<< Back

Kamu Trader Saham? Jangan Absen Lakukan 6 Hal Ini Setiap Hari!

trader saham

Saham saat ini menjadi salah satu produk investasi yang banyak dipilih. Banyak orang memilih trading saham online dengan hasil yang dapat diandalkan. Meski demikian, memastikan diri menjalankan strategi transaksi saham secara harian menjadi hal yang tidak kalah penting untuk Smart People lakukan.

Trading saham banyak dipilih karena dalam waktu singkat, seseorang bisa mendapat hasil yang maksimal. Akan tetapi, keinginan tersebut akan sia-sia jika setiap hari, Smart People tidak melakukan aktivitas trading seperti pada daftar berikut.

1. Memiliki perencanaan dan penilaian pre-trading

Perencanaan yang matang merupakan hal penting dalam aktivitas trading saham. Trader yang baik akan senantiasa mendasarkan keputusan pada berbagai data dan analisis. Berbeda dengan trader yang buruk karena hanya mengandalkan intuisi bahkan mengikuti orang lain saja.

Smart People juga bisa mulai kebiasaan baik dengan menyusun sistem dengan mengetesnya terlebih dahulu sebelum terjun langsung pada transaksi saham. Adapun cara yang dapat dilakukan yakni dengan memanfaatkan aplikasi simulator atau paper trading.

2. Biasakan stamina prima

Sejatinya, trading tidak hanya dilakukan dengan strategi pikiran, namun juga memerlukan stamina yang prima. Membiasakan diri pada aktivitas rutin yang baik akan membuat tubuh mendapatkan asupan positif untuk bisa menjalankan strategi trading secara lebih maksimal.

Salah satunya dengan bangun lebih pagi, mulai hari dengan berolahraga, hingga mengkonsumsi sarapan yang tepat. Setelah itu, sempatkan diri mencerna informasi seputar ekonomi lokal dan internasional yang akan melengkapi strategi Smart People saat memulai trading saham.

3. Tentukan saham yang tepat

Menentukan saham mana saja yang akan dijual atau dibeli juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan secara periodik. Apabila ingin memilih saham yang tepat untuk aktivitas trading dengan kualitas terbaik, Smart People bisa memilih saham yang terindeks di bursa efek seperti IDX30 atau 30 saham dengan kualitas tinggi dan dimiliki oleh perusahaan profesional.

Selain itu, Smart People juga perlu memilih periode trading saham yang tepat. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Smart People bisa mencoba trading saham jangka pendek meskipun risiko kerugian bisa cukup besar. Smart People juga dapat membeli saham ketika harganya rendah maupun ketika menyentuh titik support.

4. Membuat target imbal hasil

Trading saham online memang memiliki risiko besar, namun bukan berarti Smart People tidak membuat penentuan imbal hasil yang ingin dicapai sebelum menjual atau membeli saham. Pastikan Smart People membuat jumlah yang cukup realistis guna menutup sebagian kerugian dari saham tersebut.

Jangan lupa menentukan aturan kapan harus membeli dan menjual saham sebagai poin penting dalam setiap perencanaan. Aturan ini juga perlu dibuat supaya Smart People tidak mudah terbawa pada subjektivitas. Dengan demikian, jika saham berada di luar perkiraan, Smart People bisa menerimanya dan mulai menyusun strategi lainnya.

5. Belajar setiap hari

Ketika akan memulai maupun setelah melakukan aktivitas trading, tentu saja Smart People wajib membangun kebiasaan belajar akan hal baru. Cara ini penting dan terbilang efektif untuk membuat Anda sebagai trader dapat menjalankan trading saham sesuai keinginan dan target.

Membagi waktu untuk belajar memang penting meskipun terkadang tidak mudah karena dibayangi oleh aktivitas seperti bekerja. Akan tetapi, coba luangkan waktu selama beberapa jam untuk menonton video tutorial seperti acara RHB Smart Talk di YouTube channel RHB Sekuritas Indonesia, membaca buku, hingga blog artikel saham guna mengetahui perkembangan dan ilmu baru seputar trading saham.

6. Rutin melihat perkembangan saham

Yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan setiap hari yakni melihat perkembangan saham secara rutin di bursa efek. Dengan rutin melihat perkembangan saham, tentunya Smart People dapat menemukan saham yang ingin dibeli atau bahkan dijual dengan harga yang tepat.

Ada baiknya juga melihat perkembangan dunia politik dan ekonomi dunia, terlebih hal ini dapat mempengaruhi perkembangan suatu saham yang sangat penting. Smart People dapat membaca berbagai artikel berita atau mengikuti melalui media sosial.

RHB Tradesmart ID, Pendukung Trading yang Baik

Untuk mempermudah melihat perkembangan saham, Smart People juga dapat menggunakan aplikasi trading saham terbaik. Saat ini, ada banyak aplikasi yang menawarkan berbagai kelebihannya, salah satunya RHB Tradesmart ID.

Aplikasi yang sudah banyak dikenal sebagai aplikasi saham yang stabil dan tidak mudah lag ini juga menyediakan berbagai kebutuhan trader melalui fitur-fitur yang dimilikinya. Salah satu fitur yang tersedia misalnya Smart Points.

Fitur ini memungkinkan Smart People mendapatkan point khusus sebagai reward setelah melakukan transaksi. Poin ini dapat diakumulasi untuk kemudian ditukar menjadi saldo e-wallet. Menariknya, setiap pengguna yang sudah membuka rekening online pada RHB Tradesmart ID akan secara otomatis memiliki Smart Points ini.

Semakin sering bertransaksi saham, maka semakin banyak pula poin yang bisa Smart People kumpulkan. Penukaran poin juga cukup dilakukan dari aplikasi, bahkan menangkan juga kesempatan Double Points untuk pengguna dengan rekening margin.Nah, jika Smart People ingin mendapatkan berbagai fasilitas trading saham online yang menarik tersebut, segera download aplikasi RHB Tradesmart ID dari Play Store atau App Store. Selamat mencoba!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal