<< Back

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Saham?

Dalam melakukan investasi saham secara online, pembelian saham memang suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pembelian saham yang tepat sudah pasti akan membuat imbal hasil yang diharapkan menjadi kenyataan. Namun, langkah dan cara membeli saham yang tepat juga sangat perlu diketahui.

Strategi Waktu Pembelian Saham

Jika ditanya secara detail kapan waktu yang seharusnya digunakan untuk membeli saham, tentunya bukan suatu hal yang sulit. Adapun waktu yang tepat sebenarnya dapat dilihat dari dua hal, yakni pada saat melakukan analisis fundamental dan analisis teknikal.

  • Analisis fundamental mengacu pada teknik analisis yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kondisi politik, ekonomi, bahkan melihat tren perkembangan usaha yang ada pada sebuah perusahaan atau emiten. Smart People bisa melihatnya secara langsung pada laporan keuangan yang pastinya sering disampaikan pada tiap kuartal atau akhir tahun.
  • Ada juga berdasarkan hasil analisis teknikal, yang merupakan analisis saham melalui pendekatan dari pergerakan saham itu sendiri pada suatu periode. Di dalamnya termasuk harga dan fluktuasi, informasi titik tertinggi, hingga sejumlah informasi mengenai titik terendah dari sebuah saham.

Jika sudah mengetahui hasil analisisnya, tentu Smart People bisa langsung memutuskan kapan akan membeli saham tersebut. Sebagai contoh, Smart People bisa melakukan pembelian saham jika dari hasil analisis menunjukkan nilai saham yang sedang rendah.

Selain dua hal di atas, Smart People juga dapat memperhatikan beberapa hal yang penting dalam suatu pembelian saham. Mulai dari profil dan tingkat likuiditas emiten, tren pasar, fluktuasi harga, hingga penghitungan imbal hasil dan investasi pemegang saham.

Strategi Lain untuk Membeli Saham

Selanjutnya, ada tiga strategi yang bisa diterapkan untuk melakukan pembelian saham. Hal ini bisa dilakukan terutama buat Smart People yang sedang belajar investasi saham secara mandiri atau bahkan yang masih pemula sekalipun. Adapun tiga strategi waktu yang dapat dilakukan di antaranya:

1. Buy on Weakness

Adalah strategi pembelian yang dapat dilakukan dengan didasarkan pada saat harga saham sedang turun atau jatuh ke level tertentu. Pada saat ini, harga saham cenderung masih sangat terjangkau dan aman untuk dilakukan pembelian.

Pada saat keadaan saham sedang lemah, harga saham cenderung lebih murah dibanding harga biasanya. Smart People bisa langsung mengalokasikan budget untuk membeli saham yang Anda inginkan.

2. Buy If/On Breakout

Strategi yang kedua ini bisa dijalankan pada saat harga saham sudah berhasil naik menembus level tertinggi. Secara umum, strategi ini bisa menjadi salah satu langkah awal untuk bisa menghadapi pergerakan harga saham utama.

Dengan strategi ini, Smart People diharapkan akan lebih siap dengan pembelian saham yang harganya menarik. Bahkan jika dikelola dengan baik, saham tersebut justru memberikan risiko penurunan yang masih kecil.

3. Buy of Retracement

Selanjutnya, strategi ketiga yang bisa dilakukan adalah ketika saham tersebut sudah mengalami breakout atau sedang low. Saham-saham tertentu biasanya akan langsung mengalami kenaikan secara tajam. Jadi, strategi tersebut sangat cocok bagi Smart People yang ingin memperoleh imbal hasil dengan cara yang tepat.

Tips Memilih Waktu yang Tepat

Terkait dengan beberapa strategi di atas, secara garis besar ada beberapa tips dan cara membeli saham yang bisa Smart People terapkan untuk melakukan pembelian saham. Adapun tips yang dapat dilakukan antara lain:

1. Rutin membeli tiap kuartal

Bisa dibilang, waktu yang tepat untuk membeli sebuah saham dengan prospek yang baik adalah secara kuartal yakni per 3 bulan. Dengan demikian, Smart People bisa mulai membeli saham sebanyak 4 kali, misalnya pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

Waktu-waktu ini biasanya para perusahaan akan mulai menerbitkan laporan keuangannya sehingga bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli saham perusahaan tersebut. Smart People bahkan bisa mendapatkan saham dengan fundamental yang baik sekaligus dengan harga yang terjangkau.

2. Ketika prospek perusahaan cerah

Pada saat Smart People mendapatkan laporan keuangan yang semakin baik tiap kuartal, setidaknya akan memberikan gambaran jika perusahaan tersebut memiliki prospek yang cerah untuk kedepannya, bahkan jika memiliki peluang hasil yang cerah.

Hal ini bisa dikatakan kalau Smart People sudah melakukan analisis teknikal melalui grafik yang terus meningkat dari setiap saham yang dirasa akan memberi imbal hasil terbaik. Analisis yang tepat setidaknya juga akan memberikan hasil yang sepadan.

3. Sewaktu perusahaan dalam kondisi baik

Ketika akan memutuskan pembelian saham sebuah perusahaan, ada baiknya jika Smart People juga tidak meninggalkan analisis fundamental yang sederhana, yakni dengan membaca berita tentang keadaan perusahaan yang diinginkan. Jika bisnis perusahaan tersebut tumbuh secara sehat dan memberikan banyak prospek, tentu saham tersebut bisa Smart People pilih.

Itulah beberapa cara membeli saham yang bisa dilakukan dengan menerapkan strategi pemilihan waktu yang tepat. Supaya lebih mudah memprediksi waktu yang tepat, Smart People bisa menggunakan aplikasi RHB Tradesmart.

Segera download aplikasi trading RHB Tradesmart di Play Store atau App Store supaya Smart People tidak ketinggalan berbagai fitur terbaiknya. Selamat mulai mencoba trading!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal