<< Back

Jitu! Ini Cara Membuat Anggaran Bulanan bagi yang Single dan Sudah Menikah!

Cara membuat anggaran bulanan

Setiap orang pasti punya tujuan keuangan yang ingin dicapainya, baik itu orangnya masih single, baru menikah, atau sudah punya anak. Agar tujuan keuangan itu bisa dicapai, tentu pengelolaan keuangan rumah tangganya harus diatur dengan sedemikian rupa. Bagi Smart People yang masih kesulitan mengelola keuangan, bisa sontek cara membuat anggaran bulanan yang tepat di sini.

Cara Membuat Anggaran Bulanan bagi Lajang 

  1. Aplikasikan Teknik Budgeting 50/30/20

Dalam mengelola anggaran belanja, Smart People yang masih lajang bisa coba aplikasikan metode atau teknik budgeting yang simpel, seperti 50/30/20. Berdasarkan teknik budgeting satu ini, maka Smart People harus mengalokasikan 50% dari pendapatan untuk kebutuhan bulanan, 30% untuk melakukan hal yang diinginkan, sedangkan 20% sisanya untuk ditabung dan membayar utang. 

Untuk menghindari ketidaksengajaan atau ketidakmampuan untuk menahan diri dari memakai dana tidak untuk tujuan pengalokasiannya, Smart People disarankan untuk membuat beberapa rekening yang berbeda-beda. Dengan begini, maka akan bisa menghindari terpakainya alokasi dana untuk tujuan yang tidak seharusnya, karena semuanya berada di satu rekening saja. 

  1. Sisihkan Pendapatan untuk Dana Darurat 

Bagi Smart People yang masih lajang atau single, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana darurat. Dana darurat untuk para lajang yang disarankan adalah sebesar 3 hingga 6 kali gaji yang dimiliki. Dana darurat ini bisa diambil sebesar 10% dari alokasi dana yang ditabung atau dari alokasi untuk melakukan hal yang diinginkan selama sekitar 10 bulan ke depannya. 

Dana darurat ini nantinya bisa Smart People gunakan saat berada dalam situasi yang mendesak dan darurat, misalnya tiba-tiba jatuh sakit, mengalami PHK, ataupun kondisi darurat lainnya, sehingga mau tidak mau harus bertahan dengan uang simpanan terlebih dahulu. Jika jumlah dana darurat sudah terpenuhi, Smart People bisa alokasikan dana itu kembali ke pos awal pengeluarannya. 

Cara Membuat Anggaran Bulanan bagi yang Sudah Menikah  

  1. Terapkan Metode Budgeting 40/30/20/10

Berbeda dengan para lajang, bagi orang yang sudah menikah apalagi sudah memiliki anak, metode atau teknik budgeting untuk memudahkan penyusunan anggaran bulanannya terbilang lebih kompleks. Adapun metode budgeting yang direkomendasikan adalah metode 40/30/20/10. Lantas, bagaimana pembagian alokasi dana berdasarkan metode ini? 

Berdasarkan metode budgeting satu ini, 40% pendapatan digunakan untuk memenuhi kebutuhan bulanan, 30% untuk memenuhi kewajiban atau membayar cicilan, 20% untuk kebutuhan investasi, sedangkan 10% untuk kebutuhan asuransi dan zakat. Mengingat tanggungan yang sudah semakin banyak, sudah barang tentu harus ada alokasi dana khusus untuk keperluan tersebut. 

  1. Sisihkan Dana Darurat yang Lebih Banyak 

Mengingat adanya tambahan tanggungan sesudah berumah tangga apalagi saat sudah memiliki anak, tentu saja dana darurat yang harus disisihkan juga lebih besar dibandingkan pada saat masih single atau lajang. Untuk yang sudah berkeluarga, jumlah dana darurat yang direkomendasikan untuk disiapkan adalah sebesar 6 hingga 12 kali gaji yang didapat setiap bulannya. 

Jika misalnya gaji yang diperoleh adalah 5 juta per bulan, maka dana darurat yang harus disiapkan berdasarkan rekomendasi di atas adalah sebesar 30 hingga 60 juta. Smart People bisa sisihkan pendapatan untuk dana darurat ini sebesar 10% hingga 20% dari pendapatan setiap bulannya, hingga dana darurat yang terkumpul sudah sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan. 

Bagi orang yang sudah berkeluarga, terutama yang sudah memiliki buah hati, adanya dana darurat akan sangat membantu dalam kondisi keuangan keluarga yang sulit akibat terjadinya hal yang tidak diduga, seperti kepala keluarga yang terkena PHK, sakit, atau bahkan meninggal. Adanya dana darurat bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan harian, hingga pekerjaan baru didapatkan. 

  1. Buat Akun Rekening Bersama 

Pada kondisi di mana suami dan istri sama-sama bekerja, keduanya bisa membuat rekening tabungan bersama. Dengan penggabungan kedua pemasukan dari suami dan istri ini, tentu jumlah anggaran yang bisa digunakan setiap bulannya juga akan bertambah. Pada kondisi ini, Smart People bisa mencoba untuk meningkatkan anggaran untuk kebutuhan investasi atau tabungan.

Perlu dipahami bahwa Smart People harus memastikan terlebih dahulu kalau anggaran untuk kebutuhan wajib bulanan sudah terpenuhi, serta utang yang perlu dibayar sudah cukup dengan alokasi dana yang ada. Sisanya bisa dialokasikan untuk kebutuhan tabungan atau investasi agar tujuan keuangan semakin cepat terpenuhi, atau bisa juga dialokasikan untuk kebutuhan asuransi. 

Investasikan Anggaran secara Rutin via RHB Tradesmart ID 

Dana untuk berinvestasi merupakan salah satu dana yang wajib disisihkan baik oleh Smart People yang masih lajang ataupun sudah berkeluarga. Investasi yang dilakukan bisa menjadi sumber pendapatan pasif, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan tujuan keuangan. Salah satu investasi yang bisa Smart People lakukan adalah investasi saham melalui RHB Tradesmart ID. 

Investasi saham di RHB Tradesmart ID bisa Smart People mulai dengan modal awal sebesar Rp100.000 saja, jadi tidak perlu menunggu hingga anggaran investasi jumlahnya besar terlebih dahulu. RHB Tradesmart ID menghadirkan ragam fitur unggulan yang bisa Smart People gunakan dalam berinvestasi saham, seperti Smart Analyzer, Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. 

Yuk tingkatkan lagi pemasukan dengan menginvestasikan bujet investasi bulanan dalam bentuk saham. Smart People bisa gunakan aplikasi RHB Tradesmart ID untuk mendukung aktivitas investasi saham tersebut. Unduh aplikasinya sekarang juga ya!

Sumber: 

Tim OJK. Dana Darurat? Wajib Tahu dan Wajib Punya! OJK Sikapi. Diakses pada tanggal 11 Juli 2023 melalui https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10428

O’Shea, Bev & Schwan, Lauren. (2022, Desember 02). Budgeting 101: How to Budget Money. Nerdwallet. Diakses pada tanggal 11 Juli 2023 melalui https://www.nerdwallet.com/article/finance/how-to-budget

Sopiah, Anisa. (2022, Oktober 20). Cara Atur Uang untuk Lajang vs Berkeluarga, Ternyata Beda! CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 11 Juli 2023 melalui https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20221020182930-72-381392/cara-atur-uang-untuk-lajang-vs-berkeluarga-ternyata-beda

Nahdiat, Baiq Nurul. (2021, Agustus 31). 5 Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan untuk Single dan Sudah Menikah. Fimela. Diakses pada tanggal 11 Juli 2023 melalui https://www.fimela.com/relationship/read/4645465/5-cara-mengatur-pengeluaran-bulanan-untuk-single-dan-menikah

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal