari platform trading saham online tersebut juga yang membuat kaum milenial ini betah untuk tetap beraktivitas di pasar saham. 

  1. Komisi yang Rendah 

Selain kemudahan dalam mengoperasikan aplikasi trading saham online tersebut, para generasi muda yang terjun ke pasar saham ini umumnya juga mencari aplikasi trading yang menawarkan komisi yang rendah. Rendahnya komisi atau biaya trading saham tentu akan bisa memaksimalkan imbal yang bakal diperolehnya dari aktivitas trading tersebut. 

  1. Nominal Awal Rekening Dana Nasabah (RDN) yang Rendah 

Agar bisa memulai investasi dan trading saham, Smart People harus sudah mengaktifkan Rekening Dana Nasabah (RDN) terlebih dahulu. Umumnya, kaum milenial mencari platform trading yang menetapkan nominal awal RDN yang rendah. Salah satu contohnya seperti RHB Tradesmart ID yang hanya menetapkan dana minimal RDN sebanyak Rp100.000 untuk aktivasi. 

  1. Fasilitas Platform Trading yang Mumpuni 

Saat memilih platform trading, fitur, fasilitas, atau layanan yang disediakan oleh platform tersebut akan menjadi tolak ukur bagi kaum milenial untuk menggunakannya atau tidak. Adapun kehadiran fitur, fasilitas, dan layanan tersebut akan bisa mempermudah aktivitas investasi dan trading saham yang dilakukan oleh kaum milenial, serta mengoptimalkan imbal yang diperolehnya. 

Kenapa Pilih RHB Tradesmart ID Sebagai Platform Trading? 

Kaum milenial mana sih yang tak ingin menggunakan aplikasi trading saham online yang memiliki karakteristik yang disebutkan di atas? Gak hanya mudah digunakan, namun tersedia juga fitur yang bisa memaksimalkan imbal yang diperoleh. Nah, karakteristik aplikasi trading idaman kaum milenial tersebut bisa Smart People temukan pada aplikasi RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi trading saham online yang bisa dengan mudah diakses kapan dan di mana saja Smart People berada. Dengan menggunakan RHB Tradesmart ID, Smart People bisa melakukan investasi dan trading saham dengan mudah dan ekonomis, apalagi dengan adanya fitur Smart yang dihadirkan oleh aplikasi trading saham online satu ini.

Salah satu fitur unggulan yang bakal membuat Smart People tak menyesal menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID adalah ARO (Assisted Robo Optimization). Fitur ARO ini akan memberikan notifikasi terkait saham yang sedang trending di pasar saham secara real time, serta membantu Smart People dalam mengambil keputusan terkait dengan saham yang trending tersebut.     

Aplikasi trading saham online yang mudah digunakan dan memiliki banyak fitur unggulan untuk membantu aktivitas investasi dan trading saham merupakan impian dari kaum milenial. Keberadaan aplikasi trading yang mudah diakses inilah yang bakal membuat kaum milenial menjadi pelaku aktif dalam pasar saham dan makin menunjukkan dominasinya di sana. 

Jangan tunggu lama untuk merasakan pengalaman mudahnya investasi dan trading saham di aplikasi trading saham online RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID untuk merasakan kemudahan dalam berinvestasi dan trading

Sumber: 

Tim Sikapi Uangmu-OJK. (2022, Juli 14). Buka Rekening Saham Semakin Mudah, Yuk Cari Tahu Caranya. Sikapi Uangmu-OJK. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2022 melalui https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40761

Schmidt, Dan. (2022, Juni 27). Best Investment Accounts for Young Adults. Benzinga. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2022 melalui https://www.benzinga.com/money/best-investment-accounts-for-young-adults

Kit, Tang See et al. (2021, September 02). As More Investors Start Young, Experts Urge Platforms To Promote ‘Healthy’ Trading. Channel News Asia. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2022 melalui https://www.channelnewsasia.com/singapore/investment-stocks-tiger-moomoo-trader-broker-2139561

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal