<< Back

Kapan Waktu yang Tepat Pakai Jasa Financial Advisor? Ini Jawabannya!

Mengelola aset keuangan memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika jumlahnya terbilang banyak. Makanya, alih-alih dibikin pusing sendiri dalam hal pengelolaan finansial ini, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jasa financial advisor alias penasihat finansial atau keuangan. Penasaran apa saja tugas dari finansial advisor? Simak ulasannya berikut ini. 

Pengertian Financial Advisor

Financial advisor atau penasihat keuangan merujuk pada seseorang yang menawarkan jasa untuk membantu kliennya dalam mengelola keuangannya ataupun mengelola langsung keuangan kliennya. Secara garis besar, seorang penasihat keuangan bertugas untuk membantu kliennya dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan finansial atau keuangannya, termasuk investasi. 

Dalam menjalankan tugasnya, seorang penasihat keuangan akan memberikan saran atau nasihat, serta mengelola aspek apapun yang dibutuhkan oleh kliennya terkait dengan keuangannya. Mulai dari manajemen investasi, perencanaan pajak, hingga perencanaan warisan bisa dibantu pengelolaannya oleh penasihat keuangan atau financial advisor.   

Financial advisor ada yang menawarkan jasanya secara independen, namun ada juga yang menawarkan jasanya melalui firma atau perusahaan tempatnya bekerja. Sistem pembayaran atas jasanya pun berbeda-beda, ada yang sifatnya commission-based atau didasarkan pada produk finansial yang dijualnya, serta ada juga yang sifatnya fee-only alias berdasarkan persentase aset yang dikelolanya.  

Tanggung Jawab Financial Advisor 

Secara umum, financial advisor atau penasihat keuangan memang memiliki tanggung jawab untuk membantu kliennya dalam mengelola keuangan atau finansialnya. Namun, secara lebih detail, tanggung jawab ataupun tugasnya akan berbeda sesuai dengan tujuan klien menggunakan jasanya. Simak berikut ini beberapa bentuk tanggung jawab atau tugas dari financial advisor.

  1. Manajemen Investasi 

Jasa financial advisor bisa dibilang paling banyak dipakai untuk kebutuhan manajemen investasi. Para klien atau pengguna jasanya biasanya membutuhkan nasihat atau saran terkait dengan pengelolaan aset investasi yang dimilikinya. Tidak jarang juga, financial advisor juga diminta untuk mengelola aset investasi dari klien yang menggunakan jasanya. 

Dalam hal manajemen investasi ini, financial advisor bertanggung jawab untuk memberikan saran atau nasihat terkait dengan bentuk investasi yang sesuai dengan tipe, tujuan, serta toleransi risiko investasi dari kliennya. Tidak hanya itu saja, seorang financial advisor juga bertugas untuk mengembangkan strategi investasi dan membantu kliennya untuk beradaptasi dengan strategi tersebut. 

  1. Perencanaan Pajak 

Perencanaan pajak atau tax planning merupakan salah satu bidang yang juga biasa ditangani oleh financial advisor. Dalam hal perencanaan pajak, financial advisor bertugas untuk membantu kliennya dalam pemenuhan pajak, sehingga risiko ketidakpatuhan perpajakan akan bisa dihindari. Dengan begini, maka akan bisa meminimalisir utang pajak yang tidak terduga. 

  1. Manajemen Utang 

Financial advisor juga biasa dipakai jasanya untuk mengelola utang yang dimiliki oleh kliennya. Sebagai orang yang ditunjuk untuk kebutuhan manajemen utang, financial advisor bertanggung jawab untuk menyusun strategi yang nantinya bisa membantu kliennya dalam melunasi utang dan menghindari terciptanya utang lainnya di masa yang akan datang. 

  1. Budgeting 

Tidak semua orang bisa dengan mudah mengelola bujet atau anggaran keuangannya. Makanya, dibutuhkan jasa financial advisor untuk mengelolanya. Dalam hal budgeting ini, financial advisor memiliki tugas untuk memberikan tips dan strategi dalam menyusun bujet, agar kliennya bisa mencapai tujuan keuangannya, baik itu tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. 

  1. Perencana Pensiun 

Agar masa pensiun nanti bisa dinikmati dengan nyaman, biasanya orang-orang juga akan menggunakan jasa financial advisor untuk kebutuhan perencanaan pensiun. Financial advisor biasanya akan menyusun perencanaan dana pensiun yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari masing-masing kliennya jelang masa pensiun nanti. 

  1. Perencanaan Warisan 

Perencanaan warisan atau estate planning juga merupakan salah satu bentuk jasa yang ditawarkan oleh financial advisor. Dalam hal perencanaan warisan, financial advisor bertanggung jawab untuk membantu klien dalam menentukan siapa saja orang, kelompok, ataupun organisasi yang berhak atas warisan dari klien, serta bagaimana cara pemberian warisannya nanti. 

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Jasa Financial Advisor

Waktu yang tepat untuk menggunakan jasa financial advisor akan berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan Smart People, baik sebagai individu maupun kelompok atau perusahaan. Saat uang yang dimiliki terasa sudah begitu banyak sehingga sulit untuk dikelola sendiri, maka bisa dibilang pada saat itulah waktu yang tepat untuk menggunakan jasa financial advisor

Hal yang sama juga berlaku saat seseorang atau perusahaan memiliki banyak aset, namun tidak terkelola dengan baik. Daripada tidak bisa memberikan imbal hasil yang optimal, baiknya gunakan jasa financial advisor untuk membantu dalam hal pengelolaan aset. Dengan begini, maka aset yang dimiliki akan bisa memberikan imbal hasil yang jauh lebih baik dari sebelumnya. 

RHB Tradesmart ID untuk Kebutuhan Saran Finansial dan Investasi Saham 

Memilih financial advisor yang tepat akan bisa memberikan umpan balik sesuai dengan yang Smart People harapkan. Makanya, jangan sembarangan dalam memilih financial advisor. Jika membutuhkan jasa financial advisor yang berpengalaman, Smart People bisa gunakan financial advisory yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID untuk memberikan saran finansial strategis bagi perusahaan. 

Tidak hanya nasihat finansial atau keuangan saja, RHB Tradesmart ID juga hadirkan kemudahan dalam berinvestasi saham dengan adanya aplikasi RHB Tradesmart ID. Aplikasi investasi dan trading saham online ini didukung oleh fitur SMART, seperti Smart Analyzer dan Smart Rate, yang memungkinkan Smart People berinvestasi dengan lebih mudah dan memaksimalkan imbal hasil. 

Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga untuk bisa memulai investasi saham online kapan dan di mana saja berada. Manfaatkan juga fitur SMART-nya agar bisa dapat imbal hasil maksimal. 

Sumber: 

Lam-Balfour, Tiffany & O’Shea, Arielle. 2022, Desember 13. What Does a Financial Advisor Do? Nerdwallet. Diakses pada tanggal 5 Maret 2024 melalui https://www.nerdwallet.com/article/investing/what-does-a-financial-advisor-do

Tretina, Kat. 2023, Juli 19. What Kind of Financial Advisor Do You Need? Forbes Advisor. Diakses pada tanggal 5 Maret 2024 melalui https://www.forbes.com/advisor/investing/financial-advisor/types-of-financial-advisor/

Fontinelle, Amy. 2023, Desember 05. What Does a Financial Advisor Do? Investopedia. Diakses pada tanggal 5 Maret 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/personal-finance/050815/what-do-financial-advisers-do.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal